News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Koramil 04/Payung Sekaki Intensif Persiapkan Pelajar Menjadi Calon Prajurit TNI

Koramil 04/Payung Sekaki Intensif Persiapkan Pelajar Menjadi Calon Prajurit TNI

SOLOK - Untuk mendapatkan Prajurit TNI AD yang berkualitas, Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok melakukan pembinaan awal bagi pemuda dan pelajar yang akan mendaftarkan diri menjadi calon Prajurit TNI AD. Hal tersebut disampaikan Danramil 04/Payung Sekaki Letda Inf Ahmad Guntur saat dihubungi via seluler, Kamis (4/3).

Diungkapkan Danramil, pembinaan yang dilakukan oleh Koramil 04/Payung Sekaki tersebut meliputi pelatihan fisik serta pengecekan administrasi sebagai langkah awal sebelum mereka mengikuti seleksi yang sebenarnya.

Pelatihan tersebut dibenarkan oleh Bintara Tinggi Tata Usaha Urusan Dalam (Bati TUUD) Koramil 04/Payung Sekaki Serma Matsum. Ia mengatakan bahwa pada Rabu 3 Maret 2021kemarin, Koramil 04/Payung Sekaki menggelar pelatihan untuk membina fisik para pemuda dan pemudi di wilayah binaanya yang berkeinginan masuk menjadi calon prajurit TNI AD. Kegiatan itu sendiri, lanjut Serma Matsum dilaksanakan di halaman Koramil 04/Payung Sekaki setiap satu minggu sekali.

Bentuk pembinaanya meliputi kesegaran jasamani A (lari 12 menit), kesegaran jasmani B (Pull up, Sit up, Push up dan Shutle run) serta renang gaya dada sejauh 50 meter.

"Kegiatan pembinaan ini dilakukan seminggu sekali. Meliputi ketahanan lari, pull up, sit up dan push up serta shuttle run. Mereka juga kita ajarkan tentang teknik dan tata cara gerakan yang benar," ujar Serma Matsum.

Pembinaan kepada calon prajurit TNI merupakan hal yang penting, tutur Serma Matsum, karena selama pelatihan mereka diberikan pemahaman dan kesiapan baik fisik maupun mental , khususnya dalam menghadapi berbagai macam tes di kemudian hari.

"Kita harapkan, para calon prajurit TNI AD pada saat melaksanakan tes yang sebenarnya meraka tidak gugup. Karena sudah terbiasa mendapatkan pelatihan dan pembinaan yang benar sebelumnya," ujarnya.

Lebih lanjut Serka Matsum menyampaikan, kegiatan ini juga sebagai tindak lanjuti perintah dari Komando Atas, bahwa selain anggota Makodim 0309/Solok, para Danramil dan Babinsa juga diberikan wewenang untuk mempersiapkan putra-putri terbaik di wilayah dibinanya untuk mengikuti seleksi tahapan penerimaan Prajurit TNI.

Atas dasar itulah, kemudian Ia pun memerintahkan para Babinsanya untuk mendata dan mengecek persiapan adminitrasi maupun kondisi fisik kepada Pemuda dan Pelajar yang ingin mendaftar TNI AD guna mempersiapkan prosedur yang harus dimiliki calon Prajurit TNI AD.

"Sesuai perintah dari komando atas semua para Babinsa untuk membantu pemuda setiap warga binaanya yang akan berminat mejadi calon Prajurit TNI AD. Setelah didata, kemudian mereka di bina baik fisik maupun mentalnya sebelum mengikuti seleksi yang sebenarnya agar nantinya mereka tidak kalah bersaing dengan calon-calon dari daerah lain," jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan Koramil 04/Payung Sekaki tersebut, mendapatkan respons positif dari warga masyarakat yang ada di wilayah binaannya. Masyarakat meyakini bahwa pembinaan fisik yang dilakukan oleh Koramil tersebut merupakan latihan terprogram dan terarah sesuai dengan prosedur latihan yang benar. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment