News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Idul Fitri, Satu Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19

Idul Fitri, Satu Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19

SOLOK - Pasien positif virus corona (Covid-19) Kabupaten Solok bertambah satu orang di hari Raya Idul Fitri 1441 H. Pasien positif kedelapan asal Kabupaten Solok tersebut, diidentifikasi berinisial YH (44), Warga Jorong Simpang Sawah Baliak, Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung. YH merupakan pasien klaster kampaser (tukang kampas) Kota Solok, BAH (25), yang sebelumnya menjadi pasien positif pertama asal Kota Solok. YH sebelumnya diambil sampel swab di RSUD Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya.

Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam, menyatakan, kronologis positifnya pasien kedelapan ini, berawal dari Surat Pemberitahuan dari Dirut RSUD Sungai Dareh, Dharmasraya, yang menyatakan 4 warga asal Kabupaten Solok diambil sampel swab. Mereka, berasal dari hasil tracking pasien BAH (25) asal Kota Solok, yang memiliki kontak erat. Yakni sama-sama kampaser (tukang kampas).

"Tanggal 20 Mei lalu, kita terima pemberitahuan dari RSUD Sungai Dareh Dharmasraya, yang menyebutkan ada 4 warga kita yang telah diambil swab. Pada Minggu (24/5/2020), didapat hasil satu orang positif. Sekira pukul 08.30 tadi, kita langsung melakukan tracking kontak pasien di Kotobaru. Pasien tersebut dijemput ke rumah dan kemudian dibawa ke lokasi karantina di BPSDM Sumbar," ungkapnya.

Syofiar Syam juga menjelaskan, tambahan satu orang positif ini, membuat Kabupaten Solok telah mencatatkan 8 warga positif Covid-19. Rinciannya, 5 warga asal Surian, Kecamatan Pantai Cermin, 1 pasien asal Bukit Kandung, Kecamatan X Koto Diateh, dan 2 pasien asal Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung. Meski menambah satu pasien positif, Syofiar Syam juga menjelaskan bahwa satu pasien asal Bukit Kandung, Kecamatan X Koto Diateh, berinisial EH (59), dinyatakan sembuh.

"Pasien asal Bukit Kandung sudah sembuh dengan dua hasil swab dinyatakan negatif. Dengan demikian, kondisi Kabupaten Solok saat ini adalah 8 positif, 2 meninggal, 4 sembuh, dan 2 orang dirawat. Satu orang dirawat di Semen Padang Hospital, asal Surian, dan satu orang terbaru ini dirawat di BPSDM Sumbar," ungkapnya.

Kabag Humas Pemkab Solok tersebut juga menjelaskan tiga pasien yang dites swab ulang dari klaster pasien BS (69) asal Jorong Bawah Duku, Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung, hasilnya juga sudah keluar dan hasilnya negatif. Begitu juga dengan hasil swab dari klaster RSUD Arosuka, sebanyak 31 sampel, hasil seluruh sampel juga negatif.

"Untuk kondisi saat ini, seluruh hasil pengambilan sampel telah keluar. Jadi, hingga saat ini tidak ada menunggu hasil. Kecuali, tracking terhadap keluarga dan kontak erat dengan pasien nomor 8 yang hasilnya keluar tanggal 24 Mei tadi," ungkapnya.

Sebelumnya, sebanyak 3 orang warga Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 sudah dinyatakan sembuh. Ketiganya diperbolehkan pulang setelah menjalani karantina di BPSDM Provinsi Sumbar Padang Besi Kota Padang. Ketiga pasien tersebut Adalah MRZ perempuan (35), M Laki-laki (41) dan RM laki-laki (3) merupakan Anak, Menantu dan Cucu dari pasien SF (77) pasien positif pertama di Kabupaten Solok yang meninggal pada Selasa (21/04/2020) di RSUP M Djamil Padang. (PN-008)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment