News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pertanggungjawaban Kepada Publik, Bawaslu Kota Solok Terbitkan Buku Pengawasan Pemilihan 2020

Pertanggungjawaban Kepada Publik, Bawaslu Kota Solok Terbitkan Buku Pengawasan Pemilihan 2020

SOLOK - Bawaslu Kota Solok membagikan buku Pengawasan Pemilihan Serentak di Kota Solok Tahun 2020 kepada pemerintah daerah, pihak terkait, tokoh masyarakat dan pimpinan partai politik (parpol) se-Kota Solok, Kamis (18/11/2021). Buku ini merupakan hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Kota Solok beserta jajaran selama mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kota Solok, yaitu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, serta Walikota dan Wakil Walikota Solok Tahun 2020.

Pembagian buku ini dirangkum dalam acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu/Pemilihan Partisipatif di Kota Solok di Kantor Bawaslu Kota Solok, turut hadir Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Elly Yanti, SH, Walikota Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, dan Hukum Zulfadli, SH, M.Si, Anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh, unsur forkopimda, Ketua KPU Kota Solok, LKAM dan Bundo Kanduang, beserta pimpinan parpol.

Ketua Bawaslu Kota Solok Triati menyebutkan bahwa buku pengawasan tersebut merupakan paparan kinerja dari lembaga yang dia pimpin dalam mengawasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kota Solok, disamping itu menurutnya penyampaian buku itu juga bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah dan publik terhadap apa yang telah dimandatkan oleh undang-undang.

"Buku ini merupakan hasil kerja pengawasan kita selama menagwasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kota Solok, dan sebagai lembaga negara yang diamanatkan oleh undang-undang tentu kita perlu memberitahukan/melaporkan kepada pemerintah dan masyarakat apa yang telah kita kerjakan," jelas Triati.

Di samping itu Triati juga mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama dengan Bawaslu untuk meningkatkan partisipatif masyarakat dalam mensukseskan pengawasan Pemilu/Pemilihan di Kota Solok, karena partisipatif masyarakat menjadi salah satu kunci untuk perbaikan kualitas demokrasi.

Senada dengan itu Elly Yanti, Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dalam arahannya dalam kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa buku ini juga sebagai edukasi demokrasi bagi masyarakat, dan Bawaslu sebagai lembaga yang mengawasi Pemilu/Pemilihan juga sangat membutuhkan peran aktif masyarakat dalam mengawasi seluruh tahapan penyelenggeraan pesta demokrasi.

Dan melalui kegiatan hari ini ia berharap seluruh stakholder terkait dan masyarakat dapat berpartisipasi dalam mensukseskan pengawasan Pemilu/Pemilihan di Kota Solok.

"Karena partisipasi adalah salah satu kunci utama untuk bisa tercapainya Pemilu/Pemilihan yang berintegritas,jujur dan adil. Sehingga jika itu sudah tercapai, maka apa yang dicita-citakan dalam negara yang berdemokrasi dapat tercapai," imbuhnya. (*/PN-001)

Sumber: Humas Bawaslu Kota Solok

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment