Baliho Beredar Luas di Sumbar, Irjen Fakhrizal Bantah Tudingan Andre Rosiade - PATRONNEWS

Monday, October 28, 2019

Baliho Beredar Luas di Sumbar, Irjen Fakhrizal Bantah Tudingan Andre Rosiade

Baliho Beredar Luas di Sumbar, Irjen Fakhrizal Bantah Tudingan Andre Rosiade

PADANG - Kapolda Sumbar, Irjen Fakhrizal, menyanggah tudingan Politisi Partai Gerindra Andre Rosiade yang menyatakan dirinya menggunakan fasilitas jabatan untuk maju di pemilihan gubernur (Pilgub) Sumbar 2020 mendatang. Fakhrizal menyatakan pemasangan baliho foto dirinya yang tersebar di beberapa titik dilakukan relawan yang simpati dengan dirinya.

"Itu hanya yang simpati dengan saya memasang baliho tersebut," katanya kepada covesia.com, Senin (28/10/2019).

Fakhrizal juga mengatakan, tidak ada kesengajaan dalam konteks pemasangan baliho dari pihaknya. Bahkan, dia juga membantah jika dituding mengondisikannya hingga foto-fotonya terpajang dalam berbagai spanduk dan baliho.

"Saya tidak ada mengkondisikan," ujarnya.



Terkait fotonya yang tersebar di berbagai wilayah kepolisian sektor (Polsek) disebut Fakhrizal merupakan inisiatif Kapolsek yang isinya masih terkait imbauan ketertiban di masyarakat, bukan unsur politik.

"Kemudian foto yang di Polsek-Polsek itu, dipasang oleh para Kapolsek, juga isinya imbauan Kamtibmas. Tidak ada unsur politiknya," katanya.

Sebelumnya, Forum Sumbar Bersatu (FSB) yang terdiri atas ulama dan tokoh di daerah itu mendukung langkah Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal maju sebagai calon Gubernur Sumatera Barat dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020.

Ketua Forum Sumbar Bersatu (FSB) Mahyusil Rahmat menyatakan salah satu bentuk dukungan yang dilakukan adalah membuat baliho atau papan reklame Irjen Pol Fakhrizal di seluruh kota dan kabupaten di Sumbar.

Ia mengatakan dukungan berupa baliho itu murni dari swadaya ulama dan tokoh masyarakat yang tersebar di 18 kabupaten dan kota di Sumbar.

Dia menegaskan dalam pembuatan baliho Irjen Pol Fakhrizal tidak dibiayai oleh Polda Sumbar atau sponsor lainnya namun murni dari swadaya yang dihimpun dari ulama dan tokoh masyarakat.

"Kami berharap Fakhrizal bisa maju sebagai calon gubernur," katanya.



Sebelumnya, Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade, meminta Komisi III DPR melakukan tugas pengawasan terhadap dugaan penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal. Menurut Andre, Fakhrizal telah menggunakan fasilitas jabatan untuk maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sumbar tahun 2020.

Permintaan itu akan disampaikan anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI Andre Rosiade, seperti dikutip dari akun Twitter @andre_rosiade, Senin (28/10).

"Sebagai anggota DPR RI dapil Sumbar I, saya akan meminta Komisi III DPR RI unyuk melakukan tugas pengawasan terhadap dugaan penyalahgunaan kekuasaan Kapolda Sumbar. Yang patut diduga melakukan indikasi kampanye terselubung untuk maju Pilgub Sumbar," ujar Andre dengan memention ke akun @mohmahfudmd.

Andre juga sebelumnya memention akun @jokowi dan @DivHumas_Polri terkait dugaan kampanye terselubung yang dilakukan Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal.

"Kalau Pak Kapolda Sumbar ini mau jadi Gubernur, silahkan. Tapi patut diduga ada indikasi yang bersangkutan mempergunakan fasilitas jabatan. Silakan cek di polsek-polsek, juga dipajang foto yang bersangkutan," kata Andre yang menyertakan baliho Irjen Fakhrizal. (*/PN-001)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved