News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPRD Kota Solok 2019-2024 Langsung Dihadapkan Tugas Berat

DPRD Kota Solok 2019-2024 Langsung Dihadapkan Tugas Berat



Anggota DPRD Kota Solok 2019-2024 Dilantik
* Anggota DPRD Baru Langsung Dihadapkan Tugas Berat

SOLOK - Ketua Pengadilan Negeri Kota Solok, Donny Dortmund, melantik 20 Anggota DPRD Kota Solok periode 2019-2024, di Gedung Kubung Tigobaleh, Kota Solok, Rabu (7/8). Prosesi pelantikan, dihadiri Walikota Solok Zul Elfian, Wakil Walikota Reinier, Anggota DPD RI Nofi Candra, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Ketua KPU Kota Solok Asraf Daniel, Ketua Bawaslu Triati, serta undangan lainnya.

Walikota Solok Zul Elfian mewakili Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, mengucapkan selamat kepada 20 anggota dewan yang terpilih. Zul Elfian berpesan dewan terpilih dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya dengan mengedepankan kepentingan rakyat.

"Sebagaimana tugas anggota DPRD sebagai Legislasi, Penganggaran dan Pengawasan. Semoga dapat mewakili suara rakyat dan memperjuangkan aspirasinya," kata Zul Elfian.

Ketua Sementara DPRD Kota Solok, Yutris Can, didampingi Wakil Ketua Sementara, Efriyon Coneng, menyebutkan usai dilantik, seluruh Anggota DPRD Kota Solok 2019-2024, akan langsung bekerja. Menurut Yutris Can, DPRD Kota Solok saat ini sedang menyiapkan APBD Perubahan tahun 2019 dan APBD tahun 2020.

"Anggota dewan yang baru langsung dihadapkan tugas berat dalam waktu dekat ini. Yakni APBD Kota Solok. APBD Perubahan sudah ketok palu. Tinggal verifikasi dari Gubernur dan perbaikan oleh Banggar (Badan Anggaran). Kita berharap, anggota dewan yang baru langsung bisa menyesuaikan diri," ujarnya.

Terkait alat kelengkapan dewan, Yutris Can menyatakan akan langsung dibicarakan bersama anggota dewan baru. Menurutnya, alat kelengkapan dewan, bisa dibentuk dalam waktu dekat. Yutris memperkirakan maksimal dalam waktu satu bulan, alat kelengkapan dewan sudah dibentuk.

"Koordinasi terus kita lakukan dengan anggota dewan yang baru. Kita optimistis, dengan komposisi saat ini, AKD bisa dibentuk dengan cepat," ungkapnya.


Didominasi Wajah Baru

Komposisi anggota DPRD Kota Solok periode 2019-2024, diyakini akan membawa pembaharuan di Kota Solok. Di daerah pemilihan (Dapil) Lubuk Sikarah, hanya lima politisi incumbent (petahana) yang mampu bertahan dari 11 kursi yang tersedia. Mereka adalah Yutris Can dan Ramadhani Kirana Putra dari Partai Golkar, Deni Nofri dari Partai Demokrat, Rusnaldi dari Hanura dan Yoserizal dari Partai NasDem. Lima wajah baru dari Dapil Lubuk Sikarah adalah Rusdi Saleh dari PAN, Leo Murphy dari PDIP, Harizal dari Partai Gerindra, Wazadli dari PBB, Taufiq Nizam dari PKS dan Andi Eka Putra dari PPP.

Sementara itu, dari Dapil Tanjung Harapan, hanya 4 petahana yang mampu mempertahankan eksistensinya dari alokasi 9 kursi. Yakni Nasril In Dt Malintang Sutan dari Partai Golkar, Bayu Kharisma dari Partai Demokrat, Amrinof Dias Dt Ula Gadang dari NasDem dan Hendra Saputra dari PBB. Lima wajah baru lainnya adalah Ade Surya Dharma dari Hanura, Rika Hanom dari Gerindra, Efriyon Coneng dari PAN, Ade Merta dari PKS dan Irwan Sari'in dari PKPI.

Hasil ini, membuat komposisi di DPRD Kota Solok cukup beragam. Partai-partai besar mengalami penurunan jumlah anggota DPRD. Sementara partai-partai lainnya mampu menarik simpati masyarakat Kota Solok. Raihan Partai Golkar di Pemilu 2019 berkurang satu kursi dibanding 2014. Yakni dari 4 kursi (3 di Lubuk Sikarah dan 1 dari Tanjung Harapan) menjadi tiga kursi (2 di Lubuk Sikarah). Hal yang sama juga terjadi Partai Demokrat dan PAN. Masing-masing dari 3 kursi menjadi dua kursi. Partai Demokrat mengalami penurunan jumlah kursi di Dapil Tanjung Harapan, sementara PAN menurun di Dapil Lubuk Sikarah.

Peningkatan jumlah kursi didapat Hanura, PKS dan PBB. Yakni dari 1 kursi di 2014 menjadi dua kursi di 2019. Sementara itu, Partai NasDem dan Gerindra tetap dua kursi. Satu partai pendatang baru adalah PDIP yang menempatkan satu wakil di 2019 ini. (rijal islamy) 



Anggota DPRD Kota Solok 2019-2024

Dapil 1 Lubuk Sikarah
1. Yutris Can (Golkar)
2. Ramadhani Kirana Putra (Golkar)
3. Rusdi Saleh (PAN)
4. Deni Nofri (Demokrat)
5. Rusnaldi (Hanura)
6. Leo Murphy (PDIP)
7. Harizal (Gerindra)
8. Wazadli (PBB)
9. Yoserizal (Nasdem)
10. Andi Eka Putra (PPP)
11. Taufiq Nizam (PKS)

Dapil 2 Tanjung Harapan
1. Nasril in Dt Malintang (Golkar)
2. Ade Surya Dharma (Hanura)
3. Rika Hanom (Gerindra)
4. Efriyon Coneng (PAN)
5. Bayu Kharisma (Demokrat)
6. Ade Merta (PKS)
7. Irwan Sari'in (PKPI)
8. Amrinof Dias (Nasdem)
9. Hendra Saputra (PBB).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment