News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PAN Kota Solok Optimistis Menjadi Pemenang Pileg 2024

PAN Kota Solok Optimistis Menjadi Pemenang Pileg 2024

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Buka Bersama di Agrowisata Sawah Solok, Jumat (31/3/2023). Kegiatan ini dihadiri Ketua DPD PAN Kota Solok Yutris Can, Wakil Ketua yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng, Sekretaris Angry Nursya, Bendahara yang juga Ketua Komisi I DPRD Kota Solok Rusdi Saleh, Ketua Perempuan Amanat Nasional (PUAN) Kota Solok Suherlin Syahrul, Pengurus DPD PAN Kota Solok, kader, simpatisan dan masyarakat Kota Solok. 

Ketua DPD PAN Kota Solok Yutris Can mengaku sangat senang dengan antusiasme yang luar biasa dari seluruh pengurus, kader, simpatisan dan masyarakat di kegiatan buka bersama ini. Menurut pria yang akrab disapa Boris tersebut, hal ini menunjukkan begitu solidnya seluruh elemen di tubuh DPD PAN Kota Solok. Boris mengungkapkan antusiasme ini memberikan kekuatan mental dan moral bagi DPD PAN Kota Solok menyongsong Pileg 2024. 

"Antusiasme yang luar biasa ini membuat mental, semangat dan optimisme kita semakin berlipat ganda menyongsong Pileg 2024 mendatang. Dengan ratusan yang hadir saat ini, tidak berlebihan rasanya jika kita optimistis menjadi pemenang di Pemilu 2024. Baik untuk Pileg DPRD Kota Solok, DPRD Sumbar, maupun DPR RI. Dengan kebersamaan, kesolidan dan kekompakan seperti ini, kita optimistis mampu mewujudkannya," tegasnya.

Yutris Can juga menyampaikan sejumlah "kabar gembira" kepada keluarga besar DPD PAN Kota Solok. Di antaranya, ada sejumlah program pemerintah pusat melalui pokok-pokok pikiran (Pokir) Anggota DPR RI dari PAN, Athari Gauthi Ardi, yang dilaksanakan di Kota Solok. Seperti program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) Sanitasi Masyarakat (Sanimas), Pembangunan Jalan Inpres, dan sebagainya. Menurut Boris, hal ini tidak hanya sebagai pembuktian kiprah kader PAN di DPR RI, tapi juga menjadi kiprah seluruh kader PAN di Kota Solok. Sebab, dalam proses dan mekanismenya di daerah, dilakukan oleh keluarga besar DPD PAN Kota Solok.

"Kita sangat bersyukur, Kota Solok menjadi salah satu daerah yang mendapat perhatian khusus dari Buk Athari Gauthi Ardi di tahun 2023 ini. Sejumlah program pusat, yang nilainya miliaran dan masyarakat yang tersentuh programnya sampai ratusan kepala keluarga, akan dilaksanakan di Kota Solok selama 2023 ini. Jika program tersebut sukses tahun ini, 2024 akan lebih banyak lagi program yang akan dilaksanakan di Kota Solok. Karena itu, kita mewanti-wanti seluruh elemen di DPD PAN Kota Solok, untuk memberikan dukungan penuh, agar program ini bisa sukses dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Kota Solok," ujarnya. 

Pembuktian Janji Athari Gauthi Ardi

Sejumlah program dari Pokir Anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi, menjadi pembuktian janji dan ucapannya saat melaksanakan Reses di Simpang Lima, Kelurahan Laing, Kota Solok, Minggu (23/10/2022). Politisi PAN yang merupakan anak Bupati Solok H. Capt. Epyardi Asda, M.Mar, menjanjikan akan "membombardir" Kota Solok dengan membawa berbagai paket pembangunan, seperti perbaikan irigasi, perbaikan jalan, hingga bedah rumah. Sebelumnya, untuk Kota Solok, Athari telah membawa berbagai program pembangunan semenjak Tahun 2020 lalu. Di antaranya, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) serta normalisasi Batang Lembang dengan anggaran lebih kurang Rp20 miliar.

"Untuk Tahun 2023 nanti, Kota Solok juga mendapatkan program bedah rumah (BSPS) sekira 100 unit rumah. Selain itu, juga ada program irigasi (P3TGAI), sanitasi masyarakat (Sanimas), dan perbaikan jalan," ujarnya. 

Dari data terakhir, terungkap bahwa ternyata bantuan bedah rumah bukan berjumlah 100 unit, tapi 150 unit. Demikian juga dengan program P3GTAI, yang awalnya dijanjikan 2 paket, ternyata berjumlah 22 paket. Yakni terdiri dari 16 paket di 8 titik di Kecamatan Lubuk Sikarah dan 6 paket di 6 titik di Kecamatan Tanjung Harapan. Program-program tersebut bakal segera dilaksanakan setelah lebaran mendatang.

Patuih Tungga yang Gelegarnya Terus Terasa

Sebelumnya, turbulensi politik di Kota Solok, Sumbar, akhirnya terjadi. "Patuih Tungga" (petir tunggal) menggelegar di jagat politik Kota Solok setelah Mantan Ketua DPRD Kota Solok tiga periode (2009-2014, 2014-2019, 2019-2020), Yutris Can, SE, memimpin DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Solok. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/117/IV/2022 tentang Perubahan Pertama Kepengurusan DPD PAN Kota Solok Periode 2020-2025. 

Penunjukan Yutris Can, SE, sebagai Ketua DPD PAN Kota Solok menjawab eskalasi politik yang terjadi di Kota Solok beberapa waktu belakangan ini. Sempat menjalin komunikasi dengan sejumlah partai, akhirnya Boris (sapaan Yutris Can) memilih PAN sebagai pelabuhan karier politiknya. 

Bergabung dengan PAN, Yutris Can diyakini bakal membawa angin segar di kontestasi politik Kota Solok, terutama jelang Pileg dan Pilkada 2024. Berbekal pengalaman dan "gerbong" loyalisnya yang tetap bertahan, meski kalah di Pilkada 9 Desember 2020, Yutris Can tetap menjadi magnet politik yang sangat kuat. Apalagi PAN merupakan partai pemenang kedua di setiap penyelenggaraan Pileg secara langsung sejak 2009. Sementara, saat memimpin Partai Golkar usai Pileg 2009, Yutris Can sukses menjadikan partai berlambang beringin tiga kali menjadi pemenang di Kota Solok (2009-2014, 2014-2019, 2019-2024). Paduan Yutris Can dan PAN ini diyakini bakal membawa perubahan dahsyat di kontestasi politik Kota Solok. 

Berlabuhnya Yutris Can, secara otomatis membawa perubahan di struktur kepengurusan DPD PAN Kota Solok. Posisi Ketua sebelumnya, Angry Nursya, bergeser menjadi Sekretaris DPD. Posisi Sekretaris sebelumnya yang dijabat oleh Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng bergeser menjadi Wakil Ketua. Satu-satunya posisi KSB (Ketua, Sekretaris, Bendahara) yang bertahan adalah posisi Ketua Komisi 1 DPRD Kota Solok, Rusdi Saleh, yang tetap sebagai Bendahara DPD PAN Kota Solok. 

Dalam struktur kepengurusan DPD PAN Kota Solok saat ini, sejumlah tokoh politik senior dan barisan "loyalis" Yutris Can turut bergabung. Tidak hanya dari Partai Golkar, tapi juga para politisi senior dari partai-partai besar di Kota Solok. Struktur tersebut dipadu dengan wajah-wajah "lama" dari struktur kepengurusan DPD PAN sebelumnya.

"Alhamdulillah. Akhirnya kami memutuskan berlabuh di PAN. SK rencananya akan diserahkan langsung oleh Wakil Ketua DPP PAN, Pak Epyardi Asda pada Jumat, 20 Mei nanti. Tapi intinya, setelah hal ini resmi, kita akan langsung bergerak dan tak akan berhenti. Apalagi tahapan politik, berupa verifikasi Parpol, segera dimulai bulan depan. Doakan kami agar bisa membawa PAN sebagai partai pemenang di Pileg dan Pilkada 2024 nanti," ungkap Yutris Can saat dimanahkan menjadi Ketua DPD PAN Kota Solok. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment