News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kapolda Sumbar Hadiri Lomba Ayam Kukuak Balenggek di Sirukam Solok

Kapolda Sumbar Hadiri Lomba Ayam Kukuak Balenggek di Sirukam Solok

SOLOK - Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto, MH, menghadiri Lomba Kukuak Ayam Balenggek di Jorong Kubang Nan Duo, NagaribSirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Minggu (4/7/2021). Lomba ini menjadi salah satu upaya memeriahkan Hari Bhayangkara ke-75, dengan kegiatan yang bertema kekhasan budaya Minangkabau. Turut hadir, Waka Polda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.IK, M.Si, PJU Polda Sumbar, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, SH, S.IK, M.Si, Dandim 0309 Solok Letkol Arm Reno Triambodo, S.Sos, M.I.Pol, Jajaran Forkopimda Kabupaten Solok, PJU Polres Solok, para tokoh masyarakat, ninik mamak dan para peserta lomba ayam kukuk balenggek.

Helatan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pecinta Ayam Kukuak Balenggek (APAKB) yang diketuai oleh Nardi Sumadi, Sekretaris Azrin Kifli Untung dan pembina APAKB Sumatera Barat Boy Muftialdi (Boy Ivan).

Terdapat tiga kelas yang dilombakan, berdasarkan variasi kokok (lenggek kukuak). Yakni kelas Boko dengan minimal 5 lenggek kukuak, kelas Landik dengan minimal kukuk 3-5 lenggek, dan kelas jumlah kukuk terbanyak dalam waktu 10 menit. Peserta lomba berasal dari komunitas (grup) pecinta ayam kukuak balenggek dari seluruh Kota/Kabupaten di Sumbar. Diperkirakan, peserta lebih kurang 650 orang.

"Dengan adanya kegiatan perlombaan ayam kukuak balenggek ini dapat mempererat tali silaturahmi antar pencinta ayam kukuak balenggek di Sumatera Barat ini. Serta melestarikan perkembangan ayam kukuak balenggek untuk masa yang akan datang. Selamat bertanding," ungkap Kapolda Sumbar. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment