News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lintasi Kelok 44, 110 Klub Pesepeda Ikuti Minang Geopark Cycling 2022 di Agam

Lintasi Kelok 44, 110 Klub Pesepeda Ikuti Minang Geopark Cycling 2022 di Agam

AGAM - Event Minang Geopark Cycling 2022 diikuti ratusan pencinta sepeda yang berasal dari Sumatera Barat dan luar provinsi. Kegiatan itu bertujuan untuk mengeksplor keindahan alam, khususnya yang berada di Geopark Ngarai Sianok-Maninjau diikuti sedikit 110 klub pesepeda pencinta olahraga Gowes. Minang Geopark City 2022, para goweser menjajal kelok 44 menyusuri Danau Maninjau dari Lawang Park yang berakhir di Linggai Park, Minggu (30/10/2022). Sebelumnya di etape pertama para pesepeda menyusuri lintasan Kawasan Geopark Ngarai Sianok menuju Lawang Park.

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi Ansharullah mengatakan, di tahun 2023 yang akan datang Pemprov Sumbar akan mengadakan iven-iven seperti ini, tentunya hal tersebut didukung dengan pembangunan infrastruktur, peningkatan hospitality, serta pembukaan akses jalan seperti  jalan Alahan Panjang menuju Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, akses jalan Malalak - Maninjau, serta Pasaman Barat menuju Pelabuhan Teluk Tapang. 

"Mudah-mudahan dengan terbukanya berbagai akses jalan baru ini akan mendorong lebih banyak wisatawan ke beberapa objek wisata yang kita miliki di sumbar," ujar gubernur. 

Ia juga berpesan kepada seluruh Bupati dan Walikota di berbagai wilayah Sumbar untuk menjaga kebersihan dan keasrian objek wisata.

"Kesadaran kebersihan ini patut dibangun dari lapisan paling bawah, seperti Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang ada di berbagai Nagari, sehingga di tahun 2023 akan lebih membangkitkan gairah wisatawan untuk datang ke sumbar," tutur gubernur.

Gubernur juga mengatakan iven seperti Minang Geopark Cycling ini menjadi salah satu faktor pendorong peningkatan wisatawan pada saat tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatera 2023 (VBWS 2023) nantinya. 

"Tentunya hal tersebut didukung dengan hospitality atau pelayanan masyarakat kepada wisatawan. Kepada masyarakat Sumbar mari tingkatkan kesadaran kita bahwa pariwisata merupakan suatu hal yang paling cepat meningkatkan perekonomian dan kita punya potensi yang luar biasa di Sumbar," imbau gubernur.

Sebelumnya, pada Sabtu (29/10/22), untuk kedua kalinya, event gowes ini dibuka, dilepas dan diikuti secara langsung oleh Wagub Audy Joinaldy yang bertujuan untuk mengeksplor keelokan alam dan Geopark Kabupaten Agam ini. Even ini diikuti antusiasme ratusan pesepeda dari 110 klub pehobi olahraga gowes dari berbagai penjuru negeri di tanah air.

Etape pertama ini menyusuri lintasan Kawasan Geopark Ngarai Sianok, sementara etape kedua mengambil rute Lawang Park dan berakhir di Danau Maninjau. Melalui rentetan event berseri ini, Wagub berharap dapat semakin memperkenalkan geopark dan pariwisata Sumatera Barat ke seluruh Indonesia, juga dunia internasional.

"Ini bagian dari Geopark Series Sumatera Barat. Semoga kawan-kawan bisa enjoy dan menceritakan pengalaman Minang Geopark Cycling di kampungnya masing-masing," ujar Wagub Audy.

Dijelaskan pula oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, di Sumatera Barat saat ini terdapat tujuh geopark. Tiga diantaranya adalah geopark nasional dan satu geopark menuju UNESCO Global Geopark (UGGp). Potensi pariwisata yang besar ini tentu harus terus didengungkan melalui event-event yang menarik, seperti fun bike dan olahraga lari.

"Hari ini fun bike Minang Geopark Cycling. Insyaallah Desember nanti juga akan ada event Geopark Run di Silokek, Kabupaten Sijunjung. Semoga betul-betul bisa mendukung pengembangan pariwisata di Sumatera Barat dan perekonomian masyarakat kita," ungkapnya.

Juga pada tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatera 2023 nanti, kedua seri event geopark ini akan kembali digelar dengan skala yang lebih luas. Tidak menutup kemungkinan ketujuh geopark akan turut berpartisipasi memeriahkan event Geopark Series dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Sementara itu Joko Sunarbowo, Sub Koordinator Event Wilayah Sumatera dan Kalimantan Kemenparekraf RI, memberikan apresiasi pada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. (*/PN-001)

Sumber: Dinas Kominfotik Sumbar

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment