Normalisasi Batang Lembang, Wako Solok Audiensi dengan Dirjen SDA Kemen PUPR - PATRONNEWS

Friday, July 26, 2019

Normalisasi Batang Lembang, Wako Solok Audiensi dengan Dirjen SDA Kemen PUPR

Normalisasi Batang Lembang, Wako Solok Audiensi dengan Dirjen SDA Kemen PUPR

Walikota Solok Berudiensi Dirjen SDA Kemen PUPR
* Normalisasi Batang Lembang Butuh Sentuhan Pusat


JAKARTA - Walikota Solok, Zul Elfian Dt Tianso beraudiensi dengan dengan Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr. Ir. Hari Suprayogi, M.Eng, di Kantor PUPR, Jakarta, Jumat (26/7). Audiensi tersebut membahas proyek normalisasi Sungai Batang Lembang di Kota Solok, tahun 2019 dan rencana kelanjutannya. Dalam audiensi tersebut, juga dibahas usulan Pemko Solok dalam pembuatan embung Batang Binguang tahun 2020.

Sungai Batang Lembang memiliki panjang lebih kurang 10 kilometer dengan lebar ratarata 25 meter yang melintasi Kota Solok. Hampir tiap tahun terjadi banjir karena penampang sungai menyempit. Untuk mengatasinya perlu dilakukan normalisasi dengan pembangunan parapet/laydam kiri kanan sungai dengan menambah penampang sungai lebih kurang 40 meter.

"Tentunya, jika ini terealisasi, sangat diharapkan kepada masyarakat kota solok yang berdomisili di bantaran Batang Lembang diminta agar dapat mendukung kegiatan ini untuk memberikan tanahnya 10 meter dari bibir sungai. Sehingga, normalisasi ini diharapkan bisa mengatasi banjir yang setiap tahun terjadi di Kota Solok," ujarnya.



Sebelumnya, Walikota Solok Zul Elfian, meresmikan ground breaking (peletakan batu pertama) pelaksanaan proyek pengendalian banjir Batang Lembang Kota Solok Tahun Anggaran 2019 di Bantaran Batang Lembang Kota Solok, Jumat (15/3). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kasubdit Sungai Wilayah Barat Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Asdin Jualidy, Ketua Komisi II DPRD Kota Solok Daswippetra Dt Manjinjiang Alam, Forkopimda, serta seluruh Kepala OPD yang berada di lingkup Pemerintah Kota Solok.

Kegiatan ini didasari karena seringnya terjadi banjir disetiap tahun di Kota Solok, hal ini menjadi perhatian penting bagi pemerintah dalam menangggulangi bencana tersebut, Zul Elfian mengakui dengan bertambah gundulnya bukit semakin mudah untuk terjadinya banjir.

"Kami memiliki keyakinan bahwa melalui kunjungan kerja ini Bapak Direktur akan berkenan melihat dan menyerap secara langsung berbagai informasi mengenai permasalah aktual pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Sumatera Barat Khususnya di Kota Solok," harap Zul Elfian.

Di sisi lain, Kasubdit Sungai Wilayah Barat Asdin Jualidy mengapresiasi Pemerintah Kota Solok yang sangat antusias terhadap kegiatan ini. Asdin dalam sambutannya, ungkapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat menanggulangi bencana banjir yang hampir setiap tahun terjadi di Kota Solok. Ia menambahkan bahwa tahun ini hanya dapat membantu sepanjang 1km saja, tetapi setiap tahun kedepannya akan selalu ditambahkan, demi kelangsungan kegiatan ini.

"Walaupun tahun ini cuma bisa membantu sepanjang 1 km, insyaallah tahun-tahun kedepannya akan kami tambahkan," tutup Asdin.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pengoperasian eskavator mini oleh Walikota Solok, Kasubdit Sungai Wilayah Barat, serta unsur Forkopimda. (rijal islamy)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved