News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wako Zul Elfian Dukung Penuh Orie Yulindo di Musyorkot KONI Kota Solok

Wako Zul Elfian Dukung Penuh Orie Yulindo di Musyorkot KONI Kota Solok

SOLOK - Calon Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok, periode 2021-2025, Orie Yulindo, mendapat dukungan penuh dari Walikota Solok, Zul Elfian Umar, SH, M.Si Datuk Tianso, untuk maju sebagai Ketua KONI Kota Solok periode 2021-2025. Hal itu setelah Orie Yulindo bersilaturahmi dengan Zul Elfian pada Sabtu pagi (11/12/2021). Saat "sowan" ke orang nomor satu di Kota Solok tersebut, Orie Yulindo turut didampingi sejumlah pengurus cabang olahraga yang mengusungnya di Musyorkot KONI Kota Solok. Di antaranya, H. Dalius, S.Sos (PODSI/Dayung), Ujang Djoran (Pordasi/Berkuda), Syaiwat Hamli, SH.

"Setelah beliau mendengarkan paparan kami terkait target dan komitmen pengembangan olahraga ke depan, Alhamdulillah,Bapak Walikota memberi dukungan penuh. Beliau berpesan, setelah terpilih, agar berlaku adil terhadap seluruh Cabor dan melakukan pembinaan atlet dan manajerial olahraga dengan baik," ujarnya.

Meski perbincangan terkait pencalonan sebagai Ketua KONI Kota Solok dengan Wako Zul Elfian, berlangsung cukup lama, Orie Yulindo mengaku dirinya banyak mendapat masukan terkait perkembangan olahraga Kota Solok. Apalagi, saat ini Zul Elfian adalah Ketua Umum Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Sumbar. Sehingga, sama-sama bisa merasakan bagaimana berkecimpung di dunia olahraga dengan segala dinamika. 

"Banyak hal yang beliau ungkapkan. Termasuk upaya dan kesiapan Kota Solok sebagai tuan rumah Porprov 2024. Karena sama-sama 'orang olahraga', pembicaraan dengan beliau terasa sangat mengesankan. Hal itu semakin menambah keyakinan kami di Musyorkot KONI Kota Solok Senin (13/12/2021) nanti," ujarnya.

Sebagai sosok anak muda asli Kota Solok, Orie Yulindo, tampil sangat tenang dan tidak "grasa-grusu" dalam menarik dukungan dari Cabor pemilik hak suara di Musyorkot. Strategi dengan memberikan penyadaran kepada seluruh Cabor, membuat Orie sangat optimistis. Menurutnya, sebagai anak muda, dirinya membutuhkan masukan dari seluruh pihak dan seluruh elemen masyarakat Kota Solok. Sebab menurutnya, seluruh masyarakat Kota Solok ingin olahraga di Kota Solok maju dan menjadi pembentuk karakter daerah. 

"Kota Solok dibangun oleh semua pihak, semua profesi, dan semua elemen. Semuanya menginginkan yang terbaik dengan cara-cara yang baik, konsep dan proses yang baik. Olahraga juga begitu, harus dibangun dengan nilai-nilai sportivitas, manajerial yang baik, serta proses yang baik," ujarnya. 

KONI Kota Solok Gelar Musyorkot

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok, Sumbar, akan mengadakan Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) untuk memilih Ketua KONI Kota Solok periode 2021-2025, Senin (13/12/2021).

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP), Roni Kurniawan, didampingi Ketua Steering Commitee (SC) sekaligus Sekretaris KONI Kota Solok, Oktavianus Dt Rajo Alam, SH, mengatakan dua kandidat sudah diverifikasi dan dipastikan maju di Musyorkot 13 Desember 2021. Dua nama tersebut adalah Sekum Perbasi Kota Solok Orie Yulindo dan Mantan Ketua KONI Kabupaten Solok Rudi Horizon.  

Ketua SC yang juga Sekretaris KONI Kota Solok Oktavianus Dt Rajo Alam menegaskan, kriteria calon Ketua KONI Kota Solok antara lain, berusia sekurang kurangnya 30 Tahun yang dibuktikan dengan identitas KTP serta berpendidikan minimal SLTA atau sederajat. Kemudian mempunyai kemampuan manajerial, pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi keolahragaan dan tidak terkait dengan jabatan struktural serta jabatan publik TNI, Polri sesuai dengan UU.RI No.3 Tahun 2005 dan pasal 56 Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007.

Lalu, bakal calon konsekuen dan konsisten melaksanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KONI, serta mampu menjadi pengayom dan pemersatu semua unsur masyarakat olahraga. Bakal Calon Ketua KONI juga  mempunyai visi yang luas dalam membina olahraga prestasi, mampu menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha dan instansi terkait untuk menunjang pembinaan olahraga prestasi, mampu menggalang kerjasama dengan badan-badan keolahragaan tingkat regional dan nasional.

Sedangkan persyaratan bakal calon Ketua Umum KONI Kota Solok, antara lain memenuhi kriteria sebagai Ketua Umum KONI sebagaimana tersebut di atas, Warga Negara Indonesia dan bukan pejabat publik. Lalu, kesanggupan mematuhi, mentaati dan menjalankan AD dan ART KONI, serta tidak sedang menjalani proses pidana (hukum).

Persyaratan lain, dalam keadaan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter, pernyataan bebas dari Narkoba, menyampaikan riwayat hidup singkat khususnya yang terkait dengan pekerjaan, organisasi dan pendidikan. 

Tentang Orie Yulindo

Nama Orie Yulindo melejit sebagai calon Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok periode 2021-2025. Siapa Orie Yulindo dan apa komitmennya jika terpilih memimpin induk organisasi olahraga di daerah yang berjuluk Kota Beras Serambi Madinah?

Orie Yulindo sejatinya memenuhi seluruh syarat dan rukun untuk menjadi Ketua KONI Kota Solok 2021-2025. "Darah murni" dan latar belakang pendidikan olahraga yang dimilikinya, menjadi kelebihan yang tak dimiliki bakal calon lainnya. Merasakan pahit manisnya menjadi atlet, pelatih dan pengurus cabang olahraga, "darah olahraga" Orie Yulindo semakin "pekat", karena dirinya adalah sarjana Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP).

Sebagai putra asli Kota Solok, menjadi atlet Kota Solok, pelatih Kota Solok dan pengurus cabor, tentu saja komitmennya untuk berbakti di bidang olahraga di negeri kelahirannya, tak perlu diragukan. Dari segi ekonomi, meski terbilang muda, pria kelahiran 9 Juni 1988 itu, terbilang sangat mapan. Usaha Iyoko Catering yang dimilikinya, menjadi "garansi" bahwa dirinya tidak akan mencari hidup di olahraga, khususnya di KONI Kota Solok. Hal yang sudah dibuktikannya selama mengurus olahraga basket (Perbasi) Kota Solok. Di Pengcab Perbasi Kota Solok, Orie Yulindo didaulat menjadi Sekretaris Umum (Sekum).

Keberanian Orie maju sebagai salah satu bakal calon, setelah dirinya sowan kepada tokoh-tokoh dan insan olahraga Kota Solok. Termasuk ke kepala daerah, Anggota DPRD, dan tokoh masyarakat, serta para pengurus cabang olahraga di Kota Solok. Dari diskusi berbuah dukungan untuk memajukan olahraga Kota Solok, Orie memberanikan diri maju sebagai Ketua KONI Kota Solok 2021-2025.

"Keyakinan saya untuk maju, setelah saya sowan ke tokoh-tokoh olahraga di Kota Solok dan juga didukung cabor serta masyarakat Kota Solok. Niat saya hanya ingin mengabdi dan berbakti ke olahraga yang telah menjadi dunia saya selama ini," ujarnya.

Usia muda berbalut pengalaman mengurus olahraga yang dimiliki Orie Yulindo (33) menjadi kelebihan baginya. Terlebih, saat ini Ketua KONI di sejumlah daerah di Sumbar, dipimpin oleh figur anak muda. Hal ini sejalan dengan sejumlah kepala daerah di Sumbar yang dipimpin tokoh muda, termasuk Kota Solok, yang memiliki Wakil Walikota Dr. Ramadhani Kirana Putra (35).

"Saya rasa, usia muda bukan sebuah halangan, bahkan sebuah kelebihan. Olahraga adalah jiwa saya, jalan hidup saya dan jalan pengabdian bagi saya. Karena itu, saya mengharapkan dukungan dari semua elemen di Kota Solok, terutama insan-insan olahraga. Saya harapkan kita bisa berkolaborasi dan bersama membangun olahraga Kota Solok ke depan," harapnya. (*/PN-001)

Sumber: jarbatnews.com, patrolmedia.co.id

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment