News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Toyota Ciptakan Baterai Mobil Listrik yang Mampu Tempuh Jarak 1.200 km

Toyota Ciptakan Baterai Mobil Listrik yang Mampu Tempuh Jarak 1.200 km

JAKARTA, PATRONNEWS.CO.ID - Toyota mengklaim berhasil membuat terobosan baru dalam teknologi mobil listrik. Toyota mengembangkan baterai untuk mobil listrik dengan bobotnya lebih ringan, ukurannya lebih kecil dan mampu menempuh jarak lebih jauh. Baterai itu diklaim lebih efisien dibandingkan dengan baterai liquid yang saat ini banyak digunakan pada mobil listrik di pasaran.

Rencananya baterai mobil listrik Toyota dengan teknologi solid-state itu akan diluncurkan pada 2025 mendatang, demikian dilansir dari The Guardian.

"Baterai liquid dan solid-state yang kami kembangkan akan secara drastis mengubah baterai saat ini yang terlalu besar, berat dan mahal," terang Presiden Toyota bidang riset dan pengembangan, Keiji Kaita, Selasa (7/4/2023).

Ia menambahkan bahwa baterai mobil listrik Toyota akan memiliki ukuran yang separuh lebih kecil, lebih murah dan efisien dari baterai di pasaran saat ini.

Toyota mengatakan pihaknya sudah berhasil menyederhanakan produksi material yang akan digunakan untuk memproduksi baterai solid-state.

Kaita mengeklaim bahwa Toyota sudah mengembangkan cara untuk membuat baterai lebih tahan lama, sehingga bisa digunakan untuk menempuh jarak 1200 km dalam sekali pengisian. Di sisi lain, pengisian baterai hingga penuh hanya akan butuh waktu 10 menit.

Meski demikian, terobosan Toyota itu tampaknya belum akan bisa dinikmati dalam waktu dekat. Kaita mengatakan baterai mobil listrik Toyota itu akan bisa digunakan pada 2027 mendatang.

Di pasaran, Toyota memang terlambat mengembangkan mobil listrik berbasis baterai dibandingkan para pesaing seperti Tesla atau Hyundai. Pada tahun lalu Toyota menarik kembali sekitar 2700 mobil listriknya bZ4X di seluruh dunia karena adanya cacat pada ban.

Meski demikian, sang raksasa asal Jepang itu unggul di sektor mobil hibrida. Toyota memiliki varian hybrid di hampir seluruh jajaran produknya, termasuk yang saat ini dijual di Indonesia. (*/PN-001)

Sumber: suara.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment