News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Komposisi TSR Pemkab Solok 1442 H, Tim Ramadhan Atau Tim Sukses?

Komposisi TSR Pemkab Solok 1442 H, Tim Ramadhan Atau Tim Sukses?

SOLOK - Hanya berselang dua hari memiliki Bupati dan Wakil Bupati baru, Pemkab Solok di bawah kepemimpinan Capt. Epyardi Asda, M.Mar dan Jon Firman Pandu, SH, melaksanakan Safari Ramadhan perdana pada Rabu malam (28/4/2021). Di hari perdana, Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemkab Solok mengunjungi 8 masjid yang terbagi dalam 8 tim. Dari SK TSR itu, komposisi tim terbilang janggal, karena hanya ada 9 pejabat eselon II yang diikutsertakan dalam tim. Komposisi tim, justru didominasi oleh pejabat setingkat kepala bidang (Kabid), kepala seksi (Kasi), kepala sub bagian (Kasubag), bahkan staf. Komposisi tim disinyalir merupakan para pegawai negeri sipil (PNS) yang menjadi "Tim Sukses" Epyardi Asda-Jon Firman Pandu di Pilkada Kabupaten Solok 9 Desember 2020 lalu. Alhasil, timbul pertanyaan, TSR Pemkab Solok 1442 H, apakah Tim Ramadhan ataukah Tim Sukses?

Tim I yang dipimpin oleh Bupati Solok Capt. Epyardi Asda, M.Mar, mengunjungi Masjid Raya Singkarak, yang merupakan masjid di kampung halaman Epyardi Asda. Komposisi tim, diisi oleh Ketua TP PKK Ny. Emiko Epyardi Asda, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Zulhendri, S.KM, M.Kes, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok Drs. Alizar, M.Ag, Pimpinan Bank Nagari Cabang Solok, Kepala Barenlitbang Erizal, SE, MM, dan Ketua Baznas Kabupaten Solok. 

Di tingkat Kabid, Kasi, dan Kasubag, terdapat sejumlah nama yang ikut dalam komposisi. Yakni Kabid Pangan Ir. Syoufitri, Kasubag Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Mairizo, SH, Kasi Logistik Bardiansyah, SH, Kabid Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Zainal Jusmar, S.Pd, MM, Kabid Pengelolaan Kearsipan Nofrizal, S.Pd, MM, Kasubag Peliputan Data dan Dokumentasi Dafitrach Yusrizal, S.Kom, M.Si. Dalam komposisi tim, juga diisi wartawan, mubaligh dan staf bagian Kesra.

Komposisi senada, juga terdapat di Tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati Jon Firman Pandu, SH, yang mengunjungi Masjid Nurul Huda, Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti. Bahkan, di tim tersebut, Jon Firman Pandu tidak didampingi satupun pejabat eselon II. 

Di Tim III yang dipimpin Ketua DPRD Dodi Hendra, yang mengunjungi Mushalla Nurul Hidayah Simpang IV Nagari Koto Hilalang, Kecamatan Kubung, terdapat dua pejabat eselon II. Yakni Kadis Perhubungan Muhammad Djoni, S.STP, M.Si dan Kadis Perikanan dan Pangan Ir. Admaizon. Bahkan, tim yang mengunjungi musgalla di kampung Ketua DPRD Dodi Hendra itu, juga diisi oleh Ketua KPU Kabupaten Solok, Kepala BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Solok. 

Tim IV yang mengunjungi Masjid Ijtihadul Muslimin, Jorong Subarang Nagari Kotobaru Kecamatan Kubung, dipimpin oleh Kajari Solok. Pejabat eselon II yang mendampingi adalah Kepala Bagian Pemerintahan yang juga Plt. Asisten Pemerintahan Drs. Syahrial, MM. Tim V yang dipimpin Dandim 0309/SOLOK, mengunjungi Masjid Nurul Iman, Jorong Koto Kaciak Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, didampingi oleh dua pejabat eselon II. Yakni Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Alnofiarman, S.Sos, MM, dan Kepala BPBD Armen, AP, MM. 

Tim VI yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kotobaru mengunjungi Mushalla Nurul Haq, Pakan Jumat Nagari Tanjung Bingkung, Kecamatan Kubung. Pejabat eselon II yang mendampingi adalah Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Effia Vivi Fortuna Ahadi Destri, ST, MM. Dalam tim, juga diikutkan suami Vivi, yakni Elafki, S.Pd, MM, seorang mantan guru yang kini menjabat Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Pasangan suami istri (Pasutri) ini dikenal sebagai pejabat Pemkab Solok yang berada di barisan terdepan mendukung Epyardi Asda-Jon Firman Pandu. Meski pada Pilkada Kabupaten Solok 2015 lalu, adalah Pasutri yang mendukung penuh Gusmal, SE, MM dan Yulfadri Nurdin, SH.

Tim VII dan VIII dipimpin oleh dua Wakil Ketua DPRD Ivony Munir dan Lucky Effendi. Ivony mengunjungi Masjid Raya Darussalam Lembang, dan didampingi oleh pejabat eselon II, Muliadi Marcos, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Sementara, Lucky Effendi memimpin tim ke Masjid Muhajirin, Jorong Koto Ateh, Nagari Aia Batumbuk Kecamatan Gunung Talang. Pejabat eselon II yang mendampingi adalah dr. Maryetty Marwarzi, MARS, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok. 

Jika dicermati, komposisi tim merupakan orang-orang yang merupakan tim sukses Epyardi Asda-Jon Pandu di Pilkada Kabupaten Solok 2020 lalu. Nama-nama tersebut sudah beredar luas, jauh sebelum Asda-Pandu ditetapkan sebagai pemenang. Bahkan, ada dua momentum nama-nama itu diumumkan ke publik. Yakni saat pengumuman 9 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sebelum Asda-Pandu dilantik, yakni pada Rabu, 14 April 2021 dan Jumat 16 April 2021. Serta kedua, saat 10 pimpinan OPD "dilantik" sebagai pelaksana tugas (Plt) pada hari pelantikan Asda-Pandu, 26 April 2021 lalu.

Pada "pengumuman" Kepala OPD "baru" pada Rabu 14 April 2021, Dinas Kesehatan menjadi OPD pertama yang sudah "memiliki" pimpinan baru pada Rabu (14/4). Jabatan yang kini dipegang oleh dr. Maryetti Marwazi, MARS, tersebut akan diisi oleh Zulhendri, S.KM, M.Kes, yang kini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Berlatar belakang "orang kesehatan", Zulhendri merupakan sumando (ipar) dari Epyardi Asda. 

Pada Jumat (16/4), sebanyak 8 kepala OPD Pemkab Solok ditetapkan oleh Epyardi Asda, Jon Firman Pandu dan tim pemenangan Asda-Pandu pada Pilkada Kabupaten Solok 2020. Delapan OPD yang ditetapkan adalah Kepala Dinas Sosial Teta Midra, S.STP, Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Romi Hendrawan, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Efriyanto, S.Sos, MM, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Ahpi Gusta Tusri, S.STP, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Afrialdi, SE, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Ricky Carnova, S.STP, MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Zulmarnus, MM, Kepala Dinas Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Drs. Zaitul Ikhlas. 

Sementara, sebanyak 10 orang Plt "dilantik" Epyardi Asda di Ruang Bupati Solok pada Senin (26/4/2021). Hanya beberapa jam setelah Epyardi Asda dan Jon Firman Pandu dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Solok di Auditorium Gubernuran Sumbar, Kota Padang. Para Plt yang "dilantik" tersebut adalah  Alkamra Adlis sebagai Plt Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran. Lalu, Alnofiarman sebagai Kepala Kesbangpol. Indra Muchsis, menjadi Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah. Nofrizal menjadi Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Deri Akmal menjabat Inspektur Pembantu IV Inspektorat Daerah. Hendri Syam sebagai Sekretaris Satpol PP dan Pemadam Kebakaran. Ratna Juwita sebagai Camat Gunung Talang. Bustaman Camat IX Sungai Lasi. Marjohan, sebagai Kepala Bidang  Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan dan Irman sebagai Kepala Bidang Kebudayaan. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment