News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Beli Mobil Dinas Baru di Tengah Pandemi Covid-19, Gubernur & Wagub Sumbar Jadi Sorotan

Beli Mobil Dinas Baru di Tengah Pandemi Covid-19, Gubernur & Wagub Sumbar Jadi Sorotan

PADANG - Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) jadi sorotan setelah keduanya membeli mobil dinas baru di tengah pandemi Covid-19. Dua mobil itu fantastis, kendaraan baru Wagub malah lebih mahal harganya.

Dua unit mobil dinas baru itu adalah Mitsubishi Pajero yang dipakai Gubernur Mahyeldi dan Hyundai Palisade untuk Wagub Audy Joinaldy. Mahyeldi mengaku tidak tahu jenis kendaraan yang digunakannya.

"Pajero ya? Apa mobilnya itu? Coba cek saja. Yang penting, saya (harga) di bawah saja. Yang dianggarkan Rp1,4 miliar, tapi saya lebih murah lagi," kata Mahyeldi saat ditanya wartawan, Selasa (17/8/2021).

Menurut Mahyeldi, pengadaan mobil dinas baru dianggarkan karena mobil lama sudah tidak bisa digunakan lagi. Mahyeldi menyebut kondisi mobil lama sudah bermasalah.

"Remnya blong dan segala macam. Yang lama beberapa kali ada gangguan transmisinya walaupun sudah kita servis, jadi tidak safety. Saya kira mobil yang saya pakai anggaran yang dialokasikan Rp1,4 M kalau tidak salah. Kita beli yang di bawah itu. Kepala dinas juga ada yang menggunakan mobil (baru)," katanya.

Lantas berapa harga mobil dinas baru Gubernur dan Wagub Sumbar?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan harga Pajero Sport 2021 mulai dari Rp 502,8 juta. Berikut detail harga on the road Jabodetabek Mitsubishi Pajero Sport facelift 2021:

- Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 MT: Rp 502,8 juta

- Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 AT: Rp 517,8 juta

- Mitsubishi Pajero Sport GLX 4x4 MT: Rp 567,8 juta

- Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT: Rp 575,7 juta

- Mitsubishi Pajero Sport Ultimate 4x2 AT: Rp 624,7 juta

- Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 AT: Rp 733,7 juta.

Sedangkan harga All-new Palisade tersedia dalam beberapa varian warna eksterior, mulai timeless black, white cream, steel graphite, dan moonlight cloud. Untuk pilihan warna interior tersedia dalam Black Mono-tone, Black+Burgundy, dan Navy+Warm Grey. Sementara banderolannya, hadir dengan pilihan 3 varian, Prime dengan harga Rp 777 juta, Signature dengan harga Rp 888 juta, dan Signature AWD dengan harga Rp 1,078 miliar. (on the road Jakarta).

Jika merujuk dari kisaran harga di atas, mobil dinas milik Wagub Sumbar lebih mahal dibanding kendaraan gubernurnya.

Dikritik DPRD

Anggota DPRD Sumbar Nofrizon menganggap Gubernur tak punya kepekaan atas nasib masyarakatnya. Mantan Wakil Ketua Pansus COVID-19 itu menyebut pengadaan mobil dinas baru di tengah pandemi ini merupakan sesuatu yang tak elok.

"Sungguh tak elok dan tak pantas dalam kondisi sekarang melakukan pengadaan mobil dinas. Alasannya mobil lama rusak. Memangnya Gubernur hanya punya satu mobil. Cek di garasinya. Tak masuk akal alasan yang dipakai," ujar politikus Partai Demokrat ini.

Nofrizon membandingkan Gubernur-Wakil Gubernur dengan Ketua DPRD Sumbar Supardi. Kader Partai Gerindra tersebut hingga kini masih menggunakan mobil dinas lama periode sebelumnya. (*/PN-001)

Sumber: detik.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment