News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kota Solok Raih 7 Emas, 9 Perak, 17 Perunggu

Kota Solok Raih 7 Emas, 9 Perak, 17 Perunggu

SOLOK - Hari kedua kejuaraan taekwondo Walikota Solok Cup III, di Sport Hall Tanjung Paku, Jumat (17/12/2021), tim tuan rumah Kota Solok sudah mengoleksi 7 medali emas, 9 perak, dan 17 perunggu. Menargetkan juara umum dengan kekuatan 59 taekwondoin (atlet taekwondo) perolehan medali Kota Solok dibayangi oleh tim Eagle asal Provinsi Riau dan Padang Padang Pariaman. 

"Hingga malam ini (Jumat malam), kita belum merekap detail perolehan medali seluruh tim. Yang pasti, kita (Kota Solok) sudah mengoleksi 7 medali emas, 9 perak, dan 17 perunggu. Dari laporan sejumlah panitia, nama tim Eagle asal Riau dan tim Padang Pariaman termasuk yang banyak mengoleksi medali," ujar Ketua Pengkot TI Kota Solok Efriyon Coneng.

Efriyon Coneng juga menuturkan hingga hari kedua, sebanyak 667 medali sudah dikoleksi oleh para peserta. Penentuan juara umum, menurut Efriyon Coneng didasarkan pada perolehan poin. Yakni medali emas diganjar 5 poin, medali perak 3 poin dan medali perunggu 1 poin. Sehingga, hingga Jumat malam, Kota Solok sudah mengoleksi 79 poin. 

"Dari 71 tim yang berlaga di kejuaraan taekwondo Walikota Cup III ini, kekuatan masing-masing tim sangat berimbang. Begitu juga dengan mental bertanding para taekwondoin. Terbukti, meski turun sebagai tuan rumah dengan kekuatan 59 taekwondoin, sebanyak 9 taekwondoin kita kalah di partai final dan harus rela meraih medali perak," ujarnya. 

Di hari ketiga, Sabtu (18/12/2021), pertandingan bakal dimulai pada sore hari, sekira pukul 16.00 WIB. Sebab, Polres Solok Kota bakal memakai Sport Hall Tanjung Paku sebagai lokasi vaksinasi Covid-19. Artinya, panitia pelaksana dan tim juri harus mengatur ulang lapangan dan melakukan setting ulang peralatan elektronik untuk penghitungan nilai di setiap lapangan, setelah vaksinasi massal oleh Polres Solok Kota selesai dilaksanakan pada siang harinya.

Sebelumnya, sekira 1.500 Taekwondoin (atlet taekwondo) dari lima provinsi di Pulau Sumatera, bertarung pada turnamen taekwondo Walikota Solok Cup III di Sport Hall Tanjung Paku, Kota Solok, Kamis-Minggu (16-19/12/2021). Lima provinsi tersebut adalah Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan. Para peserta akan berlaga di empat kategori, yakni pra cadet, cadet, yunior dan senior, yang terbagi dalam kelas-kelas sesuai berat badan. 

Walikota Solok Cup adalah salah satu turnamen yang sangat prestisius di Sumbar, bahkan kini menjadi turnamen yang sangat dilirik oleh taekwondoin dari luar provinsi. Helatan kali ketiga tahun ini, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Solok ke-51 yang jatuh pada tanggal 16 Desember 2021. Semakin istimewa, karena turnamen ini didukung penuh oleh Walikota Solok H. Zulfian Umar, SH, M.Si Datuak Tianso, yang juga merupakan Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Sumbar. Sementara, Ketua Pengkot TI Kota Solok dijabat oleh Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Efriyon Coneng. 

Walikota Solok Cup merupakan ajang dua tahunan yang digelar dua tahun sekali. Pada Walikota Cup I yang digelar tahun 2016, juara umum diraih oleh Kota Bukittunggi. Walikota Cup II tahun 2018, Kabupaten Dharmasraya menjadi juara umum. Walikota Cup III yang sejatinya dijadwalkan di 2020, tertunda karena Covid-19, dan baru digelar tahun ini. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment