News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Open Tournament Taekwondo se-Sumatera Kembali Digelar di Kota Solok

Open Tournament Taekwondo se-Sumatera Kembali Digelar di Kota Solok

SOLOK - Setelah sukses besar di tahun 2021 lalu, para pecinta olahraga, khususnya cabang taekwondo, kembali disuguhkan pertandingan berkelas pada 21-24 Desember di Sporthall Tanjung Paku, Kota Solok, Sumbar. Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia (Pengcab TI) Kota Solok menggelar Open Tournament Taekwondo se-Sumatera yang dirangkai dengan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Taekwondo tingkat Sumbar. "Alek Gadang" ini diikuti oleh sekira 1.800 taekwondoin yang terdiri dari 1.500 taekwondoin di nomor Open Tournament se-Sumatera dan 300 taekwondoin di Kejurprov tingkat Sumbar. 

Ketua Pengcab TI Kota Solok Efriyon Coneng yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Solok mengharapkan setiap peserta yang akan berlaga di Open Tournamen maupun Kejurprov senantiasa menjunjung tinggi sportivitas dan bertanding secara fair. Menurut legislator Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, Taekwondo merupakan olahraga prestasi yang menjunjung tinggi sportivitas dan budi pekerti luhur. 

"Mari bertanding dengan sportivitas tinggi dan saling menghormati. Sehingga, akan lahir taekwondoin-taekwondoin andal, berkualitas dan berbudi pekerti luhur. Olahraga adalah untuk prestasi dan pembentukan karakter. Karena itu bertandinglah dengan segenap kemampuan dan sportivitas tinggi," ungkapnya.

Efriyon Coneng juga menyebutkan Kota Solok di tahun 2022 ini untuk ketiga kalinya menjadi tuan rumah dalam Kejuaraan Taekwondo untuk tingkat Sumatera dan tahun ini dirangkai dengan Kejurprov dalam persiapan menuju Porprov. Efriyon Coneng juga meminta masyarakat untuk gencar mempromosikan kegiatan ini dan menjadi tuan rumah yang baik dengan mengutamakan keramahan terhadap tamu yang datang ke Kota Solok, sehingga kegiatan ini berkelanjutan.

"Selain sebagai hiburan dalam konsep sport tourism, iven-iven ini bisa memberikan multiplier effect terhadap perekonomian dan nama baik Kota Solok. Antusiasme masyarakat dan pengunjung itu, bisa menumbuhkan potensi ekonomi di berbagai sektor. Seperti mendongkrak perekonomian di sekitar lokasi penyelenggaraan kejuaraan atau maupun tempat-tempat wisata yang ada di Kota Solok. Sehingga akan tumbuh sumber ekonomi di bidang kuliner maupun tempat-tempat penginapan," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok, Rudi Horizon, mengaku bangga dan sangat mendukung iven ini. Menurut Rudi, selain konsep sport tourism atau wisata olahraga, iven-iven seperti ini sangat penting dalam pembinaan atlet. 

"Iven seperti ini sangat mendukung pembinaan terhadap atlet untuk uji kemampuan. Terutama sebagai try out (uji coba) menjelang Porprov 2023. Kita mengharapkan iven-iven seperti ini rutin digelar dan dilaksanakan oleh cabang-cabang olahraga lain," ujarnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment