Kota Solok Kandidat Kuat Porprov Sumbar 2022 - PATRONNEWS

Friday, July 26, 2019

Kota Solok Kandidat Kuat Porprov Sumbar 2022

Kota Solok Kandidat Kuat Porprov Sumbar 2022

KOTA Solok menjadi kandidat kuat tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar tahun 2022. Hal itu terungkap saat tim verifikasi dari Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Sumbar mengunjungi Kota Solok pada Kamis dan Jumat (26-26/7). Tim verifikasi ini, dipimpin oleh Kabid Organisasi KONI Sumbar Nofrialdi Nofi Sastera, didampingi Musfi Yendra (Sekretaris), Reri L Tanjung (Anggota), Mukhtar Anwar (Anggota) dan Benny Mulya (Anggota). Tim verifikasi ini didampingi Pengurus KONI Sumbar, yakni Waketum II Fazril Ale, Wasekum II Togi Paruhum Tobing, Sareng Suprapto (Kabid Humas) dan Raymon (Anggota Bidang Litbang). Tim verifikasi dan pengurus KONI Sumbar diterima Wakil Walikota Solok Reinier Dt Mangkuto Alam, Asisten II Jefrizal, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dodi Osmond, serta pejabat Pemko Solok lainnya.



Wakil Walikota Solok, Reinier Dt Mangkuto Alam menyebutkan Kota Solok siap menjadi tuan rumah Porprov Sumbar 2022. Menurutnya, masyarakat Kota Solok sudah sangat merindukan alek gadang (iven besar) olahraga terbesar di Sumbar tersebut. Pasalnya, Kota Solok menjadi satu-satunya daerah di Sumbar yang belum pernah menjadi tuan rumah Porprov.

"Sebagai daerah satu-satunya yang belum pernah menjadi tuan rumah Porprov, tentu kita sangat ingin menjadi tuan rumah helatan olahraga terakbar di Ranah Minang ini. Insyaallah kita siap jika ditunjuk menjadi tuan rumah," ujarnya.

Reinier juga menegaskan, Kota Solok saat ini sedang giat-giatnya membangun berbagai fasilitas untuk pengembangan daerah. Termasuk sejumlah mega proyek olahraga yang sedang berjalan. Seperti pembangunan stadion sepakbola berstandar nasional, gelanggang olahraga, serta pembenahan berbagai sarana olahraga lainnya. Fasilitas-fasilitas olahraga tersebut menurut Reinier diperkirakan bisa siap pada tahun 2021, atau setahun jelang Porprov Sumbar 2022.

"Beberapa waktu lalu, Kota Solok menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Sumbar. Dalam pelaksanaannya, kita juga memanfaatkan sejumlah venue olahraga. Seperti Lapangan Merdeka dan Sport Hall Tanjung Paku. Alhamdulillah pelaksanaannya bisa sukses besar. Karena itu, kita sangat optimistis akan ditunjuk sebagai tuan rumah Porprov Sumbar tahun 2022 nanti," ujarnya.



Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Tuan Rumah Porprov Sumbar, Nofrialdi Nofi Sastera, menyebutkan Kota Solok memiliki keseriusan dalam pengajuan diri menjadi tuan rumah Porprov 2022. Sejumlah kelebihan yang dimiliki Kota Solok di antaranya adalah fasilitas atau venue olahraga yang dimiliki sudah memiliki standar dan kondisi yang sangat baik.

"Kami lihat Kota Solok sangat serius," ujarnya.

Meski begitu, Nofrialdi menyebutkan dua kandidat tuan rumah Porprov lain, yakni Kota Pariaman dan tuan rumah bersama, Kota Padang Panjang dan Tanah Datar, tentu juga akan nemperlihatkan keseriusan mereka menjadi tuan rumah. Karena itu, Nofi meminta ketiga calon tuan rumah tersebut untuk menunjukkan keseriusannya.

"Dalam kunjungan verifikasi ke tiga kandidat tuan rumah, ada sejumlah catatan kami. Di antaranya, adalah dukungan elemen-elemen lain terhadap niat menjadi tuan rumah ini. Seperti dukungan dari lembaga DPRD, elemen masyarakat, termasuk media. Sebab, helatan Porprov akan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Bukan hanya pemerintahnya. Dukungan itu harus konkret dan ada bukti fisiknya," ujar wartawan olahraga senior di Sumbar tersebut.



Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can, menyatakan pihaknya bersama seluruh anggota DPRD Kota Solok sangat mendukung jika Kota Solok ditunjuk sebagai tuan rumah Porprov Sumbar 2022. Menurut Yutris Can, dukungan tersebut telah direalisasikan secara nyata, dengan penganggaran sarana olahraga, dukungan pada atlet, pelatih dan offisial dalam APBD Kota Solok setiap tahun. Termasuk penganggaran srjumlah mega proyek sarana olahraga. Seperti Lapangan Merdeka dan Sport Hall Tanjung Paku yang telah siap. Kemudian stadion sepakbola berstandar nasional, lapangan sepakbola, dan sarana olahraga lainnya.

"Sejak Kota Solok berdiri, kita belum sekalipun menjadi tuan rumah Porprov. Mungkin dulu wajar, karena kita tidak memiliki sarana yang memadai. Tapi sekarang, kita menilai dengan adanya sarana yang baik dan berstandar, kita layak menjadi tuan rumah Porprov Sumbar 2022. Karena itu, momentum kali ini benar-benar bisa dimanfaatkan Pemko Solok dan seluruh elemen di Kota Solok ini," ungkapnya.

Penetapan tuan rumah Porprov Sumbar 2022, akan diputuskan dalam Musyawarah Olahraga Luarbiasa (Musyorlub) KONI Sumbar pada bulan Agustus 2019 ini. (rijal islamy) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved