News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Polsek Kota Solok Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Jenis Moderna dan CoronaVac

Polsek Kota Solok Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Jenis Moderna dan CoronaVac

SOLOK - Kepolisian Sektor (Polsek) Kota Solok menggelar vaksinasi gratis ke msyarakat Kota Solok, di Mapolsek Kota Solok, Sabtu (9/10/2021). Polsek Kota Solok yang bekerja sama dengan Puskesmas KTK Kota Solok, melakukan vaksinasi gratis terhadap para pelajar, masyarakat umum dan lansia. Vaksin yang digunakan berjenis Moderna dan CoronaVac. 

Vaksinasi gratis ini dihadiri oleh Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK, Kapolsek Kota Solok AKP Sugianto, SH, MH, Kepala Puskesmas KTK dr. Yuldawati, MKM, serta masyarakat peserta vaksinasi. Jumlah vaksin yang diberikan sejumlah 251 dosis. 

Kapolsek Kota Solok AKP Sugianto, SH, MH menyatakan kegiatan ini dilaksanakan sehubungan untuk mendorong percepatan vaksinasi di 13 kelurahan di Kota Solok. Menurutnya, hal ini juga sejalan dengan Instruksi Kapolri terkait seluruh jajaran Kepolisian Daerah, Resor, dan Sektor untuk mendirikan Gerai Vaksin untuk masyarakat.

"Kegiatan gerai Vaksin di Polsek Kota Solok ini ditujukan agar terciptanya Herd Immunity dan menekan angka penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Hukum Polsek Kota Solok. Jumlah peserta vaksinasi kali ini untuk yang telah melakukan pendaftaran sebanyak 264 (dua ratus enam empat) orang yang terdiri dari masyarakat Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kota Padang. Terdiri dari 159 masyarakat Kota Solok, 56 orang pelajar, dan 49 orang masyarakat luar Kota Solok. Namun, sebanyak 13 orang yang telah mendaftar, tidak dapat dilakukan vaksinasi, karena terkendala kondisi kesehatan," katanya. 

Vaksin yang digunakan dalam kegiatan vaksinasi di Polsek Kota Solok berupa vaksin CoronaVac dan Moderna. Dosis yang diberikan oleh tim medis terdiri dari dosis 1 CoronaVac sebanyak 168 dosis dan dosis 2 sebanyak 25 dosis. Untuk jenis vaksin Moderna, terdiri dari dosis 1 sebanyak 48 dosis dan dosis 2 sebanyak 10 dosis. 

Puskesmas KTK Kota Solok membentuk 2 (dua) tim dalam proses pemberian vaksinasi guna mempercepat proses pelayanan. Hal ini disebabkan oleh tingginya antusiasme masyarakat Kota Solok dan masyarakat sekitar. Sehingga, tidak terjadi penumpukan masyarakat untuk mengantre. 

"Mekanisme vaksinasi yang harus dilalui calon penerima vaksin, terdiri dari proses registrasi. Kemudian, screening atau calon penerima vaksinasi diperiksa terlebih dahulu, untuk menentukan layak atau tidaknya dilakukan vaksinasi. Apabila dinyatakan layak maka akan dilakukan vaksinasi dan apabila tidak layak, vaksinasi akan ditunda. Tahap berikutnya pelaksanaan Vaksinasi atau pemberian vaksin, dan terakhir, observasi selama 30 menit pasca vaksinasi, untuk mengetahui kejadian lanjutan pasca vaksinasasi," ungkap Kepala Puskesmas KTK dr. Yuldawati, MKM.

Kegiatan vaksinasi ini juga dihadiri oleh Wakapolres Solok Kota, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Kabid Pasar Kota Solok, Kadisdukcapil Kota Solok, Kasat Intelkam Polres Solok Kota, Kasat Binmas Polres Solok Kota, Jajaran Polsekta Solok, dan rekan media cetak dan elektronik. Kegiatan difasilitasi dan dilakukan pengamanan oleh personel Polsek Kota Solok berdasarkan Surat perintah Kapolsek Kota Solok Nomor: Sprin/95/X/HUK.6.6/2021 tanggal 07 September 2021 dan kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Kota Solok AKP Sugianto, SH, MH. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment