News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

19 Ekor Sapi Pemkab Solok Hilang di Kandang UPTD PPTS, Penanggung Jawab Lari

19 Ekor Sapi Pemkab Solok Hilang di Kandang UPTD PPTS, Penanggung Jawab Lari

SOLOK - Belasan ekor sapi milik Pemerintah Kabupaten Solok hilang di kandang Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Pembibitan Ternak Sapi (PPTS) yang berada di Nagari Kuncir, Kecamatan X Koto Diatas. Hilangnya belasan sapi tersebut merugikan negara lebih dari Rp200 juta. Bupati Solok, Epyardi Asda, yang mengetahui informasi tersebut meminta pihak kepolisian mengusut kasus tersebut.

"Sapi milik Pemkab satu kandang peternakan hilang. Saya sebagai bupati baru di Solok ini meminta polisi usut tuntas siapa yang harus bertanggung jawab. Masyarakat harus tahu ini apa yang terjadi selama ini," ucapnya, Selasa (1/6/2021).

Inspektur Pemkab Solok, Hermantias mengatakan, sudah mengeluarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) bahkan sudah ada orang yang bertanggung jawab.

"Sudah lengkap dan sudah mempunyai bukti. Ketika mau ditagih tahu-tahu orang ini (yang bertanggung jawab) lari, kan jangka waktu tagihannya 60 hari. Akhirnya kami serahkan ke Polres. Sekarang sudah diproses dan apakah orang ini DPO kami tidak tahu," tuturnya.

Dijelaskannya ada sekitar 19 ekor milik Dinas Pertanian Kabupaten Solok yang hilang. Dari hasil audit, terdapat kerugian milik negara lebih dari Rp200 juta. Hermantias menyatakan sapi-sapi tersebut tidak produktif lagi dan akan dilelang.

"Ada sekitar 19 ekor yang hilang dan kerugiannya Rp200 juta lebih. Sapi itu sebenarnya sudah produktif lagi dan akan dilelang, tapi menjelang dilelang sapi itu hilang," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Siis menyampaikan, hilangnya sapi tersebut, diduga terjadi pada akhir 2019 hingga awal 2020. Saat itu, Dinas Pertanian Kabupaten Solok dipimpin oleh Admaizon, yang kini menjbat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok.

"Hilangnya sekitar akhir 2019. Sementara, saya jadi Kepala Dinas Pertanian pada Januari 2020. Kan nggak mungkin, sekali tarik sapi satu kandang itu hilang dalam sekejap," tuturnya. (*/PN-001)

Sumber: hantaran.co

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment