News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Buah Bibir di Masyarakat, Kapolres Solok Azhar Nugroho Laksanakan Giat Tali Asih Terakhir di Surian

Buah Bibir di Masyarakat, Kapolres Solok Azhar Nugroho Laksanakan Giat Tali Asih Terakhir di Surian

Giat Tali Asih Polres Solok yang Menjadi Buah Bibir Masyarakat Kabupaten Solok

Di Akhir Masa Jabatan, Masih Menitipkan Bansos untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Setiap Kapolres memiliki gaya yang berbeda dalam bidang kerjanya. Paradigma kepolisian yang kini lekat dengan jargon prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan (Presisi), diperkuat dengan kepedulian langsung ke masyarakat. Salah satunya Giat Tali Asih, yang dilakukan Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, S.IK, SH, M.Si. Seperti apa?

SOLOK - Jam sudah menunjukkan pukul 09.00 WIB pada Jumat (13/8/2021). Sinar mentari terasa cukup menyengat di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Rombongan Polres Solok yang dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Raplen mengunjungi lima warga Surian, untuk menyerahkan bantuan sosial (Bansos) dari Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, SH, S.IK, M.Si. 

Ikut serta dalam rombongan, Kapolsek Pantai Cermin Iptu Haryoto, Kanit Binkamsa Ipda Safrizal, Kanit Binpolmas Bripka Ardimansyah, Kanit Bintibmas Bripka Nanda Andria, Paur Humas Bripka Elvis Palempa, Babinkamtibmas Nagari Surian Brigadir Deki Rostomen, dan Bhabinkamtibmas Nagari Lolo Aipda Asismen.

Di saat suasana yang begitu tenang, karena warga sudah mulai beraktivitas, kedatangan rombongan Polres Solok di Nagari Surian, mendapat perhatian masyarakat. Kedatangan rombongan untuk melaksanakan giat Tali Asih Jumat Barokah, yakni penyerahan bantuan dari pihak Polres Solok ke masyarakat yang terdampak virus corona (Covid-19). 

Giat Tali Asih yang dilaksanakan setiap hari Jumat tersebut, juga dimanfaatkan Polres Solok untuk berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat "akar rumput".

Meski paket bantuan yang diserahkan "hanya" berupa paket Sembako, 10 kilogram beras, dan 30 butir telur, tapi karena dilakukan setiap pekan, aura dan rasanya terasa sangat berbeda di masyarakat. 

Giat Tali Asih di Nagari Surian ini, diyakini sebagai kegiatan terakhir Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, SH, S.IK, M.Si sebagai Kapolres Solok. Pasalnya, Azhar sudah dimutasi ke Mabes Polri yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor: ST/1508/VII/KEP/2021 tertanggal 26 Juli 2021 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, SH, S.IK, M.Si, dimutasi menjadi Kasubagwasmatkas Bagmindik Rowassidik Bareskrim Mabes Polri. Penggantinya adalah Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo. 

Meski hanya tinggal serah terima jabatan (Sertijab) dan Prosesi Pisah Sambut di Mapolres, Azhar Nugroho tetap melaksanakan Giat Tali Asih yang telah menjadi "brand" bagi selama memimpin Polres Solok. 

Sebanyak lima masyarakat yang menerima Bansos Tali Asih tersebut aadalah, Yusmaidar, (68), ibu rumah tangga di Jorong  Jalan Balantai, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Permin Kabupaten Solok. Kondisinya dalam sakit, yakni patah d kedua kaki nya sudah selama lebih kurang 5 bulan

Berikutnya, Nurjana, (86), Ibu Rumah tangga di Jorong Balantai, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok. Kondisinya, sudah pikun dan tidak kuat lagi berdiri sendiri.

Kemudian, Nurlela, (79), Ibu Rumah Tangga di Jorong Balantai, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok. Kondisinya, sakit dan sudah 2 bulan terbaring di tempat tidur.

Berikutnya, Iliyas, (98), Petani di Jorong Suliti, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok. Kondisinya, sudah 1 tahun tidak bisa berjalan dan hanya tinggal di rumah berdua dengan istrinya.

Kemudian, Inur Anani (81), Ibu Rumah Tangga di Jorong Suliti, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok. Kondisinya sudah pikun dan lebih banyak di rumah. 

AKBP Azhar Nugroho, S.IK, SH, M.Si menyatakan, Giat Tali Asih Jumat Barokah ini merupakan wujud kepedulian kepolisian terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, berbagi dengan masyarakat kurang mampu, bisa menguatkan kebersamaan dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

"Kita berharap, dengan bantuan ini, bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Serta, menjadi pemicu bagi elemen masyarakat lainnya untuk berbagi dengan warga kita yang kurang beruntung lainnya," ujarnya. 

Terkait dengan Giat Tali Asih Jumat Barokah yang kini menjadi buah bibir di masyarakat, Azhar Nugroho menegaskan hal itu semata-mata hanya bentuk kepedulian institusi kepolisian ke masyarakat. Menurutnya, dengan jargon Presisi, kepolisian kini menempat dirinya dengan pengayom, pelindung dan menjadi bagian di masyarakat.

"Tidak ada maksud tertentu. Hanya untuk semakin mendekatkan institusi kepolisian dengan masyarakat. Karena sejatinya kepolisian adalah bagian dari masyarakat dan mesti memiliki peran strategis dan menggerakkan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik," tegasnya. 

Anggota DPRD Kabupaten Solok dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Dr. Dendi, S.Ag, MA, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Azhar Nugroho, yang secara rutin melaksanakan Giat Tali Asih ke masyarakat. Menurut Dendi, hal ini tidak hanya sebagai amal jariah bagi Kapolres Azhar, namun bisa menjadi stimulus dan pemicu elemen msyarakat lainnya. Apalagi, dalam kondisi pandemi Covid-19, masyarakat sangat membutuhkan penguatan.

"Kita sangat mengapresiasi Giat Tali Asih Jumat Barokah ini. Kita berharap, seluruh elemen bisa bergerak bersama dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Semoga kegiatan tersebut bisa menjadi pemicu bagi seluruh elemen untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kita harapkan Pak Azhar Nugroho bisa sukses di tempat baru dan Kapolres Solok yang baru, bisa melanjutkan apa yang telah beliau lakukan selama ini," ungkap Anggota DPRD Kabupaten Solok tiga periode ini. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment