News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Partai Demokrat Kabupaten Solok Optimistis Menangi Pileg dan Pilkada 2024

Partai Demokrat Kabupaten Solok Optimistis Menangi Pileg dan Pilkada 2024

SOLOK - Dewan Pimpnan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Solok menggelar konsolidasi dan pemantapan kader menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Hotel Premier Syariah, Kota Solok, Senin-Selasa (12-13/12/2022). Konsolidasi ini, diikuti oleh pengurus, kader dan simpatisan Partai Demokrat se-Kabupaten Solok. 

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Solok H. Ir. Iriadi Dt Tumanggung, menegaskan Partai Demokrat menargetkan meraih kemenangan di Pemilu tahun 2024. Yakni Pemilihan Legislatif (Pileg) yang dijadwalkan pada 28 Februari 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024. 

"Kita menargetkan meraih 8 kursi dari empat Dapil (daerah) yang ada di Kabupaten Solok pada Pileg 2024 mendatang. Karena itu, kita menggelar konsolidasi dan pemantapan kader, agar target itu bisa kita capai," ungkapnya. 

Optimisme H. Ir. Iriadi Dt Tumanggung ini, diperkuat oleh oleh Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Solok, Efdizal, SH, MH. Menurut Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Solok tersebut, menyatakan konsolidasi menjadi hal yang sangat penting untuk menyatukan visi menghadapi Pemilu 2024. 

"Perlu kami sampaikan kepada seluruh kader bahwa kegiatan pendidikan ini kita lakukan adalah guna menyatukan misi kita untuk menghadapi pemilu 2024. 

Konsolidasi ini sangat penting kita lakukan karena kita baru siap Muscab dan langsung dihadapkan dengan persiapan Pemilu. Maka kami minta kepada seluruh kader dan Bacaleg untuk serius menghadapi Pemilu 2024 ini," ujarnya.

Efdizal juga menegaskan bahwa target 8 kursi di Pileg Februari 2024 dan kemenangan di Pilkada di November 2024 tersebut bisa dicapai dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama seluruh elemen partai. Yakni dengan komitmen dan kekompakan seluruh pengurus, kader dan simpatisan.

"Kerja-kerja politik seluruh elemen partai akan sangat menentukan hasil Pileg dan Pilkada 2024. Di sejumlah hasil Pileg beberapa periode belakangan, Partai Demokrat di Kabupaten Solok maupun di tingkat Sumbar, menjadi partai tiga besar. Tentu, target besar yang kita usung tersebut optimistis bisa terwujud," ungkapnya. 

Sebelumnya, Partai Demokrat Kabupaten Solok sukses menjemput kembali kemenangannya di pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten Solok 17 April 2019, sebagai partai pemenang ketiga. Artinya, dari tiga komposisi pimpinan DPRD (Ketua dan dua Wakil Ketua), partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, berhak atas mobil dinas BA 8 H, sebagai tanda sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Solok. Partai Demokrat mendapatkan 21.510 suara di Pileg 2019, bersaing ketat dengan Gerindra yang mendapatkan 29.596 suara dan PAN 28.032 suara.

Pada Pileg 17 April 2019 tersebut, Partai Demokrat meraih 4 kursi dari 4 daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Solok. Lucky Efendi dari Dapil I (Gunung Talang, Kubung, IX Koto Sungai Lasi), Dian Anggraini dari Dapil II (X Koto Singkarak, X Koto Diateh, Junjung Sirih), Mulyadi dari Dapil III (Bukit Sundi, Lembang Jaya, Danau Kembar, Payung Sekaki, Tigo Lurah), dan Efdizal dari Dapil IV (Lembah Gumanti, Hiliran Gumanti, Pantai Cermin). 

Meski sukses menempatkan 4 wakilnya di parlemen, Partai Demokrat sebenarnya berpeluang besar menempatkan 6 wakilnya. Namun, sistem saint lague yang dianut di Pileg 2019, membuat Demokrat hanya mampu mengirimkan satu wakil di masing-masing Dapil. Dua Dapil yang "merugikan" Demokrat dalam sistem "pembagian tiga" berada di Dapil I dan Dapil IV. Di Dapil I, "pembagian tiga" Demokrat, kalah tipis dari "pembagian satu" PDI Perjuangan yang mendapatkan kursi terakhir atau kursi ke-11 Dapil I. Sementara, di Dapil IV, "pembagian tiga" Demokrat juga kalah tipis dari "pembagian satu" Partai Hanura.

Selain komposisi Bacaleg di Dapil I dan Dapil IV, Partai Demokrat Kabupaten Solok diyakini bakal tetap bersaing ketat di Dapil III dan Dapil II. Pasalnya, partai berlambang Bintang Mercy tersebut mendapatkan sejumlah "darah baru", dengan bergabungnya sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Solok. 

Di antaranya, Yondri Samin yang merupakan mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok dari Dapil III, kemudian, ada Kasmudi Z, mantan Anggota DPRD tiga periode dari Dapil IV, lalu ada Doni Zulkifli sebagai tokoh muda dari Dapil II, serta sejumlah tokoh-tokoh lainnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment