News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terus Berbuat di Saat yang Lain Masih Berfikir, Kepedulian Epyardi Asda Makin Massif

Terus Berbuat di Saat yang Lain Masih Berfikir, Kepedulian Epyardi Asda Makin Massif

SOLOK - Kepedulian mantan Anggota DPR RI tiga priode, H. Capt. Epyardi Asda, M.Mar, terhadap masyarakat Kabupaten Solok terus berjalan dengan massif. Bahkan, di saat berbagai elemen masih berencana dan memikirkan formula terbaik dalam penanganan virus corona (Covid-19) di Kabupaten Solok, Epyardi terus berbuat meringankan beban masyarakat. Hingga Jumat (8/5/2020), dari 74 nagari yang ada di Kabupaten Solok, sudah hampir 30 nagari yang disambangi Tim Relawan, dalam penyaluran zakat berupa Sembako.

Dengan total zakat keluarga yang mencapai Rp 5 miliar, penyaluran terus berlangsung hingga sebelum hari raya Idul Fitri 1441 H. Meski terkadang niat Epyardi Asda berbagi rezki kadang dipolitisir oleh sebagian orang, terutama dari rival politiknya, namun Epyardi dan Tim Relawan, tidak menanggapi itu dengan emosional. Epyardi menegaskan, dirinya menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT.

"Allah tahu apa yang kita niatkan. Silahkan masyarakat yang menilai sendiri. Zakat yang saya serahkan adalah zakat keluarga, sebagai ucapan terimakasih saya kepada masyarakat Kabupaten Solok yang sudah memilih saya tiga periode untuk duduk di DPR RI. Termasuk untuk anak saya Athari Gauthi Ardi yang pada Pileg 2019 lalu dipercaya jadi anggota DPR RI," sebut H. Epyardi Asda, di sela-sela pembagian zakat di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Jumat (8/5/2020).

Pada Jumat (8/5/2020) ini, pembagian zakat dilakukan di empat nagari di Kecamatan Gunung Talang dan satu nagari di Kecamatan Danau Kembar. Di Kecamatan Gunung Talang, pembagian zakat dimulai dari Nagari Koto Gadang Guguak, yakni sebanyak 400 paket ditambah 50 sarung. Kemudian dilanjutkan ke Nagari Batang Barus sebanyak 500 paket dan 50 sarung. Berikutnya tim bergerak ke Nagari Aie Batumbuak sebanyak 250 paket ditambah 50 sarung dan terakhir di Kecamtan Gunung Talang di Nagari Simpang Tanjung Nan IV sebanyak 800 dan 50 sarung.

Tampak hadir pada acara tersebut selain H. Epyardi Asda, M. Mar, Anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, anggota DPRD Kabupaten Solok, Aurizal dan Etraneldi, mantan anggota DPRD Kabupaten Solok, Yondri Samin, Gusrial Abbas, para Walinagari serta LPMN, BPN dan tokoh masyarakat. Selain itu penyerahan sembako juga disaksikan oleh anggota Polsek dan Koramil serta petugas dari Satpol PP Kabupaten Solok. Pembagian total zakat di nagari tersebut, tergantung jumlah penduduk sebuah nagari, makanya total zakat yang diserahkan tidak sama untuk setiap nagari.

"Kita menyadari, tentu belum semua warga yang mendapatkan zakat dari kita, tetapi kita berharap bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat kita yang saat ini sedang dilanda musibah Covid-19, dimana ruang gerak kita dibatasi," sebut H. Epyardi Asda.

Dijelaskan orang tua Athari Gauthi Ardi ini, bahwa pemberian zakat ini adalah kegiatan rutin setiap tahun dan ini merupakan tahun ke-15 dari keluarga besar, H. Epyardi Asda.

"Kita berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam situasi sulit seperti ini. Semoga hal ini menjadi amal ibadah bagi saya dan keluarga dan sampai kepada keluarga yang membutuhkan," ucap H. Epyardi Asda.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga berpesan agar masyarakat tetap tabah dalam menghadapi berbagai cobaan dan rintangan.

"Ini semua adalah ujian dari Allah dan kita manusia wajib untuk mempercayainya. Semoga covid-19 ini segera berakhir dan ekonomi kita dan dunia bisa berjalan normal kembali," tambah H. Epyardi Asda.

Pihaknya nenyebut, bahwa bantuan ini murni kemanusian dan sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari.

"Terserah oranglah mau bicara apa atau mau menghubungkannya dengan Pilkada atau apa, tetapi kami berbuat saja dulu biar masyarakat sendiri yang menilai. Saat ini adalah waktunya untuk berbuat ke masyarakat, bukan waktunya berdebat," tegasnya.

Epyardi juga menegaskan, terkait PSBB dan kewaspadaan terhadap virus corona Covid-19, pihaknya di setiap lokasi pembagian zakat, terlebih dahulu dilakukan penyemprotan. Untuk mencegah infeksi virus corona agar tidak meluas, yakni dengan cara penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum, termasuk di kantor walinagari yang dikunjungi. Bantuan yang diserahkan juga berupa Sembako, masker, APD dan penyemprotan tempat ibadah.

Sementara itu, Warga Koto Gadang Guguak Upik (30) mengaku sangat senang dengan bantuan dari H. Epyardi Asda ini.

"Bantuan ini sangat berharga bagi kami. Menunggu bantuan dari pemerintah entah kapan mau cair. Saya terimakasih kepada Bapak Epyardi Asda yang sudah memberikan kami bantuan sembako dan sudah menunjukan rasa kepedulian nyata ditengah musibah ini dan sungguh ini sangat membantu sekali. Semoga umur beliau panjang," sebut Salim yang diamini temannya Fitri yang juga warga setempat.

Ucapan terimakasih juga disampaikan para walinagari Batang Barus Syamsul Azwar dan semua Walinagari yang menerima bantuan, atas rasa peduli tokoh masyarakat Kabupaten Solok tersebut yang membeti bantuan ditengah ekonomi sulit.

"Terimakasih kepada beliau Bapak H. Epyardi Asda, yang sudah berbuat nyata. Semoga beliau selalu diberi kesuksesan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT dan bisa mengabdikan diri untuk negeri ini," ucap Walinagari Syamsul Azwar.

Hal yang sama juga disampaikan Walinagari Air Batumbuk, Yuneldi yang menerima bantuan untuk disalurkan ke masyarakat.

"Terimakasih Bapak H. Epyardi Asda, semoga kebaikan bapak bersama keluarga dibalas Allah dengan pahala," sebut Yuneldi.

Bantuan Zakat di serahkan di kantor Wali Nagari masing-masing. Sebagaimana halnya di Batang Barus, warga penerima zakat seluruhnya wajib memakai masker, dan bagi yang tidak ada akan dikasih di lokasi. Dan warga dengan tertib menjaga jarak atau physical distancing menunggu antrian sesuai imbauan pemerintah.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, atas nama Pemerintah Daerah mentampaikan ucapan terimakasih kepada tokoh nasional, H. Epyardi Asda, yang sudah memberi bantuan kepada masyarakat Kabupaten Solok di tengah wabah Covid-19.

"Semoga beliau disehatkan selalu dan dimudahkan segala urusan dan langkah beliau," sebut H. Yulfadri Nurdin.

Berikutnya, pada Sabtu tanggal 9 Mei 2020 akan dilanjutkan pembagian zakat di Nagari Salayo, Koto Hilalang, Gantung Ciri, Gaung dan Panyangkalan. Selanjutnya, pada hari Senin tanggal 11 Mei 2020 adalah untuk Nagari Koto Anau, Batu Banyak, Limau Lunggo, Koto Laweh, Salayo Tanang Bukik Sileh, Batu Bajanjang dan Kampuang Batu Dalam.
Jadwal itu bisa berubah melihat situasi dan kondisi setempat," sebut panitia zakat Epyardi, Yondri Samin dan Gusrial Abbas. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment