News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Setahun Ditutup karena Pandemi Covid-19, Taman Kota Sijunjung Kembali Dibuka

Setahun Ditutup karena Pandemi Covid-19, Taman Kota Sijunjung Kembali Dibuka

SIJUNJUNG - Setelah lebih setahun ditutup dan tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19, Area Taman Kota Muaro Sijunjung di Jalan M Yamin kembali resmi dibuka untuk umum, sejak Jumat (10/9/2021). Starting operasional Taman Kota Muaro Sijunjung tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, didampingi Sekdakab, Zefnihan, Kapolres, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, Kepala Disbudpar, Afrineldi, Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas, David Rinaldo, serta sejumlah Kepala OPD dan pejabat terkait lainnya. 

Diawali dengan peninjauan lapangan ke lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) di depan Taman Kota diikuti sosialisasi Prokes, kemudian pembagian masker gratir pada pedagang, pengendara, dan pengunjung. Warga setempat terlihat menyambut antusias, penuh suka cita. 

Kemudian dilanjutkan peninjauan kesiapan sarana-prasarana dalam area taman, safety, hingga peralatan kesehatan tempat cuci tangan dan handsanitizer dan petugas pengelola.  

Momentum tersebut seyogyanya sangat ditunggu-tunggu senenap warga masyarakat Sijunjung, khususnya Nagari Muaro. Karena pasca berlangsungnya proses penutupan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 setahun lalu membuat kawasan itu mati suri, ekonomi masyarakat melesu, merosot.  

Padahal Area Taman Kota Muaro Sijunjung baru sempat beroperasi dua bulan pasca selesai dibangun dan diresmikan pemakaiannya oleh mantan bupati, Yuswir Arifin, pda akhir 2019 lalu.  Ikon utamanya adalah air mancur menari, dilengkapi lampu taman (mercury) berwarna-warni, dan sarana olahraga (fitnes) umum. 

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, menuturkan, operasional taman rekreasi dan hiburan (taman kota Muaro) kembali dibuka tak lain guna menjawab tuntutan/desakan masyarakat. Mengingat status pandeni Civud-19 sudah mulai menurun, secara bertahap fasilitas publik kebanggaan masyarakat Sijunjung ini kembali diuji coba pemakaiannya. 

"Perlu diketahui, operasional ini adalah tahap uji coba. Sejalan dengan kembali diaktifkannya Taman Kota Muaro Sijunjung, pihak Pemda bersama Tim Ggugus Tugas juga terus melakukan evaluasi, apakah masyarakat dan pengunjung konsisten patuh Prokes,"  tegas Benny. 

Terutama soal wajib pakai masker, menjaga jarak, dan sering cuci tangan. Karena wabah Covid-19 pada sewaktu-waktu bisa kembali berkembng akibat lemahnya kesadaran masyarakat. 

Bila masyarakat taat prokes, starus Covid-19 dapat ditekan, opersional taman kota pun berlanjut. Sebaliknya, pada sewaktu-waktu bisa kembali ditutup.

"Mari kita saling menjaga diri. Bagi yang masih belum vaksin, segeralah mevaksinasi diri sesuai jadwal yang ada," seru Bupati, Benny Dwifa pula. 

Kapolres Sijunjung, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, menuturkan, pihaknya akan ikut mengawal aktivitas publik di Taman Kota Muaro Sijunjung secara intensif. 

Terkait proses pengamanan, sesuai tupoksi melekat menjadi kewenangan Anggota Satpol PP,. Sementara Personel Kepolisian hanya bersifat memperkuat, bila sewaktu-waktu dibutuhkan akan langsung turun. 

"Kami meminta agar warga konsisten mematuhi prokes dalam area taman kota ini," pungkas Lazuardi. (*/PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment