News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Firmansyah Siap Dampingi Iriadi Dt Tumanggung di Pilkada Kabupaten Solok 2020

Firmansyah Siap Dampingi Iriadi Dt Tumanggung di Pilkada Kabupaten Solok 2020

SOLOK - Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Solok, Firmansyah Ujud, menegaskan dirinya siap mendampingi Bakal Calon Bupati Solok Iriadi Dt Tumanggung, untuk bertarung di Pilkada Kabupaten Solok 9 Desember 2020 mendatang. Firmansyah yang merupakan Anggota DPRD Kabupaten Solok dua periode (2009-2014 dan 2014-2019) tersebut menyatakan optimistis Iriadi Dt Tumanggung bakal memenangkan Pilkada Kabupaten Solok, dengan potensi yang dimiliki. Firmansyah menyebut Iriadi sebagai sosok pekerja keras yang didukung oleh berbagai elemen masyarakat Kabupaten Solok yang jauh dari sekadar pencitraan dan konflik.

"Iriadi Dt Tumanggung merupakan figur yang siap bekerja, berbakti, mengabdi dan membangun Kabupaten Solok. Pengalaman beliau sebagai birokrat senior di Sumatera Selatan, tentu sudah menjelaskan siapa beliau. Yakni seorang yang bisa sukses di negeri orang dengan potensi yang dimilikinya. Beliau adalah orang yang sangat mengerti dengan birokrasi untuk menjalankan pemerintahan, serta mengetahui persis apa yang dibutuhkan masyarakat," ungkapnya.

Firmansyah juga menegaskan Iriadi Dt Tumanggung adalah figur yang mau dan mampu bekerja dengan siapa saja. Menurutnya, Kabupaten Solok yang sangat luas, membutuhkan figur yang mampu menyatukan semua elemen dan bekerja sama. Bukan orang yang justru menciptakan friksi (gesekan) dan konflik. Sebab menurutnya, jika Kabupaten Solok ingin maju, dibutuhkan kebersamaan dari segenap elemen di masyarakat.

"Masyarakat butuh sosok pemersatu yang membuat setiap orang bekerja maksimal sesuai dengan posisinya masing-masing. Sebagai birokrat senior, Iriadi Dt Tumanggung tentu akan menempatkan seseorang sesuai dengan Tupoksi (tugas pokok dan fungsinya), sesuai dengan potensi dan keahliannya masing-masing," ungkapnya.

Firmansyah juga menyatakan dari sejumlah calon yang mengemuka saat ini, Iriadi Dt Tumanggung juga memiliki keunggulan khusus dari segi basis daerah. Saat ini, calon yang mengapung saat ini, Epyardi Asda dan Nofi Candra berasal dari wilayah utara, Desra Ediwan dari wilayah selatan, dan Iriadi Dt Tumanggung dari wilayah tengah. Dengan jumlah penduduk terbanyak di wilayah tengah, Iriadi Dt Tumanggung, diyakini mampu bersaing dan tampil sebagai pemenang.

"Saat ini elektabilitas Iriadi Dt Timanggung semakin menanjak. Hal ini tidak terlepas dari potensi yang dimiliki dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Tidak hanya dari masyarakat wilayah tengah, tapi juga dari masyarakat wilayah utara, selatan dan timur Kabupaten Solok. Kita harapkan elektabilitas tersebut semakin meroket jelang Pilkada nanti," harapnya.

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) telah menehaskan komitmen mengusung Iriadi Dt Tumanggung menjadi calon Bupati Solok pada Pilkada 2020. PDIP dan Hanura bakal mengusung Iriadi yang sama-sama memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten Solok. Artinya, dengan minimal 7 kursi untuk mengusung Calon Bupati-Wakil Bupati, koalisi PDIP-Hanura membutuhkan minimal tiga kursi lagi.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Solok, Zamroni, menyatakan pihaknya terus menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai lain. Dua nama yang berpotensi mendampingi Iriadi kelak antara lain, Agus Syahdeman (Ketua Demokrat Kabupaten Solok), tokoh muda dari Kecamatan Lembah Gumanti, Marnofi Hendri, dan Ketua DPC Hanura Kabupaten Solok Firmansyah Ujud.

"Jika kita sudah mendapatkan minimal 3 kursi lagi, kita pastikan mengusung beliau Iriadi Dt Tumanggung," katanya.

Sekilas Iriadi Dt Tumanggung

Nama Iriadi Dt Tumanggung, tidak muncul secara tiba-tiba di bursa Pilkada Kabupaten Solok 2020. Jauh hari, nama Iriadi sudah menjadi pembicaraan, khususnya di Nagari Selayo, Kecamatan Kubung. Kiprahnya sebagai birokrat senior dan disegani di Pemprov Sumsel, ternyata juga berdengung hingga ke Kabupaten Solok. Layaknya warga Minangkabau yang suka merantau, keinginan pulang kampung dan berbakti di tanah kelahiran, membuat Iriadi menegaskan niat menjadi bakal calon Bupati Solok.

Kurun waktu 35 tahun bukan waktu yang singkat untuk pengabdian Iriadi Dt Tumanggung sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumatera Selatan. Berbagai jabatan strategis pernah diembannya mulai dari Kacabdin Pertanian Pasang Surut Kabupaten Musi Banyuasin, Kabag Pemerintahan Kantor Pembantu Gubernur Sumsel Wilayah 1 Musi Banyuasin, Sekretaris KPU Kabupaten Musi Banyuasin selama 11 tahun, Kepala Hubla Biro Penghubung Pemerintah Provinsi Sumsel di Jakarta, Kepala Samsat Musi Banyuasin, Kepala Samsat Kota Palembang dan terakhir saat ini masih menjabat Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Selatan.

Iriadi Dt Tumanggung lahir di Selayo pada 11 November 1962. Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Palembang ini, hingga kini, dipercaya Gubernur Sumsel Herman Deru sebagai Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel. Kinerja dan kedekatannya dengan Gubernur Sumsel sebelumnya, Alex Nurdin, membuat Iriadi Dt Manggung dipercaya memimpin jabatan-jabatan strategis di Pemprov Sumsel.

Menjadi kandidat unggulan di bursa Pilkada Kabupaten Solok 2020, Iriadi dikebal sebagai sosok pekerja keras yang sukses dalam "kompetisi hidup" di tanah rantau. Pengalamannya di Sumsel, membuatnya dianggap sebagai figur yang mampu dan layak menggantikan Bupati Solok saat ini, Gusmal Dt Rajo Lelo. Apalagi dalam berbagai jabatan terakhir Iriadi banyak berkecimpung dalam tugas kepemiluan yang menuntut integritas tinggi. (rijal islamy)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment