News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Saat Moeldoko Disuguhi Ikan Larangan di Dharmasraya, Sumbar

Saat Moeldoko Disuguhi Ikan Larangan di Dharmasraya, Sumbar

Di Lubuk Larangan, Moeldoko Disuguhi Ikan Bakar
Moeldoko: Saya Teringat Masa Kecil

Kepala Staf Kepresidenan (LSP) Moeldoko sesekali menyeka keringat di wajahnya. Sambel lado matah plus ikan bakar bumbu asam benar benar membangkitkan selera mantan Panglima TNI tersebut. Moeldoko benar benar menikmati hidangan ikan segar plus bumbu tadisional yang disajikan warga Kampung Surau, Nagari Lubuk Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaen Dharmasraya.

DHARMASRAYA - Moeldoko didampingi Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Wabup H. Amrizal Dt Rajo Medan, Sekda H. Adlisman, pimpinan Forkopimda, tokoh tokoh masyarakat Kampung Surau, bundo kanduang dan ratusan masyarakat setempat, Moeldoko menceritakan bagaimana dirinya di masa kecil mandi di sungai yang sedang banjir. Setelah mandi memcari ikan dan kemudan dimakan bersama sama.

"Saya jadi teringat masa kecil," begitu katanya sebelum acara makan bajamba dimulai.

Menurut Moeldoko, dirinya punya pengalaman baru setelah menyaksikan panen lubuk larangan.

"Saya baru tahu, soal lubuk larangan. Menurut saya ini adalah kearifan lokal (local wisdom). Nanti setelah sampai di Jakarta, saya akan bicara dengan pers, bahwa di Kabupaten Dharmasraya ada local wisdom yang tidak ada di tempat lain," kata Moeldoko.

Moeldoko menilai, pola lubuk larangan ini bisa digunakan untuk mengelola suatu perairan umum. Dengan melibatkan masyarakat, disepakati dan adanya saling menghargai supaya suatu perairan bisa lestari dan bisa menghasillan ikan yang banyak.

"Hasil ikan yang banyak ini pada saatnya bisa dinikmati oleh masyarakat luas," kata Moeldoko.

Menurutnya, makan ikan sangat baik bagi manusia, karena ikan mengandung nilai gizi tinggi dan bisa menambah kecerdasan.

"Yang pasti, makan ikan bisa menghindarkan stunting. Stunting adalah perlambatan pertumbuhan. Agi manusia. Makan ikan bisa menghindarkan stunting. Jadi makanlah ikan banyak banyak, supaya tidak stunting. Saya sangat memperhatikan masalah ini, karena stuning ini menjadi salah satu tugas saya," kata Moeldoko.

Sementara Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, acara panen lubuk larangan merupakan rangkaan kegiatan Festival Pamalayu. Pola lubuk larangan merupakan istilah satu cara Pemkab Dharmasraya untuk mewujudkan lingkungan perairan umum yang lestari. Melalui penerapan lubuk larangan, maka perairan umum di Kabupaten Dharmasraya bisa dilestarikan. (*/PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment