News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ivoni "Mak Poni" Munir Dilantik Menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok

Ivoni "Mak Poni" Munir Dilantik Menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok

SOLOK - Struktur pimpinan DPRD Kabupaten Solok berubah. Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Solok, Ivoni Munir, S. Farm, Apt, dikukuhkan menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, menggantikan Renaldo Gusmal, sisa masa jabatan 2019-2024, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Solok, Selasa (30/3/2021). Dalam Rapat Paripurna hadir Ketua DPRD Kabupaten Dodi Hendra, Plh Bupati Solok Aswirman, SE. MM, Wakil Ketua DPRD Lucki Efendi, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Forkopimda, Sekwan DPRD Kabupaten Solok, Drs. Suharmen Thaib, MM, para Kepala OPD Pemkab Solok dan tamu undangan.

Ketua DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra menyampaikan bahwa setelah diterbitkannya Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor : 171- 208 -2021 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Solok tertanggal 25 Maret 2021, Memutuskan Pengangkatan Ivoni Munir, S.Farm, Apt sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok sisa masa jabatan 2019-2024.

"Kami selaku Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Kabupaten Solok mengucapkan selamat kepada saudara Ivoni Munir yang telah dipercaya menjadi Pimpinan DPRD Pengganti Antar Waktu Kabupaten Solok sisa masa jabatan 2019-2024 untuk dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik nantinya," sebut Dodi Hendra.

Plh Bupati Solok Aswirman, SE, MM, dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Solok menyampaikan ucapan selamat kepada Ivoni Munir, S.Farm, Apt sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Pengganti Antar Waktu dari Partai Amanat Nasional. 

"Agenda ini merupakan sebuah proses politik yang harus dilakukan. Sebagai upaya memenuhi kelengkapan Pimpinan DPRD Kabupaten Solok. Dengan telah diucapkannya sumpah/janji Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Solok Sisa Masa Jabatan 2019-2024. Pemerintah daerah berharap fungsi legislasi, anggaran (budgeting) dan juga pengawasan yang dimiliki DPRD dapat berjalan lebih optimal dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya terhadap kemajuan  daerah serta kesejahteraan masyarakat. Pimpinan DPRD merupakan satu kesatuan yang kolektif dan kolegial.  Tindakan dan atau keputusan rapat paripurna oleh satu pimpinan atau lebih unsur Pimpinan DPRD, dalam melaksanakan tugas dan wewenang merupakan tindakan danatau keputusan semua unsur Pimpinan DPRD," ujarnya. 

Aswirman juga menyatakann, kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pimpinan DPRD dan Sekretariat DPRD sebagai organisasi perangkat daerah yang bertanggung jawab kepada Kepala Daerah, menjadi penting dan dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar penyusunan rencana kerja DPRD selaras dengan dokumen perencanaan dan menjadi pedoman bagi Sekretariat DPRD dalam menyusun dokumen rencana dan anggaran. 

"Hubungan kerja harmonis antara legislatif dan eksekutif yang telah kita bina selama ini, sebagai pemegang dan pelaksana amanat masyarakat, untuk dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang. Agar terselenggaraanya pemerintahan yang baik, bersih dan sesuai dengan koridor hukum dan peraturan perundang-undangan. Masih banyak program yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, sehingga saya berharap agar DPRD dan stake holder dapat bekerja sama untuk mencapai kesejahteraan  masyarakat Kabupaten Solok.  Berhasil tidaknya penyelenggaraan pembangunan di daerah ini, salah satunya tergantung kepada peran serta DPRD Kabupaten Solok. Fungsi pengawasan yang dimiliki oleh DPRD pada hakikatnya sebagai kontrol untuk menjamin mutu dan kualitas pekerjaaan yang dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati bersama. Ini penting untuk suksesnya usaha kita bersama mewujudkan Kabupaten Solok menjadi Kabupaten terbaik," ujarnya.

Sementara itu, Ivoni Munir menyebutkan bahwa jabatan Wakil Ketua yang diembannya, merupakan sebuah amanah bukan untuk gagah-gagahan.

"Saya diamanahkan oleh Partai PAN untuk menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD. Hal ink berarti semua yang saya peroleh ini bukan semata sebuah jabatan, tetapi lebih ke sebuah beban dan tanggung jawab moral terhadap partai dan terhadap masyarakat Kabupaten Solok," ungkap Ivoni Munir. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment