News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Belum Dilantik, Asda-Pandu Sudah Tetapkan "Kabinet" Baru

Belum Dilantik, Asda-Pandu Sudah Tetapkan "Kabinet" Baru

SOLOK - Meski belum dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Solok, Capt. Epyardi Asda, M.Mar dan Jon Firman Pandu ternyata sudah mulai menetapkan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Solok. Setidaknya, sudah ada sembilan anggota "kabinet" Asda-Pandu yang telah ditetapkan di rumah pribadi Epyardi Asda di Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Dibawah pada Rabu (14/4) dan Jumat (16/4). 

Ancar-ancar kabinet tersebut "mendahului" proses di tingkat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dan penjaringan oleh panitia seleksi (Pansel). Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi. Permen PAN-RB ini ditetapkan dalam rangka untuk lebih memberikan kejelasan tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif yang harus dilaksanakan oleh berbagai instansi pemerintah.

Demikian juga dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. Pada Pasal 162 ayat (3) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 ditegaskan bahwa Gubernur, Bupati atau Walikota yang akan melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota, dalam jangka waktu  6 (enam)  bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Dinas Kesehatan menjadi OPD pertama yang sudah "memiliki" pimpinan baru pada Rabu (14/4). Jabatan yang kini dipegang oleh dr. Maryetti Marwazi, MARS, tersebut akan diisi oleh Zulhendri, S.KM, M.Kes, yang kini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Berlatar belakang "orang kesehatan", Zulhendri merupakan sumando (ipar) dari Epyardi Asda.

Pada Jumat (16/4), sebanyak 8 kepala OPD Pemkab Solok ditetapkan oleh Epyardi Asda, Jon Firman Pandu dan tim pemenangan Asda-Pandu pada Pilkada Kabupaten Solok 2020. Delapan OPD yang ditetapkan adalah Kepala Dinas Sosial Teta Midra, S.STP, Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Romi Hendrawan, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Efriyanto, S.Sos, MM, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Ahpi Gusta Tusri, S.STP, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Afrialdi, SE, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Ricky Carnova, S.STP, MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Zulmarnus, MM, Kepala Dinas Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Drs. Zaitul Ikhlas.

Dilansir sejumlah media, Epyardi Asda menegaskan langkah ini memang sengaja dilakukannya supaya dinas yang ada di Kabupaten Solok, bisa bekerja dan berpacu saat dirinya dan Jon Firman Pandu nanti dilantik pada 26 April mendatang. Epyardi menekankan, orang-orang yang ditunjuk menjadi kepala OPD tersebut merupakan orang-orang yang memiliki kapabilitas dan kapasitas di posisinya masing-masing.

"Mereka yang sudah saya dan bapak Wakil Bupati Jon Firman Pandu pilih ini, secepatnya nanti bisa bekerja. Karena tugas kami sangatlah berat, kami harus bisa menuntaskan janji-janji yang pernah kami sampaikan ke masyarakat semasa kampanye dulu. Mereka harus bisa membantu kami mewujudkan visi misi kami, Mambangkik Batang Tarandam, menjadikan Kabupaten Solok sebagai kabupaten terbaik di Sumatera Barat," ujar Epyardi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra, mengaku pihaknya baru mengetahui adanya susunan "kabinet" Asda-Pandu dari pemberitaan sejumlah media. Menurutnya, sebagai Ketua DPRD, dilibatkan atau tidak dirinya dalam penyusunan "kabinet" itu, Dodi Hendra mengaku tidak masalah. Sebab menurut politisi Partai Gerindra itu, hal itu merupakan hak penuh bagi Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Seperti diketahui, Partai Gerindra bersama Partai Amanat Nasional (PAN) merupakan dua partai pengusung Capt. Epyardi Asda - Jon Firman Pandu di Pilkada Kabupaten Solok 9 Desember 2020. 

"Saya yakin Bupati dan Wakil Bupati Solok terpilih, akan memilih orang orang yang profesional di bidangnya dan memiliki kapasitas dan kapabilitas. Sebagai lembaga pengawas, kita di DPRD akan selalu memonitor. Sebaiknya, kita serahkan saja ke beliau berdua. Tentu Asda-Pandu sudah memikirkannya dengan baik. Kalau saya sebagai bagian dari partai pengusung, kan panglima perang di Asda-Pandu," ujar Dodi Hendra sambil tertawa. (PN-001)

Grafis:

Pilihan Pejabat Pemkab Solok di Pilkada 2020


Sekda, Aswirman, netral.

Asisten 1 Pemerintahan, Edisar, Asda-Pandu.

Asisten 2 Ekbang, Medison, Nofi-Yulfadri.

Asisten 3 Administrasi Sony Sondra, netral.


Staf Ahli Sosbud Muliadi Marcos, Nofi-Yulfadri.

Staf Ahli Pembangunan, Syafrizal SJ, netral.

Staf Ahli Hukum Abdul Manan, Nofi-Yulfadri


Inspektur Daerah, Hermantias, Nofi-Yulfadri.

Barenlitbang, Erizal, Nofi-Yulfadri.

BKD, Editiawarman, Nofi-Yulfadri.

BKSDM, Aliber Mulyadi, Nofi-Yulfadri.


Disdik, Zulkisar, Nofi-Yulfadri.

Dinkes, Maryetti Marmazi, Nofi-Yulfadri.

Dispar, Nasripul Romika, Nofi-Yulfadri.

Pertanian, Si Is, Desra-Adli.

Kominfo, Deni Prihatni, Desra-Adli.

Sosial, Yandra Prasat, Nofi-Yulfadri.

PTSP Naker Kennedy Hamzah, Nofi-Yulfadri.

PUPR, Syaiful, netral.

Perkim, Vivi Effia Fortuna, Asda-Pandu.

Ketahanan pangan dan Perikanan, Admaizon, Asda-Pandu.

Arsip dan Perpustakaan, Asda-Pandu.

KB, Zulfahmi, Nofi-Yulfadri.

Koperindag, Evanasri, Nofi-Yulfadri.

Perhubungan, M Jhoni, Asda-Pandu.

Direktur RSUD, Johanes, Asda-Pandu.

Kesbangpol, Junaidi, Nofi-Yulfadri.

Satpol PP Damkar, Efriadi, Nofi-Yulfadri.

Sekwan, Suharmen Thaib, Nofi-Yulfadri.

Kepala BPBD, Armen AP, Asda-Pandu.

Capil Kependudukan, Rahayatul Hidayat, Nofi-Yulfadri.

Dinas Lingkungan Hidup, Bahrizal, Nofi-Yulfadri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari, Feris Novel, Desra-Adli.


Kabag Umum, Syefdinon, Nofi-Yulfadri.

Kabag Perekonomian, Beni, Nofi-Yulfadri.

Kabag Humas, Syofiar Syam, Nofi-Yulfadri.

Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, Asda-Pandu.

Kabag Pemerintahan, Syahrial, Asda-Pandu.

Kabag Hukum, Syamsul Bahri, Nofi-Yulfadri.

Kabag Pembangunan, Doni Elfi, Nofi-Yulfadri.

Kabag Unit Layanan Pengadaan, Khairul, Asda-Pandu.

Kabag Organisasi, Zulfadli, Desra-Adli.

Kabag Kerja Rantau, Devi Pribadi, Nofi-Yulfadri.

Kabag Keuangan, Fitria Nanda, Desra-Adli.


Camat Gunung Talang, Misran Misdagar, Nofi-Yulfadri.

Camat Kubung, Ricky Carnova, Asda-Pandu.

Camat Sungai Lasi, Reflidon, Nofi-Yulfadri.

Camat X Koto Diateh, Teta Midra, Asda-Pandu.

Camat Singkarak, Suyanto Amrita, Asda-Pandu.

Camat Junjung Sirih, Arman, Nofi-Yulfadri.

Camat Bukit Sundi, Effiyardi, netral.

Camat Payung Sekaki, Irwan Effendi, Nofi-Yulfadri.

Camat Tigo Lurah, Nofi-Yulfadri.

Camat Lembang Jaya, Pice, Asda-Pandu.

Danau Kembar, Eka, Nofi-Yulfadri.

Camat Lembah Gumanti, Zaitul Ikhlas, Desra-Adli.

Camat Hiliran Gumanti, Romi Setiawan, Nofi-Yulfadri.

Camat Pantai Cermin, Krismon, Desra-Adli. (***)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment