News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YPTK Padang Sosialisasikan Pentingnya Mengenal Konformitas pada Remaja di Panti Asuhan Al Fath Tuhid Padang

Mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YPTK Padang Sosialisasikan Pentingnya Mengenal Konformitas pada Remaja di Panti Asuhan Al Fath Tuhid Padang

PADANG - Mahasiswa Fakultas Ilmu Psikologi Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (UPI YPTK) Padang melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya mengenali konformitas pada remaja di Panti Asuhan Al Fath Tauhid Jl. Seberang Padang Utara I No.34, Seberang Padang, Kota Padang, 9 Desember 2022. Beranggotakan enam mahasiswa yang terdiri dari Ramzi Ahmad Daffa, Hanifah Faizah Azzahra, Ilham Naufal Riyadhi, Mayang Ariesta Kusnabila, Serly Amanda Salsabilla, Suci Ramadani, dan Zakia Zahra, sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah psikologi sosial yang diampu oleh bapak Ifani Candra S.Psi, MM. 

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 9 Desember 2022 pukul 16.30- 18.00. Tujuan melakukan sosialisasi ini karena mengingat era zaman sekarang, dimana  keadaan dunia yang semakin maju dan canggih, terlebih adanya era globalisasi maka tim ingin mengenalkan konformitas kepada anak anak panti, agar bisa menjaga diri dan menempatkan diri di suatu keadaan serta lingkungan yang baik.

"Tingkat kesadaran  anak-anak panti asuhan Al Fath Tauhid mengenai konformitas masih tergolong rendah, dimana masih banyak di antara mereka yang tidak mengenal apa itu konformitas. Oleh karena itu kami ingin melakukan sosialisasi kepada remaja panti tersebut agar dapat menumbuhkan serta mengembangkan perilaku yang sesuai pada aturan yang berlaku di lingkungan sekitar tanpa harus merasa terintimidasi atau terdiskriminasi di lingkungan mereka bersosialisasi," ujar Ramzi Ahmad.

Konformitas itu merupakan perubahan perilaku sebahai akibat dari tekanan kelompok,terlihat dari kecendrungan remaja untuk selalu menyamakan perilakunnya dengan kelompok acuan sehingga dapat terhindar dari celaan ataupun keterasingan.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan yakni sosialisasi tentang konformitas dalam kehidupan sehari-hari dan pemberian sembako dan beberapa hadiah sebagai bentuk kepedulian kepada anak panti untuk terus semangat dalam belajar agar memudahkan peran mereka dalam bermasyarakat.

Sebelum melakukan kegiatan sosialisasi di panti asuhan Al Fath Tauhid, kota Padang. Kami melakukan beberapa persiapan seperti meminta izin kepada pihak panti, menyediakan beberapa barang yang diperlukan saat sosialisasi.

Acara dibuka oleh moderator kemudian dilanjutkan untuk memulai acara kegiatan yang dimulai dengan perkenalan kelompok. Yang dilanjutkan dengan memberikan sosialisasi yang disampaikan oleh setiap anggota kelompok, serta penyampaian sosialisasi secara komunikatif dan diskusi. Hal tersebut dilakukan dengan cara melakukan kuis setelah kegiatan sosialisasi yang berani tampil menjawab pertanyaan yang disediakan, akan diberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan terhadap anak-anak panti yang sudah berani tampil dalam memberikan jawaban. 

"Tim juga memberikan sejumlah tips seperti mengadakan sedikit perbincangan, agar mereka tidak merasa asing dan bisa selalu responsif terhadap acara yang sedang berlangsung," ujarnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment