News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Safari Ramadhan Perdana, Sekda Kota Solok Sampaikan Program Strategis Pemko

Safari Ramadhan Perdana, Sekda Kota Solok Sampaikan Program Strategis Pemko

SOLOK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solok Drs. Syaiful A, M.Si, menyampaikan sejumlah program strategis Pemko Solok dalam Safari Ramadhan Tim IV di Masjid Nurul Ilmi, Kelurahan Simpang Rumbio, Kota Solok, Selasa (5/4/2022). Syaiful menyatakan dengan mengadopsi jargon Kota Beras Serambi Madinah, Maju dan Sejahtera, Pemko Solok ingin menjadikan daerah sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dalam bingkai religius. 

"Dengan konsep Kota Beras Serambi Madinah, Maju dan Sejahtera, Pemko Solok ingin menjadikan Kota Solok sebagai daerah yang maju dengan bingkai agamis. Walikota dan Wawako dalam prinsipnya ingin pembangunan di Kota Solok didasarkan pada penguatan ekonomi umat dan mengharapkan keberkahan dari Allah SWT. Jika penduduk suatu negeri bertakwa, maka keberkahan akan turun dari langit," ungkapnya.

Syaiful menyatakan sejumlah program strategis sudah diluncurkan oleh Wako Zul Elfian dan Wawako Ramadhani sejak dilantik sekira satu tahun lalu. Di antaranya menyemarakkan masjid sebagai pusat ekonomi umat. Di antaranya dengan menghadirkan Baitul Mal wat Tamwil (BMT), sebagai lembaga keuangan untuk pembiayaan bagi jamaah yang ingin mendapatkan permodalan.

"BMT sudah ada di sejumlah masjid di Kota Solok. Yakni semacam lembaga pembiayaan tanpa agunan dan tanpa bunga. Sehingga masyarakat yang menjadi jamaah, bisa mendapatkan akses pembiayaan dan permodalan untuk berusaha. Saat ini, Pemko sedang merampungkan legalitas dari BMT ini. Termasuk kerja sama dengan perbankan berbasis syariah, khususnya dengan Bank Nagari," ujarnya.

Di internal Pemko Solok, selama Bupan Ramadhan tahun ini, Syaiful menyatakan Pemko Solok mengedepankan program One Day One Juz, atau satu hari satu juz Alquran untuk seluruh ASN Pemko Solok. Sehingga, di akhir Ramadhan nanti, seluruh ASN Pemko Solok akan khatam Alquran 30 juz.

"Diharapkan, dengan program ini sisi religius ASN semakin meningkat dengan menumbuhkan cinta terhadap Alquran. Selanjutnya, hal ini di tahun-tahun mendatang bisa ditularkan ke seluruh masyarakat Kota Solok," ungkapnya. 

Syaiful juga menyoroti sejumlah kendala yang dihadapi Pemko Solok saat ini. Salah satunya, masih menjamurnya kafe-kafe malam di Kota Solok. Meski sudah memiliki Peraturan Daerah pengentasan Penyakit Masyarakat (Perda Pekat), namun keberadaan kafe-kafe malam tersebut masih belum maksimal. Meski begitu, menurut Syaiful ke depan Pemko Solok akan lebih intens lagi, dengan mengedepan sejumlah solusi. Salah satunya dengan melakukan penguatan ekonomi, sehingga para pengelola kafe-kafe malam bisa beralih ke usaha-usaha lain. 

"Pemko Solok tidak lagi mengedepankan upaya-upaya represif, tapi lebih pada solusi," ungkapnya. 

Safari Ramadhan Tim IV Pemko Solok berisikan Sekda Kota Solok Drs. Syaiful Rustam, M.Si, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Jusmardi, S.Pd, Anggota DPRD Kota Solok dari PKS Taufiq Nizam, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok Triati, S.Pd, Sekretaris Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Solok Surya Budi, Mubaligh Irawadi Uska, S.Ag, MM, Staf Bagian Kesra Asmaul Husna, SIQ, S.Th.I, serta dua Wartawan yakni Rijal Islamy dan Miler Krisdoni. 

Selanjutnya, Tim IV akan mengunjungi Masjid Ijtihad Transad Kampung Jawa pada Rabu (6/4/2022) dan Masjid Nurul Islam Altarindo di Kelurahan Tanah Garam pada Kamis (6/4/2022). Di setiap masjid yang dikunjungi, Tim Safari Ramadhan menyerahkan bantuan sebesar Rp3 juta. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment