News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sambut Ramadhan, Ketua Komisi I DPRD Kota Solok Gelar Lomba Memancing

Sambut Ramadhan, Ketua Komisi I DPRD Kota Solok Gelar Lomba Memancing

SOLOK - Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1443 H, Ketua komisi I DPRD Kota Solok, Rusdi Saleh membuka secara resmi Lomba Memancing yang dilaksanakan oleh kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Banda Tangah, Sawah Solok, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok, Sabtu (2/4/2022).

Dalam sambutannya Rusdi Saleh menyampaikan lomba memancing ini bertujuan untuk ajang silaturahmi dan membudayakan masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan air tawar sebagai sumber protein hewani. Sehingga mampu menyerap hasil produksi para petani ikan.

"Saya berharap dengan adanya lomba memancing ini, akan meningkatkan kunjungan wisata di daerah kita, sehingga kita bisa mendatangkan para peserta yang berasal dari luar Kota Solok. Ini sekaligus sebagai sarana mengenalkan budaya lokal serta mempromosikan objek wisata agro yang ada di Kota Solok," ungkapnya.

Rusdi Saleh juga meminta kegiatan ini dapat menunjang pemberdayaan potensi-potensi pengairan dalam rangka pengembangan wisata agro di Kota Solok, yang selanjutnya juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan seringnya diadakan lomba mancing diharapkan kedepannya mancing mania dapat menjadi icon wisata di Kota Solok," ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Solok itu.


Melihat antusias peserta yang mengikuti lomba mancing tersebut, Rusdi Saleh mengaku sangat termotivasi. Bendahara DPD PAN Kota Solok itu, menginginkan ada inovasi dari pemerintah untuk memfasilitasi pelaku UMKM dalam hal pemasaran. Sebagaimana yang dicontohkan, jika mengunjungi tempat wisata, masih belum ditemukan produk UMKM masyarakat yang dipajang untuk menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke Kota Solok.

"Contohnya, bagi wisatawan yang datang ke kawasan Wisata Agro Sawah Solok, kami melihat tidak ada satupun kemasan beras ternama tersebut dipajang untuk dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung. Seharusnya pemerintah daerah melalui instansi terkait mengambil tempat untuk memfasilitasinya dengan menyediakan beras solok dalam kemasan mulai dari 1 kg hingga 10 kg," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua P3A Banda Tangah, Yutris Can, SE, m3ngatakan perlombaan memancing dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini telah menjadi ajang silaturahmi bagi mancing mania di Kota Solok.

"Alhamdulillah lomba mancing yang di sponsori oleh ketua komisi I DPRD kota Solok, Rusdi Saleh mendapatkan respons positif dan antusias peserta yang datang dari berbagai daerah. Mudah- lmudahan lomba memancing ini menjadi wadah silaturahim bagi kita semua," ucapnya.

Selain adanya kolam pancing saat ini perkumpulan petani pemakai air banda tangah juga membudidayakan ikan nila dengan pola kolam maupun mina padi. Ikan nila yang dibudidayakan oleh P3A banda tangah cukup banyak diminati oleh masyarakat. Sehingga P3A banda tangah sering kewalahan menyediakan ikan nila untuk konsumsi. 

"Ikan nila hasil penangkaran di Sawah Solok memiliki rasa yang gurih. Hal tersebut dikarenakan ikan nila yang ditangkarkan tidak diberi pakan pabrik, sehingga ikan nila hasil penangkaran sawah solok betul-betul alami," ujar Yutris Can. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment