News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringati Hari Pohon Sedunia, Aqua Solok Tanam 100 Pohon di Sekitar Masjid Tuo Kayu Jao

Peringati Hari Pohon Sedunia, Aqua Solok Tanam 100 Pohon di Sekitar Masjid Tuo Kayu Jao

SOLOK
- Memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Desember, Tim Relawan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Tirta Investama Pabrik Solok, bersama pemuda jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, melakukan penanaman sekitar 100 batang di sekitar Masjid Tuo Kayu Jao, Sabtu (28/11).

Pimpinan PT. Tirta Investama Pabrik Solok (TIV Solok ), Endro Wibowo yang diwakili oleh Kepala CSR PT. Tirta Investama Jon Betric dan Humas PT Tirta Investama Pabrik Solok atau Stakeholder Relation PT. TIV Solok Azra'i, menyatakan tujuan penanaman pohon ini dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada 21 November. 

"Kegiatan ini sengaja dilakukan di sekitar Masjid Tuo Kayu Jao, mengingat masjid ini salah satu cagar budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat nagari Batang Barus yang patut dijaga dan dikelola dengan baik,” sebut Jon Betric.

Sementara itu, jenis pohon yang ditanam adalah pohon sirsak dan mangga di pinggir jalan menuju masjid dan di sekitar taman Masjid Tuo Kayu Jao. 

"Semoga pohon yang ditanam tersebut dapat tumbuh dengan subur dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan membantu mencegah tanah longsor," tukuk Azra'i.

Sebelumnya, PT Tirta Investama, yang familiar dengan perusahaan air minum dalam kemasa merek Aqua, juga telah melakukan penanaman 50 batang pohon di Taman Kehati PT Tirta Investama Pabrik Solok pada tanggal 21 November 2020 minggu lalu. Hingga sekarang taman kehati PT Tirta Investama sudah mengkoleksi 72 jenis tanaman lokal. 

"Mudah-mudahan an area seluas 2,5 hektar tersebut bisa menambah koleksi jenis tumbuhan sebagai program konservasi in situ dan ex situ," ungkapnya.

Peringatan Hari Pohon Sedunia merupakan pengingat akan betapa pentingnya peranan dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk, khususnya manusia. Sejarah Hari Pohon Sedunia sendiri juga diperingati untuk menghormati seorang aktivis lingkungan ternama, Julius Sterling Morton.

Lahir pada tanggal 22 April 1832, awalnya Julius bekerja sebagai editor majalah cetak. Dia kemudian menjadi Sekretaris Agrikultur dan Gubernur Nebraska. Morton dikenal sebagai pencinta alam dari Amerika Serikat. Morton begitu gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon dan sikapnya ini tentu punya alasan, karena setiap makhluk hidup yang ada di bumi membutuhkan kontribusi pohon untuk bisa hidup.

Tujuan utama peringatan Hari Pohon Sedunia adalah: Mencegah Perubahan Iklim, Penghasil Oksigen, Habitat Margasatwa, Penghasil Makanan, Kesehatan Mental. Tujuan diperingati Hari Pohon Sedunia yaitu mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, untuk memerangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna, dan membuat iklim mikro yang baik. (rijal islamy)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment