News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tingkatkan Minat Baca, Anggota DPRD Rusnaldi dan Dinas Perpustakaan Kota Solok Serahkan Bantuan Rp25 Juta

Tingkatkan Minat Baca, Anggota DPRD Rusnaldi dan Dinas Perpustakaan Kota Solok Serahkan Bantuan Rp25 Juta

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Tingkatkan minat baca bagi masyarakat jalan syech Zakaria perumahan Griya Sura Indah RT.05/RW.02 Kelurahan Tanah Garam Kecamatan Lubuk Sikarah.Kota Solok,Anggota DPRD Kota Solok, Rusnaldi, SE melalui kegiatan Reses masa sidang I yang dilakasanakan kemaren hari minggu tanggal 21 april 2024 di kelurahan tanah garam menyerahkan bantuan hibah senilai 25 juta rupiah kepada kelompok kampuang Perpustakaan yang didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Wadirman, S.Pd, MM, Minggu (21/4/2024).

Anggota DPRD Kota Solok,Rusnaldi menyebutkan,melalui bantuan yang diserahkan untuk kelompok Kampuang Perpustakaan ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali minat baca dan menciptakan inovasi dan ide yang cemerlang bagi masyarakat terutama anak-anak dan tentunya melalui minat membaca akan terciptanya budaya baca yang menghasilkan "sumber daya manusia unggul"untuk masa depan anak2 kita,” ungkap Rusnaldi. 

Lebih lanjut Rusnaldi juga menyebutkan bahwa bantuan hibah dengan nilai 25 juta rupiah tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab moral sebagai petugas rakyat  melalui pokok2 pikiran dprd lewat usulan dari masyarakat Sawah Rimbo kelurahan tanah garam  terutama masyarakat yang tergabung ke dalam kelompok Kampuang Perpustakaan yang di diusukan pada saat menggelar Reses pada tahun 2023 lalu.melihat usulan dari masyarakat tersebut sangat positif dalam meningkatkan pembangunan pendidikan demi masa depan anak kedepanya , maka kami mengusulkan anggaranya ditahun 2024 melalui pokok pikiran dewan berdasarkan proposal yang di ajukan oleh kelompok Kampuang Perpustakaan ditahun 2023. Alhamdulillah kegiatan ini terealisasi anggarannya tahun 2024 dan sudah diserahkan sebanyak 25jt yang dapat dipergunakan dan menghasilkan berupa Buku sebanyak 71 judul, laptop, printer,⁠ proyektor dan ⁠layar proyektor semoga ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kita

Rusnaldi berharap dengan adanya kelompok Kampuang Perpustakaan di RT.05/RW.02 Sawah Rimbo Kelurahan Tanah Garam sangat memiliki dampak positif dan sangat perlu di dukung penuh dan perhatian khusus oleh Pemerintah Daerah kedepanya sehingga anak remaja kita dapat menikmati aktivitas yang  positif dan terhindar dari permainan game maupun kenakalan remaja yang saat ini sangat memprihatinkan masa depan generasi muda. kami juga berharap dengan berdirinya Kampuang Perpustakaan dapat menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya untuk membangkitkan Kembali minat baca di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Rusnaldi. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Wadirman, S.Pd, MM beseta sekretaris dan jajaranya sangat mengapresiasi kelompok masyarakat yang telah tumbuh dari bawah untuk menggagas berdirinya Kampuang Perpustakaan dan kami selaku Dinas Perpustakaan sangat mendukung kegiatan ini.

Wadirman juga  menyebutkan dengan adanya Kampuang Perpustakaan ini akan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan melalui kemampuan literasi serta meningkatkan kreatifitas masyarakat akan dapat memunculkan ide cemerlang bagi generasi muda kita. literasi memang sangat diperlukan saat sekarang seperti budaya membaca yang saat sekarang sangat lemah di tengah – tengah masyarakat kita dan bahkan pengaruh android sangat memprihatinkan untuk saat ini khususnya generasi muda. 

Ketua kelompok Kampung Perpustakaan,Satma Rahmat, SH mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Kota Solok Rusnaldi.SE yang sangat peduli akan pendidikan di Kota Solok terutama terkait menumbuh kembangkan minat baca bagi generasi muda.

Sementara itu Kampuang Perpustakaan yang beralamat di RT.02/RW.05 perumahan Pincuran Makmur Sawah Rimbo Kelurahan Tanah Garam telah berdiri semenjak tahun 2022 dan sudah mendapatkan rekomendasi dari Lurah Tanah Garam dan hingga saat ini layanan kampuang perpustakaan bisa diakses oleh siapapun sepanjang sesuai dengan mekanisme pelayanan yang telah di buat oleh pengelola kampuang perpustakaan. 

Satma Rahmat juga menyebutkan,Awal muncul ide membuat kampuang perpustakaan dilatar belakangi oleh ancaman negatif dari perkembangan teknologi pada saat ini, salah satunya ketergantungan generasi muda dan masyarakat terhadap pengaruh hp android, sehingga generasi muda telah menyalahgunakan teknologi untuk bermain game sehingga membawa hal - hal yang negatif yang dapat merusak mentalitas dan strata sosial di dalam masyarakat.kalau hal ini kita biarkan dan tidak segera kita carikan solusinya maka akan dapat melahirkan generasi-generasi yang tertinggal dari ilmu pengetahuan.

Semenjak kampuang Perpustakaan berdiri kami telah mengkoleksi sekitar 300 buah judul buku yang diperoleh dari berbagai donator diantaranya Bantuan berupa buku dari PT. Elek Media Kumputindo,Bantuan buku dari gremedia,Bantuan buku dan pelatihan dari dinas perpustakaan kota solok,bantuan rak dan meja dari dinas perpustakaan kota solok. Selain itu kami juga mengikuti berbagai kegiatan berupa Peningkatan kapasitas anggota perpustakaan terkait dengan pengelolaan perpustakaan oleh pusat balai bahasa Sumatra Barat. 

Sementara itu Kampuang Perpustakaan juga telah melakukan beberapa kegiatan seperti Layanan membaca dan meminjam buku pada anak dan masyarakat, Les bahasa inggris, Belajar penulisan kaligrafi, Belajar speaking publik, Pembuatan pupuk organik, legal drafting, Sosialisasi pemungutan dan pemanfaatan pajak di Indonesia, Melakukan kajian lapangan terkait dengan hidup bebas dari DBD. Pembuatan kolam ikan, budidaya ikan, pembuatan dan pemanfaatan kebun kelompok, kegiatan membaca nyaring, kegiatan mewarnai,” ungkap Rahmat. (*/PN-001)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment