News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Usai Gempa 7,3 Magnitudo di Mentawai, Dua Gempa Susulan Guncang Pasaman Barat dan Nias Selatan

Usai Gempa 7,3 Magnitudo di Mentawai, Dua Gempa Susulan Guncang Pasaman Barat dan Nias Selatan

PADANG, PATRONNEWS.CO.ID - Dua gempa susulan terjadi usai gempa 7,3 magnitudo di barat laut Kepulauan Mentawai, Selasa (25/4/2023) pukul 03.00.57. Dua gempa susulan itu berpusat di dua titik. Yakni  pada pukul 03.16 WIB dengan magnitudo 4,2, berlokasi 113 km barat daya Pasaman Barat, Sumatera Barat, dengan berkedalaman 10 km. Sementara gempa susulan kedua terjadi pada pukul 03.39 WIB, dengan magnitudo 4,6 dan berlokasi 182 km tenggara Nias Selatan, Sumatera Utara, dengan kedalaman 10 km.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan dini tsunami yang sempat dikeluarkan beberapa menit lalu. Sebelumnya, BMKG mengeluarkan peringatan dini Tsunami tidak beberapa menit setelah gempa dengan kekuatan 7,3 magnitudo mengguncang Sumatera Barat pada Selasa (25/4/2023), pukul 03.00.57 WIB. Gempa berpusat di 177 kilometer barat laut Kepulauan Mentawai, pada 0.93 LS, 98.39 BT, dengan kedalaman 84 kilometer.

BMKG sebelumnya juga mengingatkan agar pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status “Awas” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status “Siaga” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status “Waspada” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Wilayah Dirasakan (Skala MMI), terdiri dari: VI Siberut, VI Mentawai, V Pasaman Barat, V Padang Pariaman, V Agam, V Padang, III Gunung Sitoli, III Padang Panjang, III Pesisir Selatan, III Limapuluhkota, III Solok Selatan, III Solok, III Bukittinggi, II Labuhan Batu, II Padang Sidempuan

BMKG juga mengingatkan agar masyarakat tetap berhati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi. Hingga kini belum ada laporan kerusakan yang terjadi akibat gempa ini. (*/PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment