News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lulus Selter, Dua Pejabat Kota Solok Buktikan Kapasitas dan Kapabelitas di Kabupaten Agam

Lulus Selter, Dua Pejabat Kota Solok Buktikan Kapasitas dan Kapabelitas di Kabupaten Agam

LUBUK BASUNG - Dua pejabat Pemko Solok yang jabatannya dicopot oleh Walikota Solok, beberapa waktu lalu, akhirnya dilantik menjadi pejabat Eselon II.B di Pemkab Agam. Pelantikan dilakukan oleh Bupati Agam Dr. Andri Warman, M.Si di Aula Utama Kantor Bupati Agam, Jumat (6/8/2021). Keduanya adalah mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. Dedi Asmar dan Kepala Dinas Perhubungan Drs. Asril, MM. Dedi Asmar dilantik menjadi Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Agam. Sementara, Asril diamanahkan jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Agam. 

Turut hadir dalam pelantikan itu, Dandim 0304 Letkol Arh Yosif Brozti Dadi, Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan, Kepala Kantor Kementerian Agama Agam Drs. Marjunis, Ketua Majelis Ulama (MUI) Agam Muhammad Taufiq, Sekda Agam Martias Wanto, Kepala OPD Pemkab Agam, serta undangan lainnya. 

Bupati Agam Dr. Andri Warman, M.Si, menyatakan Pemkab Agam senantiasa berupaya membangun sinergitas untuk membangun daerah. Menurutnya, kekosongan tujuh jabatan di Pemkab Agam selama lima bulan terakhir ini, membuat kinerja OPD kurang maksimal. Sehingga, dibutuhkan pengisian jabatan baru melalui mekanisme seleksi terbuka (Selter). 

Pelantikan tujuh pejabat eselon II.B Pemkab Agam di Aula Kantor Bupati Agam, Jumat (6/8/2021).
"Proses pengisian tujuh jabatan yang kosong di Pemkab Agam selama ini, memakan waktu yang cukup panjang. Mulai dari permintaan ke Gubernur Sumbar, izin dari Komisi ASN, seleksi, hingga pengurusan izin di Kemendagri. Dari proses panjang tersebut, kami meyakini, para pejabat yang dilantik ini memiliki kapasitas dan kapabelitas di bidangnya masing-masing. Meski tantangan ke depan sangat berat, para personel yang dilantik ini kami yakin mampu melaksanakan tugas dengan maksimal sesuai bidangnya masing-masing," ujarnya.

Andri Warman yang akrab disapa Haji AWR tersebut menegaskan dari tujuh pejabat yang dilantik, terdapat dua pejabat yang berasal dari Pemko Solok. Yakni Drs. Dedi Asmar dan Drs. Asril, MM. Menurut Andri Warman, masuknya dua pejabat dari luar daerah itu membuktikan bahwa Pemkab Agam sangat terbuka terhadap pejabat yang memiliki kompetensi dan kapabelitas untuk berkarier di Kabupaten Agam.

"Keduanya (Dedi Asmar dan Asril), masuk ke Pemkab Agam melalui seleksi terbuka. Termasuk track record di Pemko Solok selama ini. Secara kompetensi dan kapabilitas, keduanya merupakan 'orang lama' di jabatannya masing-masing. Saat ini, keduanya harus segera beradaptasi dengan lingkungan tugas yang baru. Yakni senantiasa berkoordinasi dengan pegawai di bidang kerja yang dipimpinnya," ungkapnya. 

Andri Warman juga menegaskan, seluruh pejabat yang dilantik harus segera bekerja dan melaksanakan tugas. Sebab, menurutnya saat ini sudah memasuki bulan Agustus, atau di akhir-akhir tahun anggaran. Sementara, ada tugas besar ke depan untuk merencanakan APBD tahun 2022 dan APBD Perubahan 2021. Selain itu, seluruh OPD juga harus memaksimal program kerja dan pelayanan ke masyarakat. 

"Pejabat eselon II.B memiliki peran penting dan strategis dalam kinerja pemerintahan. Yakni menjembatani kebijakan Pemkab dengan mencerna dan mengolahnya untuk menunjang kinerja dan pelayanan ke masyarakat. Karena itu, segera bangun dan maksimalkan sinergi dengan stake holder dan OPD lain. Apalagi, dalam situasi pandemi Covid-19, seluruh OPD dituntut mengambil peran strategis memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yakni penerapan protokol kesehatan ketat dengan tetap memaksimalkan program-program kerja di OPD-nya masing-masing," ungkapnya.

Andri Warman juga berpesan, agar seluruh pejabat yang dilantik dan seluruh kepala OPD Pemkab Agam untuk senantiasa berinovasi dan peka terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Kemudian selalu bekerja disiplin dan taat perundang-undangan yang berlaku. Serta yang terpenting menurutnya adalah bekerja dengan ikhlas, santun, dan senantiasa menghindari fitnah.

Selain Dedi Asmar dan Asril, lima pejabat lain yang dilantik adalah Hendri Rusdian sebagai Kepala Dinas Kesehatan, Endrimelson sebagai Kepala Bappeda, Ofrizon sebagai Kepala Dinas PUPR, Rahmad Lasmono sebagai Kepala Dinas Kominfo, dan Rosva Deswira sebagai Kepala DKPP. 

Sekilas Asril dan Dedi Asmar

Seperti diketahui, Dedi Asmar dan Asril menjalani karier ASN yang terbilang sangat cemerlang. Dedi Asmar, sebelum dilantik menjadi Kadis Koperindag Agam, menghabiskan masa kepegawaiannya di bidang yang lekat dengan perekonomian. Yakni populer dalam jabatan sebagai Kadis Pengelolaan Pasar Kota Solok dan berlanjut dengN Kadis Koperindag UKM Kota Solok. Sebelumnya, Dedi Asmar juga pernah menjabat sebagai Camat Lubuk Sikarah dan terakhir menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok.

Dedi Asmar juga dikenal memiliki segudang inovasi terkait pengembangan UMKM dan industri kecil di Kota Solok. Dedi Asmar juga dikenal luas bagi pelaku ekonomi kreatif di Kota Solok, dengan membidani lahirnya berbagai bidang usaha dan pengembangan pemasarannya. Sejumlah produk-produk kreatif dan inovatif lahir di saat dirinya menjadi Kadis Koperindag UMKM Kota Solok. Seperti kerajinan songket, batik khas Kota Solok, hingga pembinaan pelaku ekonomi kreatif pemula di Kota Solok. 

Drs. Dedi Asmar, Dr. Andri Warman, M.Si, Drs. Asril, MM.

Sementara, Asril memulai karier ASN di Pemkab Solok usai lulus dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN). Asril pernah tercatat sebagai Camat Termuda di Sumatera Barat saat diangkat menjadi Camat di Lubuk Gadang Sangir (kini masuk wilayah Kabupaten Solok Selatan). Jabatan sebagai Kadis DPMN Agam saat ini, seakan menjadi "akumulasi" garis hidupnya yang berulang kali diangkat menjadi camat di Kabupaten Solok. Seperti Camat Bukit Sundi, Camat Payung Sekaki, hingga Camat Ibukota, Camat Kubung. Asril juga cukup lama menjadi Kasat Pol PP Kabupaten Solok. 

Pada 2012, Asril pindah ke Kota Solok dan diangkat menjadi Kepala Kesbangpol Kota Solok. Kemudian Kasat Pol PP Kota Solok dan dari tahun 2017 hingga 2021 menjadi Kadis Perhubungan Kota Solok. Perjalanan kariernya yang senantiasa berhubungan dengan banyak orang dan seluruh lapisan sosial masyarakat, diharapkan akan beraplikasi maksimal saat menjabat sebagai Kepala DPMN Kabupaten Agam.(PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment