News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Semangat Bergoro Wako Hendri Septa

Semangat Bergoro Wako Hendri Septa

Oleh: Wiztian Yoetri (Wartawan Senior)


"Membangun semangat kebersamaan, menjalin silaturahim, saling peduli, menyadari sampah dan lingkungan  adalah tanggung jawab kita bersama."

Itulah di antara poin penting yang disampaikan Walikota Padang Hendri Septa, baik ketika membuka dan menutup kegiatan Manunggal Padang Bergoro, di berbagai tempat di Kota Padang. 

Seperti diketahui bahwa kegiatan Kota Padang Bergotong-Royong, merupakan salah satu program unggulan Walikota. Sebagai upaya Pemko mengajak warga kota membersihkan lingkungan setiap Minggu. Hampir setahun, kegiatan Padang Bergoro, telah membawa perubahan bagi kota Padang.

Sebagaimana dicontohkan walikota Hendri Septa, sewaktu pencanangan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)  di Kecamatan Padang Timur, beberapa pekan lalu; lapangan sepakbola Matador yang biasanya penuh sampah, sekarang sudah kelihatan bersih. 

Padang Bergoro yang melibatkan unsur LPM, kelompok Siaga Bencana, Karang Taruna, ratusan RT dan RW serta warga setempat, juga menumbuhkan semangat partisipasi. Sebagaimana yang terjadi di Kelurahan Korong Gadang, Kelurahan Kuranji, warga suku Tanjung, dengan keikhlasan menghibahkan 700 meter tanahnya untuk pelebaran jalan baru, menghubungkan tiga kelurahan di Kecamatan Kuranji.

Ini jelas buah dari semangat Padang Bergoro yang luarbiasa. "Pihak Pemko menyambut baik partisipasi wargakota," ujar Walikota Hendri ketika menerima hibah tanah dari suku Tanjung.

"Bagaimanapun akses pelebaran jalan baru, perbaikan riol, membuat suasana nyaman wargakota. Kita mendorong hibah-hibah lain dari wargakota demi kebaikan kota," ungkap walikota.

Selain bertujuan mengupayakan terciptanya kebiasaan hidup bersih dengan lingkungan yang tertib dan indah, memperkokoh  silaturahmi sesama warga, bertemu dan saling sapa juga berdampak semangat kegotongroyongan yang humanis. Diharapkan, Padang Bergoro tidak berhenti pada saat pencanangan bulan Bhakti, ataupun pada kegiatan rutinitas, namun menjadi bagian dari budaya wargakota.

Kegiatan Padang Bergoro, selain menumbuhkan partisipatif, membangun silaturahmi sesama warga, juga memberikan efek terhadap kepedulian lingkungan. Misalnya, masih saja terlihat pohon-pohon pelindung disepanjang 'Banda Bakali' yang telah condong ke jalan, jangan tunggu dulu roboh atau memakan korban baru ditebang.

Apalagi bicara soal sampah di Kota Padang, yang 550 ton hingga 600 ton per hari diproduksi oleh 919.145 919.145 warga kota. Apa yang dilakukan oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa merupakan hal yang perlu kita dukung bersama. 

Semangat Padang Bargoro, pada saatnya nanti, mestinya tumbuh dari spirit warga kota, sementara aparatur pemerintah sebagai pengayom yang memberikan ruang bagi warga kota untuk mengikat modal sosial sebagai sebuah kekuatan. **

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment