News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Kota Solok: Suksesnya Pemilu Tidak Hanya Tergantung Penyelenggara

Bawaslu Kota Solok: Suksesnya Pemilu Tidak Hanya Tergantung Penyelenggara

SOLOK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok menggelar Rapat Pembinaan/Pelaksanaan Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Pemilu, di Mami Hotel, Kota Solok, Sabtu (27/3/2021). Kegiatan itu dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, S.Pd, didampingi Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran Rafiqul Amin, S.Pd.I, Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakan dan Hubungan Antar Lembaga Dr. Budi Santosa, MP, Kepala Sekretariat Agustin Melta, S.Sos.

Turut hadir Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin, SH, M.Si, Komisioner KPU Kota Solok Divisi Hukum dan Pengawasan Susi Kartikawati, SH, Kasdim 0309/Solok Mayor INF Hendra Bagus Arioko, serta Ketua LKAAM Kota Solok Rusli Khatib Sulaiman.

Dalam sambutannya, Triati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak hingga Pilkada serentak tahun 2021 berjalan sukses meski di tengah bencana wabah Covid-19 yang tengah melanda negeri ini. Menurutnya, semua itu tidak terlepas dari peran serta seluruh stakeholder dan dukungan segenap masyarakat. Triati, juga menyatakan walau pemilihan sudah selesai, namun harus terus memperdalam pengetahuan dan wawasan dalam pelaksanaan Pemilu, karena semua yg terjadi dalam rangkaian Pemilu/Pilkada bisa dijadikan pelajaran ke depan.

"Suksesnya pelaksanaan Pemilu tidak hanya tergantung pada penyelenggara, melainkan seluruh pihak. Termasuk, peran universitas sangat dibutuhkan dalam memberikan pendidikan politik pada mahasiswanya. Serta pemerintah memberi edukasi pada masyarakat. Beberapa waktu lalu, ada 32 perkara yang diputuskan MK, dan 16 di antaranya diputuskan untuk melaksanakan PSU. Bahkan di Probolinggo, pemenang Pilkada sebelumnya tereliminasi dalam PSU," ujarnya.

Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait apa yang telah dilakukan Bawaslu bersama KPU dalam melaksanakan rangkaian proses pemilihan, khususnya dalam tugas-tugas pengawasan.

"Melalui kegiatan ini sekaligus sebagai momentum evaluasi, serta untuk kemudian melahirkan ide-ide atau gagasan baru untuk lebih baik kedepannya," sebut Karnalis.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Agustin Melta selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta sebanyak 34 orang, terdiri dari jajaran anggota Bawaslu Kota Solok, TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan, Sat Pol PP, Kesbangpol dan unsur terkait lainnya, serta universitas yang ada di Kota Solok UMMY dan STAI. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber dalam dua sesi, yakni Rektor Universitas Eka Sakti (Unes) Padang Dr. Otong Rosadi, SH, MH. Di sesi kedua, tampil sebagai narasumber adalah Dosen Universitas Andalas Dr. Yoserwan, SH, MH, LLM. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment