News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tim Sakato PT Semen Padang Juarai Kejurda Pencak Silat Bareh Solok 2023

Tim Sakato PT Semen Padang Juarai Kejurda Pencak Silat Bareh Solok 2023

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Tim Pencak Silat Sakato PT Semen Padang keluar tampil sebagai Juara Umum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat Bareh Solok yang berlangsung pada 5-8 Oktober 2023 di GOR Alimin Sinapa, Tanjung Paku, Kota Solok, dengan koleksi 4 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Peringkat kedua diraih Perguruan Tapak Suci Siseven dengan raihan 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Juara ketiga direngkuh Perguruan Perisai Diri PT Semen Padang dengan meraih 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Sementara, tuan rumah Kota Solok, menempat wakilnya di peringkat keempat, yang diraih oleh Sakato Solok dengan meraih 1 emas, 1 perak dan 5 perunggu. 

Kejuaraan Daerah Pencak Silat Bareh Solok tahun 2023 resmi ditutup Walikota Solok yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok Nurzal Gustim, S.STP, M.Si. Hadir dalam prosesi penutupan itu, Wakil Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sumbar H. Daswipetra Dt. Manjinjing Alam, Ketua IPSI Kota Solok Oktavianus Dt. Rajo Alam,SH, Ketua Lembaga Juri Silat Provinsi Sumatera Barat Taufik, S.Pd, Ketua Pelaksana Edwin Putra, SH, MM. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Solok Nurzal Gustim, S.STP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi Pemerintah Kota Solok kepada seluruh perguruan yang telah ikut berpartisipasi dalam Kejurda Pencak Silat Bareh Solok. Nurzal Gustim mengatakan Kejurda kali ini merupakan kali kedua diselenggarakan. Terakhir kali, Kota Solok menggelar iven serupa pada tahun 2019.

"Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Solok mengucapkan apresiasi kepada seluruh perguruan yang ikut meramaikan kejuaraan ini dan telah menyuguhkan pertandingan yang sangat menjunjung sportivitas," ungkap Kadispora. 

Lebih lanjut Nurzal Gustim juga berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak berpuas diri karena telah berhasil pada hari ini, karena tidak ada kata berhenti berlatih dalam olahraga.

"Bisa saja yang tidak berhasil pada hari ini di masa mendatang dapat berhasil dikarenakan tetap berlatih. Oleh karenanya saya berpesan kepada adik-adik semua untuk tetap keras belatih di bawah binaan para guru tentunya. Semoga ke depan akan semakin baik lagi," pesan Kadispora.

Di akhir sambutannya Nurzal Gustim juga menyampaikan permohonan maaf atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Solok kepada seluruh guru dan peserta atas kurangnya sambutan dan pelayanan selama berada di Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah. 

"Kepada panitia saya juga berpesan, mari kita evaluasi setiap detail penyelenggaraan kegiatan sehingga kedepan setiap kegiatan yang dilaksanakan semakin baik," pesan Kadispora yang akrab dipanggil Agus. 

Wakil Ketua IPSI Provinsi Sumatera Barat H. Daswipetra Dt. Manjinjing Alam juga menyampaikan apresiasi atas terselenggarannya Kejurda Pencak Silat Bareh Solok. MJJ berjanji akan ikut membantu tahun 2024 nanti agar kembali terselenggara kejuaraan Silat yang lebih besar hendaknya dari tahun 2023 ini. 

"Oleh karenannya saya berpesan kepada ananda semua untuk senantiasa berlatih dengan keras. Kami titipkan kemajuan silat kepada ananda semua sebagai generasi penerus silat. Insyaallah ke depan kita akan selenggarakan iven serupa yang lebih besar," ungkap H. Daswipetra yang juga Anggota DPRD Sumbar asal Kota Solok. 

Sementara itu, Ketua IPSI Kota Solok Oktavianus Dt Rajo Alam mengaku puas dan sangat antusias dengan digelarnya Kejurda Pencak Silat Bareh Solok tahun 2023 ini. Selain karena sudah vakum selama 4 tahun (terakhir kali Kejurda tahun 2019), iven kali ini menjadi harapan baru bagi dunia Silat di Kota Solok. Menurut Oktavianus yang juga merupakan Lawyer (pengacara) kondang di Kota Solok tersebut, Silat merupakan budaya bangsa dan jati diri anak nagari di Minangkabau. Sehingga, diharapkan Pemko Solok memberikan perhatian utama, di tengah makin masifnya perkembangan cabang olahraga beladiri "impor". 

"Selain olahraga prestasi, Silat merupakan budaya bangsa dan jati diri anak nagari di Minangkabau. Ada tanggung jawab budaya yang harus dilestarikan. Namun, hal itu sangat tergantung pada perhatian dan pengaruh pejabat publik di Kota Solok dan Sumbar. Di Kota Solok sendiri, saat ini ada 24 perguruan Silat yang selalu rutin berlatih. Tentu, latihan yang mereka laksanakan secara rutin itu, mesti dilakukan penyaluran melalui kompetisi, seperti Kejurda ini. Karena itu, kami sangat mengapresiasi Kejurda Pencak Silat Bareh Solok 2023 ini. Mudah-mudahan hal ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun di Kota Solok," ungkapnya. 

Sebelumnya, Walikota Solok yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nova Elfino, membuka secara resmi Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat "Bareh Solok" tingkat Pra Remaja,  dan Dewasa antar perguruan dan sekolah se-Sumbar 2023 di GOR Alimin Sinapa, Tanjung Paku, Kota Solok, Jumat (6/10/2023). Kejurda ini diikuti oleh 102 pesilat dari 34 kontingen dan berlangsung sejak Kamis-Minggu (5-8/10/2023). 

Hadir dalam prosesi pembukaan tersebut, Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sumbar, Supardi, yang diwakili oleh Anggota DPRD Sumbar Daswippetra Dt Manjinjing Alam, Ketua IPSI Kota Solok Oktavianus Dt Rajo Alam, Ketua KONI Kota Solok Rudi Horizon, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok Nurzal Gustim, S.STP, M.Si, Dewan Juri dan peserta. 

Walikota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si Dt Tianso melalui Asisten 1 Nova Elfino mengucapkan selamat datang kepada peserta di Kota Solok. Walikota berharap seluruh peserta bertanding dengan penuh sportivitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Sekaligus menikmati keramah-tamahan masyarakat dan keindahan wisata Kota Solok.

"Pencak Silat Bareh Solok ini bertujuan untuk menguji dan mengasah kemampuan para pesilat dari pembinaan dan latihan yang dilakukan selama ini. Karena itu, mari junjung tinggi sportivitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik," ungkapnya. 

Ketua IPSI Kota Solok Oktavianus Dt Rajo Alam mengucapkan terima kasih kepada Pemko Solok melalui Dispora Kota Solok yang telah memfasilitasi iven Pencak Silat Bareh Solok ini. Mantan Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kota Solok tersebut mengaku sangat antusias dan bersyukur dengan terlaksananya iven ini. Pasalnya, iven Kejurda Pencak Silat di Kota Solok sudah 4 tahun tak digelar. Terakhir kali, Kejurda Pencak Silat digelar pada tahun 2019, sebelum pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah. Kita sangat bersyukur dengan terlaksananya iven ini. Apalagi, saat digawangi Dinas Pemuda Olahraga Kota Solok, iven-iven olahraha dan kepemudaan yang digelar oleh Kota Solok semakin banyak. Bagi Pencak Silat, kita berharap iven kali ini berjalan sukses dan menjadi agenda tahunan," ungkapnya. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok, Nurzal Gustim, S.STP, M.Si, mengaku iven Pencak Silat Bareh Solok 2023 ini, merupakan komitmen Pemko Solok menjadikan Kota Solok sebagai "Kota Iven" di Sumbar dan regional Sumatera. Sebelumnya, selama 2023, Kota Solok telah menjadi tuan rumah dan penyelenggara iven-iven olahraga tingkat Sumbar maupun regional Sumatera dan Indonesia bagian barat. Seperti Bola Basket, Shorinji Kempo, Karate dan cabang-cabang olahraga lainnya. 

"Ini merupakan komitmen Pemko Solok menjadikan Kota Solok sebagai Kota Iven. Insyaallah, kita akan menggandeng dan mengajak seluruh Cabor-Cabor di Kota Solok dan Sumbar, untuk bisa menggelar iven-iven olahraga di Kota Solok. Demikian juga dengan iven-iven kepemudaan," ungkapnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment