Anggota DPRD Kota Solok 2019-2024 Dilantik - PATRONNEWS

Tuesday, August 6, 2019

Anggota DPRD Kota Solok 2019-2024 Dilantik

Anggota DPRD Kota Solok 2019-2024 Dilantik



SOLOK - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok mengagendakan pelantikan anggota baru periode 2019-2024 di Gedung Kubung Tigobaleh, Rabu (7/8).

Ketua DPRD kota Solok, Yutris Can, menyatakan dalam rapat Badan Musyawarah, telah ditetapkan ketua Sementara Yutris Can dari partai Golkar sebagai pemenang pemilu dan wakil pimpinan sementara, Efriyon Coneng dari partai PAN.

"Sidang paripurna istimewa dengan agenda pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD kota Solok 2019-2024 bakal dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno," ujarnya.

Selanjutnya, pimpinan sementara akan bekerja sampai pembentukan alat kelengkapan dewan DPRD kota Solok. Proses pembentukan paling lama satu bulan usai ditetapkannya pimpinan sementara.

"Pimpinan sementara bekerja sampai terbentuknya alat kelengkapan dewan," sebutnya.

Anggota DPRD terpilih telah melakukan gladi resik persiapan prosesi pelantikan di Gedung Kubuang Tigo Baleh.

Didominasi Wajah Baru

Hasil penetapan calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kota Solok periode 2019-2024, diyakini akan membawa pembaharuan di Kota Solok. Di daerah pemilihan (Dapil) Lubuk Sikarah, hanya lima politisi incumbent (petahana) yang mampu bertahan dari 11 kursi yang tersedia. Mereka adalah Yutris Can dan Ramadhani Kirana Putra dari Partai Golkar, Deni Nofri dari Partai Demokrat, Rusnaldi dari Hanura dan Yoserizal dari Partai NasDem. Lima wajah baru dari Dapil Lubuk Sikarah adalah Rusdi Saleh dari PAN, Leo Murphy dari PDIP, Harizal dari Partai Gerindra, Wazadli dari PBB, Taufiq Nizam dari PKS dan Andi Eka Putra dari PPP.

Sementara itu, dari Dapil Tanjung Harapan, hanya 4 petahana yang mampu mempertahankan eksistensinya dari alokasi 9 kursi. Yakni Nasril In Dt Malintang Sutan dari Partai Golkar, Bayu Kharisma dari Partai Demokrat, Amrinof Dias Dt Ula Gadang dari NasDem dan Hendra Saputra dari PBB. Lima wajah baru lainnya adalah Ade Surya Dharma dari Hanura, Rika Hanom dari Gerindra, Efriyon Coneng dari PAN, Ade Merta dari PKS dan Irwan Sari'in dari PKPI.

Hasil ini, membuat komposisi di DPRD Kota Solok cukup beragam. Partai-partai besar mengalami penurunan jumlah anggota DPRD. Sementara partai-partai lainnya mampu menarik simpati masyarakat Kota Solok. Raihan Partai Golkar di Pemilu 2019 berkurang satu kursi dibanding 2014. Yakni dari 4 kursi (3 di Lubuk Sikarah dan 1 dari Tanjung Harapan) menjadi tiga kursi (2 di Lubuk Sikarah). Hal yang sama juga terjadi Partai Demokrat dan PAN. Masing-masing dari 3 kursi menjadi dua kursi. Partai Demokrat mengalami penurunan jumlah kursi di Dapil Tanjung Harapan, sementara PAN menurun di Dapil Lubuk Sikarah.

Peningkatan jumlah kursi didapat Hanura, PKS dan PBB. Yakni dari 1 kursi di 2014 menjadi dua kursi di 2019. Sementara itu, Partai NasDem dan Gerindra tetap dua kursi. Satu partai pendatang baru adalah PDIP yang menempatkan satu wakil di 2019 ini. (rijal islamy) 

Anggota DPRD Kota Solok 2019-2024

Dapil 1 Lubuk Sikarah
1. Yutris Can (Golkar)
2. Ramadhani Kirana Putra (Golkar)
3. Rusdi Saleh (PAN)
4. Deni Nofri (Demokrat)
5. Rusnaldi (Hanura)
6. Leo Murphy (PDIP)
7. Harizal (Gerindra)
8. Wazadli (PBB)
9. Yoserizal (Nasdem)
10. Andi Eka Putra (PPP)
11. Taufiq Nizam (PKS)

Dapil 2 Tanjung Harapan
1. Nasril in Dt Malintang (Golkar)
2. Ade Surya Dharma (Hanura)
3. Rika Hanom (Gerindra)
4. Efriyon Coneng (PAN)
5. Bayu Kharisma (Demokrat)
6. Ade Merta (PKS)
7. Irwan Sari'in (PKPI)
8. Amrinof Dias (Nasdem)
9. Hendra Saputra (PBB).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved