News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

10 Nagari Baru di Kabupaten Agam Diresmikan

10 Nagari Baru di Kabupaten Agam Diresmikan

LUBUK BASUNG - Sebanyak 10 nagari baru di Kabupaten Agam diresmikan sebagai nagari definitif. 10 nagari baru tersebut adalah Nagari Durian Kapeh Darussalam di Kecamatan Tanjung Mutiara, Nagari Dalko di Kecamatan Tanjung Raya, Sungai Cubadak dan Koto Gadang di Kecamatan Baso, Nagari Nan Limo di Kecamatan Palupuah, Salareh Aia Timur, Salareh Aia Barat dan Salareh Aia Utara di Kecamatan Palembayan, Kamang Tangah Anam Suku dan Pauah Kamang Mudiak di Kecamatan Kamang Magek.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Agam Drs. Asril, MM, mengatakan Pemkab Agam sebelumnya telah mengusulkan pembentukan 23 nagari baru ke Direktorat Pemerintahan Desa (Ditjen Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dari 23 usulan itu, tahun 2022 ini dikabulkan pembentukan/pemekaran sebanyak 10 nagari baru. Sementara, sebanyak 13 nagari lainnya, diminta untuk melengkapi data. Terutama terkait dengan pemetaan wilayah, sesuai dengan permintaan Badan Informasi Geospasial (BIG).

"Tahun 2022 ini, sebanyak 10 nagari di Kabupaten Agam dikabulkan untuk pemekaran. Kemendagri, melalui Ditjen Pemdes, menilai kesepuluh nagari tersebut dinilai telah memenuhi syarat untuk pembentukan nagari baru atau pemekaran. Tahun 2023, kita akan mengusulkan kembali pemekaran 13 nagari yang belum disetujui, dengan melengkapi data-data dan syarat-syarat yang diminta Kemendagri," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Agam Dr. Andri Warman, S.Sos, MM, usai saat penandatanganan prasasti peresmian Nagari Salareh Aia Timur, Nagari Salareh Aia Utara dan Nagari Salareh Aia Barat di SDN 05 Kayu Pasak, Kecamatan Palembayan, Senin (19/12/2022), mengharapkan penjabat wali nagari dan masyarakat dapat bersama-sama membenahi nagari yang telah diresmikan pemekarannya.

"Karena seluruh proses administrasi pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, yang dulunya dilakukan nagari induk, mulai sekarang akan dilaksanakan oleh nagari yang baru. Nagari Salareh Aia sebagai Nagari induk diharapkan dapat membimbing dan memberikan arahan kepada tiga nagari yang baru ini," tegasnya.

Pria yang akrab disapa Haji AWR itu juga berharap, peresmian pemekaran ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

"Semoga dengan diresmikannya ke 3 nagari ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya," harapnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment