News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

X Koto Singkarak Harus Juara BSC 2022, Ini Alasan-Alasannya!

X Koto Singkarak Harus Juara BSC 2022, Ini Alasan-Alasannya!

X Koto Singkarak Harus Juara BSC 2022, Ini Alasan-Alasannya!

Chrismon: Kami Ingin Treble Winner

SOLOK - Kesebelasan X Koto Singkarak berhasil melewati laga perdana Grup A Bupati Solok Cup 2022 dengan gemilang. Mengawali laga di grup yang dilabeli grup neraka tersebut, X Koto Singkarak berhasil melumat Lembang Jaya dengan skor telak 4-0. Hasil ini, menempatkan tim asuhan trio pelatih Edi, Eka dan Har dan Manajer Hendri Bacok ini, sukses memuncaki Grup A dengan poin 3. X Koto Singkarak unggul selisih gol dari Kecamatan Gunung Talang yang di laga pembuka BSC 2022, sukses mempedayai Lembah Gumanti dengan skor ketat, 2-1. 

Kemenangan telak 4-0 yang diraih X Koto Singkarak atas Lembang Jaya ini, membuat ekspektasi semakin tinggi terhadap kesebelasan yang merupakan kampung halaman Bupati Solok, Capt. Epyardi Asda, M.Mar. Meski kemenangan lebih telak, sejauh ini menjadi milik X Koto Diatas atas Tigo Lurah dengan skor 5-0 pada Sabtu (5/11/2022), namun kemenangan itu dianggap lumrah. Pasalnya, Kecamatan Tigo Lurah adalah satu-satunya kecamatan di Kabupaten Solok yang tidak memiliki lapangan sepakbola.

Ekspektasi tinggi terhadap Kecamatan X Koto Singkarak untuk menjuarai BSC 2022, didukung oleh sejumlah alasan. 

Pertama, X Koto Singkarak menempati pole position (barisan terdepan) unggulan di BSC 2022, bersama "Tim Ibukota" Gunung Talang, tuan rumah Kecamatan Kubung, dan dua "tim dinamit" (kejutan), yakni Junjung Sirih dan Bukit Sundi. 

Kedua, sebanyak 5 pemain yang menjuarai Liga Santri Piala Kasad wilayah Kodim 0309/Solok yang meliputi Kabupaten Solok, Kota Solok dan Solok Selatan, berada di Tim X Koto Singkarak. Kelima pemain tersebut merupakan pemain inti kesebelasan Pondok Pesantren Darussalam Aur Duri saat mengalahkan Ponpes Al Mumtaz Kota Solok. Kegemilangan menjuarai Liga Santri Solok Raya, berlanjut dengan menjuarai Liga Santri Tingkat Sumbar dengan mengalahkan Ponpes Ar Risalah Kota Padang dengan 2-0. Selain 5 pemain asal X Koto Singkarak, 3 pemain Ponpes Darussalam terdaftar di BSC 2022 di Tim Gunung Talang dan 2 pemain di tim Junjung Sirih.

Ketiga, kompetisi sepakbola kelompok umur di Kabupaten Solok berada di Kecamatan X Koto Singkarak, Kubung, Gunung Talang dan Bukit Sundi. Hal ini menguntungkan keempat tim tersebut, karena BSC 2022 membatasi usia pemain U-19 dan hanya boleh menggunakan 3 pemain senior. Pandemi Covid-19, menguntungkan X Koto Singkarak, karena mereka bisa mengikuti ajang kompetitif, salah satunya Liga Santri 2022.

Keempat, faktor Bupati Solok yang berasal dari Kecamatan X Koto Singkarak. Sangat lumrah, sebagai bupati yang berasal dari Kecamatan X Koto Singkarak, Capt. Epyardi Asda, M.Mar, menginginkan kesebelasan dari kampung halamannya tersebut menjadi yang terbaik. Tentu saja, perhatian khusus akan diberikan bupati dan jajarannya kepada pemain, pelatih dan ofisial X Koto Singkarak untuk mengharumkan nama daerahnya.

Kelima, momentum X Koto Singkarak di tahun 2022. Sebelum BSC 2022, Kecamatan X Koto Singkarak sukses menyapu bersih dua ajang kompetitif tingkat Kabupaten Solok. Yakni Lomba Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 tingkat Kabupaten Solok. 

Meski terkesan "dibebani" target tinggi, Camat X Koto Singkarak Chrismon Darma, S.STP, mengaku tim sepakbola X Koto Singkarak sama sekali tidak ditargetkan juara. Menurut Chrismon, tim sama sekali tidak dibebankan target. Namun diminta untuk tampil maksimal dan tampil tanpa beban. Apalagi, perjalanan sebuah turnamen, seperti BSC 2022, menurut Chrismon terbilang cukup panjang.

"Turnamennya (BSC 2022), baru saja dimulai. Perjalanan masih panjang. Belum semua tim berlaga. Jadi, kita tidak tahu peta dan kekuatan tim-tim lain. Meski begitu, untuk kesebelasan X Koto Singkarak, kita hanya meminta untuk tampil maksimal dan penuh sportivitas. Sehingga para pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dan tampil tanpa beban," tegasnya.

Meski begitu, Chrismon Darma mengaku tidak ingin munafik, bahwa dirinya dan seluruh elemen masyarakat di Kecamatan X Koto Singkarak, sangat ingin menjuarai BSC 2022. Menurutnya, jika mampu menjuarai BSC 2022, Kecamatan X Koto Singkarak bakal melengkapi tahun 2022 dengan sapu bersih dan treble winner. Setelah sebelumnya meraih Juara TP PKK dan MTQ ke-39 tingkat Kabupaten Solok.

"Tentu kami ingin juara BSC 2022 dan menutup tahun 2022 ini dengan treble winner. Apalagi, kesebelasan X Koto Singkarak kali ini adalah generasi emas, generasi juara. Tidak hanya di Solok Raya, tapi juga di Sumatera Barat. Karena itu, kami meminta doa dari seluruh masyarakat X Koto Singkarak agar para pemain bisa menampilkan permainan terbaik di lapangan," tegasnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment