Reaileanu Taklukkan Dharmasraya-Sawahlunto - PATRONNEWS

Tuesday, November 5, 2019

Reaileanu Taklukkan Dharmasraya-Sawahlunto

Reaileanu Taklukkan Dharmasraya-Sawahlunto

SAWAHLUNTO - Pebalap Christian Reaileanu dari Team Sapura Cycling menjadi yang tercepat pada etape IV Tour de Singkarak (TdS) 2019 dari Dharmasraya ke Sawahlunto, Selasa dengan catatan waktu 4 jam 55 menit 27 detik. Reaileanu unggul 3 detik dari pesaing terdekat dari tim yang sama serta pemegang yellow jersey, Jesse Ewart yang mencatatkan waktu 4 jam 55 menit 30 detik. Pebalap Indonesia, Jamalidin Novardianto dari tim PGN Road Cycling Team, menjadi pebalap tercepat ketiga dengan catatan waktu 4 jam 55 menit 34 detik.

Hasil Etape TdS dari Dharmasraya ke Sawahlunto ini, membuat Reaileanu memangkas waktu pada klasemen umum perorangan. Reaileanu kini berjarak 1 menit 02 detik dari pemuncak klasemen (yellow jersey) yang juga rekan setimnya, Jesse Ewart.

Sementara itu, Jesse Ewart yang finish di posisi kedua, tetap masih bisa mempertahankan yellow jersey seperti yang ditargetkannya. Usai finish etape III di Padang Panjang, ia menyebut tidak akan terlalu memaksakan diri karena masih banyak etape yang tersisa. Fokusnya bukan jadi yang tercepat, tetapi mempertahankan yellow jersey.

Etape Uji Ketahanan

Seperti diprediksi sebelumnya, Etape IV Tour de Singkarak 2019 start dari Dharmasraya ke Sawahlunto benar-benar menguji ketahanan pebalap karena jalur itu menjadi salah satu yang terpanjang tahun ini, yaitu 205,3 kilometer.

Pebalap harus menguras tenaga hingga lima jam lebih untuk menyudahi etape tersebut.

Etape IV, karakteristik medan lintasan sangat berbeda jika dibandingkan dengan lintasan pada etape ketiga yang memiliki karakter jalur yang ekstrem. Lintasan etape ini merupakan lintasan monoton bagi pebalap kecuali menjelang finish di Sawahlunto.

Etape IV yang memiliki panjang lintasan 205.3 kilometer ini, hanya memiliki dua titik tanjakan atau King Of Mountain (KOM) yakni berada di Kota Baru dan Kiliran Jao. Sementara untuk Sprint terdapat Tiga titik masing-masing berada di Koto Baru, Dharmasraya dan Tanjung Gadang.

Lebih banyaknya titik Sprint ketimbang King Of Mountain pada etape ini, tak lain disebabkan karena rute ini memiliki karakteristik medan yang didominasi lintasan yang lurus. Kondisi cuaca yang cukup panas, juga dipastikan bakal menguras energi para pebalap.

Seluruh pembalap yang start dari kantor Bupati Dharmasraya pukul 10.00 WIB akan melintas beberapa kawasan seperti Simpang Sikabau, Koto Baru, Polres Dharmasraya, Kiliran Jao, Sijunjung, dan MAN 1 Sijunjung, sebelum kemudian finish di Lapangan Segitiga, Kota Sawahlunto. (*/PN-001)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved