News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lionel Messi Hengkang dari Barcelona

Lionel Messi Hengkang dari Barcelona

BARCELONA - Tidak akan ada Lionel Messi di ruang ganti Barcelona pada Liga Spanyol dan Liga Champions 2021-2022. Striker asal Argentina itu secara resmi dibuang Barcelona pada Jumat (6/8/2021) dini hari. Keluarnya Lionel Messi dari Barcelona cukup mengejutkan dan menyedihkan.

Lionel Messi yang baru saja membawa Argentina juara Copa America 2021 itu hengkang dari Barcalona secara mendadak. Sejatinya Lionel Messi yang sudah tiba di Spanyol dalam dua hari terakhir dikabarkan akan melanjutkan perpanjangan kontrak. Hasilnya, Lionel Messi yang sudah membela Barcelona selama 16 tahun itu dipaksa angkat kaki cari Barcelona. Pihak klub tidak melanjutkan kerja sama alias perpanjangan bersama Messi.

Barcelona mengumumkan keputusan tidak lagi memperpanjang kontrak Lionel Messi pada Kamis (5/8/2021) atau Jumat dini hari WIB.

Meski sebelumnya dikabarkan jika Messi sepakat secara personal untuk menandatangani kontrak baru, Barcelona justru mengumumkan kaptennya tidak bertahan alias akan hengkang.

"Meskipun FC Barcelona dan Lionel Messi telah mencapai kesepakatan dan niat yang jelas dari kedua belah pihak untuk menandatangani kontrak baru hari ini, hal ini tidak dapat terjadi karena kendala finansial dan struktural (peraturan Liga Spanyol)," bunyi pernyataan Barcelona soal Messi seperti dikutip dari BolaSport.com.

"Akibat situasi ini, Messi tidak akan bertahan di FC Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub pada akhirnya tidak akan terpenuhi."

"FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya," akhir pernyataan itu.

Pakar transfer Italia, Fabrizio Romano merangkum beberapa hal soal detail apa yang sebenarnya terjadi dalam pertemuan Lionel Messi dan Barcelona yang membuat keputusan tersebut rilis.

Lionel Messi sudah berada di Barcelona sejak Rabu (4/8/2021) bersama sang ayah, Jorge Messi sebagai agennya untuk menandatangani kontrak dengan klub hingga 2026.

Seperti pernyataan Barcelona, tidak ada masalah dengan intensi Lionel Messi bertahan di Camp Nou.

Klub dan pemain sudah sepakat sejak berminggu-minggu lalu untuk menandatangani kontrak baru hingga hari ini, Kamis (5/8/2021).

Sebelum pertemuan tersebut, kabar Messi keluar dari Barcelona sudah berhebus sejak musim lalu ketika Ronald Koman menjadi pelatih.

Negosiasi kontrak Messi dan Barcelona diwakili sang ayahnya, Jorge Horacio.

Jorge Horacio, bertemu dengan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu untuk pada Rabu (2/9/2020) waktu setempat. 

Jorge bernegosiasi dengan Bartomeu untuk menentukan "nasib" Lionel Messi di Barcelona.

Namun, seperti yang dilaporkan SPORT, Kamis (3/8/2020), hasil pertemuan tersebut berakhir antiklimaks. Tidak ada kesepakatan apa pun yang terjalin dalam kesempatan tersebut.

Bartomeu menginginkan Messi bertahan di Barcelona dengan menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun.

Sementara, Jorge mencoba mencari cara agar Messi bisa pergi dari Camp Nou, termasuk menyelesaikan permasalahan kontrak sang putra.

Setelah drama pengaktifan klausul khusus untuk hengkang, Messi kemudian memutuskan bertahan di Barcelona untuk satu musim lagi atau hingga kontraknya terakhir habis (Juni 2021).

Kala itu, dia mengaku masih memiliki hasrat untuk memberikan prestasi tertinggi untuk Barcelona, rekan setim, dan dirinya sendiri.

"Saya akan terus di Barcelona dan sikap saya tidak akan berubah. Tidak peduli seberapa besar keinginan saya untuk pergi. Saya akan melakukan yang terbaik," kata Messi, 4 September 2020, dikutip dari Goal.

"Saya selalu ingin menang, saya kompetitif dan saya tidak suka kehilangan apapun."Saya selalu menginginkan yang terbaik untuk klub, untuk rekan-rekan di ruang ganti, dan untuk diri saya sendiri."

"Saya selalu mengutamakan klub ini. Saya memiliki kemungkinan untuk meninggalkan Barca berkali-kali."

"Setiap tahun saya bisa pergi dan menghasilkan lebih banyak uang daripada di Barcelona. Namun, saya selalu mengatakan bahwa ini adalah rumah saya, dan itulah yang saya rasakan," tutur Messi.

Josep Maria Bartomeu mengundurkan diri dari kursi Presiden klub Barcelona.

Pria berusia 57 tahun itu mundur dari kursi Presiden Barcelona saat masa jabatannya tersisa kurang dari satu tahun (hingga Maret 2021).

Bartomeu mendapat mosi tidak percaya dari ribuan pendukung Barcelona pada akhir bulan September.

Ketidakpercayaan terhadap Bartomeu tak lepas dari kegagalan Barcelona meraih gelar pada musim 2019-2020. Setelah gagal merengkuh trofi Liga Spanyol, mereka hancur di Liga Champions.

Lionel Messi sudah tidak lagi pemain Barcelona, Jumat (6/8/2021) dini hari. Ia dipaksa angkat kaki dari Barcelona

Lionel Messi sudah tidak lagi pemain Barcelona, Jumat (6/8/2021) dini hari. Ia dipaksa angkat kaki dari Barcelona (Twitter.com/LMessifanclub)

Lionel Messi dkk takluk 2-8 dari Bayern Muenchen pada perempat final. Kekalahan memalukan itu pun berdampak pada suasana ruang ganti Barcelona, hingga membuat sang kapten sekaligus ikon Blaugrana, Lionel Messi, ingin hengkang.

Keinginan Lionel Messi untuk meninggalkan klub seolah menjadi klimaks permasalahan di tubuh organisasi Barcelona.

Setelah itu, berdasarkan hasil pemilihan umum, Joan Laporta resmi menjadi Presiden Barcelona, menggantikan Bartomeu, pada Maret 2021.

Joan Laporta selaku Presiden Barcelona langsung dihadapkan misi berat setelah terpilih. Dia perlu mempertahankan Messi yang kontraknya habis pada Juni 2021.

Joan Laporta sempat memberikan sinyal positif terkait misi tersebut.

Dia mengatakan hanya perlu menyelesaikan beberapa detail untuk kemudian mengumumkan kontrak baru La Pulga. Adapun detail itu dipercaya berkaitan dengan perihal gaji Messi di tengah kondisi keuangan Barcelona yang kurang stabil.

Namun semuanya brentakan dan berujung Messi harus hengkang dari Barcelona. Masalah gagalnya kesepakatan ini adalah karena kendala finansial yang dialami Barcelona dan peraturan Liga Spanyol.

Sempat dikabarkan jika gagalnya Barca menggaet Cristian Romero, namun menurut Fabrizio Romano hal tersebut tak memengaruhi kesepakatan dengan Messi. Bahkan Barcelona telah menyiapkan pernyataan resmi dan pengumuman untuk kontrak baru Lionel Messi yang dijadwalkan tayang pada Kamis (5/8/2021).

Sayangnya hal itu tak terjadi menyusul kontak Barcelona dengan LaLiga.

Barcelona memberi tahu Lionel Messi bahwa aturan finansial LaLiga menghalangi mereka untuk memberi kontrak baru untuknya.

Tidak cuma Messi, Barcelona juga kesulitan menambahkan pemain baru akibat adanya aturan LaLiga ini.

La Pulga -sebutan Lionel Messi- kaget setelah 'dipaksa' oleh Barcelona menyusul keputusan LaLiga.

Hal yang sama seperti diberitakan oleh RAC1, Lionel Messi sangat terpukul dengan berita ketidaklanjutannya dengan Barcelona. Klub telah menginformasikan kepada ayah sekaligus agen Messi, Jorge bahwa sudah tak mungkin mendaftarkan Lionel Messi sebagai pemain anyar Barcelona karena aturan LaLiga.

PSG Langsung Ajukan Penawaran

Paris Saint-Germain dikabarkan telah melakukan kontak awal dengan Lionel Messi. Raksasa Prancis melayangkan tawaran pertama setelah berbagai pendekatan di masa lalu ditolak oleh Messi.

Hingga tadi malam, prioritas Lionel Messi hanyalah bertahan di Barcelona.

Joan Laporta akan memberikan pernyataan lebih lanjut soal kabar hengkangnya Lionel Messi dalam konferensi pers pada Jumat (6/8/2021) pukul 11.00 waktu setempat. Patut ditunggu di mana Lionel Messi akan melanjutkan kariernya setelah keluar dari Barcelona. (*/PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment