Alex Noerdin Dukung Penuh Iriadi Dt Tumanggung Jadi Bupati Solok 2020 - PATRONNEWS

Tuesday, November 12, 2019

Alex Noerdin Dukung Penuh Iriadi Dt Tumanggung Jadi Bupati Solok 2020

Alex Noerdin Dukung Penuh Iriadi Dt Tumanggung Jadi Bupati Solok 2020


Gubernur Sumatera Selatan Dua Periode, Alex Noerdin, Dukung Penuh Iriadi Dt Tumanggung di Kontestasi Pilkada Kabupaten Solok 2020

SOLOK - Menanjaknya popularitas Iriadi Dt Tumanggung, sebagai salah satu kandidat Bupati Solok tahun 2020 mendatang, membuat masyarakat Kabupaten Solok ingin mengenal dirinya lebih dalam. Sebagai sosok yang lama berkiprah di luar Kabupaten Solok dan Sumatera Barat, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan, kiprah Iriadi senantiasa menjadi bahan pertanyaan bagi masyarakat di Kabupaten Solok.

Salah satu cara efektif mengenal dan menilai kapasitas seseorang, adalah dengan mencari tahu ke orang-orang terdekatnya. Sebagai birokrat senior dan mengabdikan diri selama 35 tahun di Pemprov Sumsel, ternyata Iriadi memegang jabatan penting dan strategis. Seperti Kacabdin Pertanian Pasang Surut Kabupaten Musi Banyuasin, Kabag Pemerintahan Kantor Pembantu Gubernur Wilayah Musi Banyuasin, Sekretaris KPU Kabupaten Musi Banyuasin selama 11 tahun, Kepala Samsat Kota Palembang dan saat ini masih menjabat sebagai Koordinator Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan.



Mantan Gubernur Sumsel dua periode, Alex Noerdin, mengaku dirinya sangat mengapresiasi kemampuan Iriadi dalam menjalankan tugasnya sebagai ASN. Alex Noerdin melihat sosok Iriadi sebagai figur yang memiliki kemampuan manajerial tinggi dan selalu dapat melaksanakan tugas dengan tuntas dan baik.

"Sejak saya menjabat Bupati Musi Banyuasin sudah cukup mengenal sosok Iriadi ini. Penilaian saya, beliau (Iriadi –red) sangat berpengalaman dan mumpuni. Malah saat menjabat Gubernur, Iriadi menjadi Kepala UPTD Samsat yang berhasil gemilang dengan memaksimalkan target pemasukan pajak sebesar Rp 100 miliar perbulan. Ini tentunya sebuah prestasi tersendiri," tutur Alex Noerdin.



Ditambahkan Alex Noerdin yang pada tahun 2005 telah diberi gelar Dipertuan Datuk Sri Baginda dari Yang Dipertuan Agung Raja Alam Pagaruyung ini, dirinya mengapresiasi positif pencalonan Iriadi sebagai Bupati Solok mendatang.

"Saya sangat memahami karakter masyarakat Minang yang tidak sembarangan dalam memiliki pemimpin. Tentu dengan terlebih dulu melihat track record para kandidat yang ada. Nah, Iriadi ini merupakan sosok yang berpengalaman dalam birokrasi dan memiliki pergaulan luas baik di lembaga legislatif maupun eksekutif. Saya rasa cocok untuk kebutuhan Kabupaten Solok sekarang ini," ujar Alex Noerdin yang juga Ketua Partai Golkar Sumsel ini.

Dukungan dari Alex Noerdin ini, bagi Iriadi, menjadi spirit baginya untuk meraih kemenangan dalam Pilbup tahun 2020 mendatang.



"Saya belajar banyak dari kepemimpinan Pak Alex Noerdin baik sebagai Bupati Musi Banyuasin terutama saat beliau menjabat Gubernur Sumsel 2 periode," ujarnya.

Menurut Iriadi, salah satu keberhasilan Alex Noerdin mampu menarik investor dan dana dari Pusat untuk membangun Sumsel.

"Kalau hanya mengandalkan APBD Sumsel, tentu tidak seperti yang dapat kita lihat sekarang ini hasilnya. Contoh nyata, Sumsel atau Palembang pertama kali di Indonesia yang memiliki LRT. Bayangkan berapa triliun dana yang digelontorkan untuk membangunnya? Dipastikan jika menggunakan dana APBD tentu tak akan mampu," tukuk Iriadi.



Iriadi yang memiliki kuda pacu bernama Dewi Gunung Talang dan pernah menjuarai lomba pacuan kuda di Bukit Tinggi ini, dirinya akan mengadopsi kemampuan kepemimpinan Alex Noerdin yang mampu membawa nama Sumatera Selatan dalam kancah internasional.

"Solok ini sangat banyak potensinya. Di samping mengoptimalkan produksi bareh solok (beras unggulan dari Solok), saya juga akan mengembangkan kawasan danau Singkarak sebagai kawasan wisata nasional yang dilengkapi resort dan hotel berbintang. Jika kawasan ini maju dan mampu menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara tentunya perekonomian masyarakat akan semakin meningkat," kata Iriadi.

Di samping itu, Iriadi juga melirik potensi besar produksi sayuran di lahan sejuk yang berlokasi di Alahan Panjang, kampung kelahiran mantan Bupati Solok mantan Gubernur Sumbar dan mantan Mendagri Gamawan Fauzi.



Sekilas Iriadi Dt Tumanggung

Nama Iriadi Dt Tumanggung, tidak muncul secara tiba-tiba di bursa Pilkada Kabupaten Solok 2020. Jauh hari, nama Iriadi sudah menjadi pembicaraan, khususnya di Nagari Selayo, Kecamatan Kubung. Kiprahnya sebagai birokrat senior dan disegani di Pemprov Sumsel, ternyata juga berdengung hingga ke Kabupaten Solok. Layaknya warga Minangkabau yang suka merantau, keinginan pulang kampung dan berbakti di tanah kelahiran, membuat Iriadi menegaskan niat menjadi bakal calon Bupati Solok.

Iriadi Dt Tumanggung lahir di Selayo pada 11 November 1962. Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Palembang ini, hingga kini, dipercaya Gubernur Sumsel Herman Deru sebagai Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel. Kedekatannya dengan Gubernur Sumsel sebelumnya, Alex Nurdin, membuat Iriadi Dt Manggung dipercaya memimpin jabatan-jabatan strategis di Pemprov Sumsel.



Menjadi kandidat unggulan di bursa Pilkada Kabupaten Solok 2020, Iriadi dikesankan sebagai sosok pekerja keras yang sukses dalam "kompetisi hidup" di tanah rantau. Pengalamannya Iriadi Dt Tumanggung di Sumsel, membuatnya dianggap sebagai figur yang mampu dan layak mengganti Bupati Solok saat ini, Gusmal Dt Rajo Lelo. Sosok Iriadi yang selama ini banyak mengabdikan diri di Sumsel dinilai sebagai pekerja keras yang memiliki komitmen terhadap tugas yang diembannya. Apalagi dalam berbagai jabatan terakhir Iriadi banyak berkecimpung dalam tugas ke-Pemilu-an yang menuntut integritas tinggi.

Dengan luas wilayah 3.738 km2, Kabupaten Solok memiliki banyak Sumber Daya Alam unggulan terutama pertanian dan pariwisata. Menurut Iriadi, Bupati mendatang haruslah sosok pekerja keras yang mampu mengoptimalkan potensi yang ada.
"Saya menegaskan diri bakal maju di bursa Pilkada Kabupaten Solok tahun 2020 mendatang," ujarnya, Selasa (6/8).



Pilkada Kabupaten Solok dijadwalkan pelaksanaannya berbarengan dengan 170 wilayah lain se-Indonesia pada September 2020 mendatang. Dalam berbagai polling yang digelar media online, nama Iriadi selalu mengungguli para kandidat lainnya. Dikonfirmasi wartawan saat itu, Iriadi mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Solok.

"Mudah-mudahan dukungan ini akan membawa kemenangan riil dalam Pilkada tahun depan. Insyaallah, beberapa partai juga telah berkomitmen akan mengusung saya sebagai calon Bupati Solok mendatang," ujarnya optimistis.

Ibarat kata pepatah, kalau ingin mengetahui sosok seseorang, tanyakan ke teman dan orang dekatnya, sejumlah sejawat Iriadi memberikan sejumlah testimoni terhadap kepribadian Iriadi. Mantan Ketua KPU Sumsel, Maramis, SH, M.Hum, menyebutkan Iriadi sebagai sosok yang sangat berintegritas.

"Saya mengenal beliau (Iriadi, red) sudah cukup lama. Kami sama-sama menyelenggarakan Pemilu tahun 2004 lalu dengan penuh dinamikanya. Saya mengenalnya sebagai pekerja keras yang tak kenal lelah. Di samping itu sosok Iriadi juga selalu tertib administrasi dalam setiap pelaporan hasil kerjanya," ujar Maramis, Selasa (6/8) pagi.



Ditambahkan Maramis yang juga mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang ini, dalam beberapa kesempatan dirinya sering bepergian bersama melaksanakan tugas. Iriadi sangat peduli sesama teman, terkadang dirinya merasa tak nyaman saat ada teman dalam masalah.

"Hal ini sangat sering saya saksikan langsung dalam berbagai momen bersama Iriadi," ujarnya.

Direktur Lintas Politika Indonesia, Kemas Khoirul Mukhlis, juga memberikan kesan positif ke Iriadi. Pria yang akrab disapa Mukhlis ini, mengungkapkan Iriadi memiliki visi besar dalam membangun Kabupaten Solok.

"Beliau menginginkan kesejahteraan masyarakat sana lebih meningkat, apalagi Solok merupakan sentra industri beras utama di Sumbar. Belum lagi potensi pertanian lain seperti sayur dan bawang yang tumbuh subur di sana. Beliau ingin Solok menjadi Kabupaten yang diperhitungkan dalam kancah nasional, bahkan Internasional," tutur Mukhlis.



Dari sejumlah diskusi bersama Iriadi, Mukhlis mengungkapkan Iriadi ingin berbakti ke tanah kelahirannya dan membangun kampung halamannya. Mukhlis menyebut, Iriadi seringkali mengedepankan konsep mengangkat potensi pariwisata dan pertanian Kabupaten Solok.

"Memahami konsep dan niat besar beliau, saya yakin Kabupaten Solok akan semakin maju. Apalagi Iriadi memiliki relationship dan pergaulan luas di legislatif maupun eksekutif nasional. Ini penting, karena pasti akan mampu memberikan dampak positif bagi pemerintahan Solok mendatang," ungkapnya, Jumat (9/8). (rijal islamy)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved