News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Solok Buka Gowes Salingka Danau dan Festival Kesenian

Bupati Solok Buka Gowes Salingka Danau dan Festival Kesenian

SOLOK - Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar, Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar membuka secara resmi acara Gowes Wisata Salingka Danau dalam Rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 di Alahan Panjang Resort, Sabtu (29/10/2022). Tampak hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny.Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, Asisten I Drs. syahrial, M.M, Plt Asisten II Syaiful, Asisten III Editiawarman, Staf Ahli, Plt Kadis Pariwisata Drs. Al-Fajri, MM, Camat, Forkopimcam, Walinagari, KAN, BPN, Masyarakat Alahan Panjang. 

Acara Gowes Salingka danau merupakan acara perdana sekaligus juga napak tilas dari iven Tour de Singkarak. Kegiatan ini ditujukan untuk lebih meningkatkan kepariwisataan sambil bersepeda menikmati keindahan alam Kabupaten Solok. Selain sport tourism, kegiatan ini juga dikolaborasikan dengan kesenian, Bazar UKM dan Ekonomi Kreatif.

Dengan momen Hari Sumpah Pemuda ke-94, Pemkab Solok berharap agar semangat sumpah Pemuda menjadi inspirasi kebangkitan pariwisata Kabupaten Solok untuk peningkatan perekonomian masyarakat. 

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 29 Oktober-30 Oktober 2022. Kegiatan ini juga didukung oleh perangkat daerah terkait seperti Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar, Dinas KUKMKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Lembah Gumanti, Kecamatan Danau Kembar, Bagian Umum Kesekretariatan Daerah dan Polsek Lembah Gumanti serta Polsek Danau Kembar. 

Kegiatan ini juga dapat sponsorship dari BUMN dan perusahaan yang ada di solok seperti Bank Mandiri, BRI, BPJS Kesehatan.

Pada Minggu (30/10/2022), akan dilaksanakan pelepasan gowes (bersepeda) yang akan menempuh perjalanan wisata sepanjang 24 km yang melintasi Alahan Panjang, Resort Danau Diatas, Nagari Simpang Tanjuang nan IV, Danau Talang dan finish di Alahan Panjang Resort.

Bupati Epyardi Asda mengapresiasi panitia dan semua pihak yang telah berusaha dan bekerja keras kurang lebih dua bulan terakhir mempersiapkan acara Gowes Salingka Danau tersebut. Walau masih terdapat kekurangan dalam persiapannya, Epyardi berharap acara yang dilangsungkan selama dua hari akan berjalan lancar dan meriah.

Ia menyebutkan acara ini bertujuan agar bisa menarik  wisatawan agar datang ke Alahan Panjang Resort, yang nantinya bisa berdampak pada sektor ekonomi masyarakat Alahan Panjang, dan tidak menutup kemungkinan akan ada investor yang akan mau bekerjasama dengan pemerintah daerah, untuk membangun dan mempercantik tampilan dari tempat wisata seperti Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang. 

Epyardi juga menginginkan kesenian anak nagari untuk diberikan pembinaan dengan cara membentuk Dewan Kesenian yang berada di bawah Dinas Pariwisata. Epyardi menginstruksikan untuk dinas terkait agar membuat Surat Edaran yang berisi tentang imbauan kepada seluruh Wali Nagari di Kabupaten Solok agar menganggarkan dana untuk pembinaan kesenian anak nagari.

"Kesenian kita tidak kalah dengan daerah lain, Bina anak muda kita dengan sungguh-sungguh, sehingga nanti mereka yang akan tampil, benar-benar orang yang telah siap dan bagus," ungkapnya. 

Terakhir Epyardi berharap, untuk kedepannya, untuk acara yang besar seperti Gowes Salingka Danau ini, pihak terkait benar-benar harus dipersiapkan dengan baik dan matang, jika berhasil ini akan berdampak positif baik dalam hal promosi daerah, promosi pariwisata, promosi UKM dan Kesenian Kabupaten Solok. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment