News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Dharmasraya Sosialisasi Hasil Pengawasan Pilkada 9 Desember 2020

Bawaslu Dharmasraya Sosialisasi Hasil Pengawasan Pilkada 9 Desember 2020

PULAU PUNJUNG - Badan Pengawas Pimilu Kabupaten Dharmasraya gelar sosialisasi hasil pengawasan pemilu, Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) serentak 09 Desember silam. Meski semua tahapan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan regulasi yang ada, akan tetapi tentu saja ada hal-hal yang perlu dievaluasi demi perbaikan kualitas pemilu yang akan datang.

Hal itu yang dikemukakan oleh Kordiv Pengawasan dan Hubungan Masyarakat, Bawaslu Dharmasraya, Laila Husni, dalam acara Sosialisasi Hasil Pengawasan Pemilu Dengan Masyarakat.

"Sosialisasi ini bahagian dari evaluasi kerja Bawaslu selama proses pilkada 2020 kemarin," ujarnya.

Pihaknya tak menapik, selama proses dan tahapan pilkada, selaku pengawas pemilu tentunya, ada yang perlu dibenahi, agar pemilu kedepan menjadi lebih baik lagi.

"Melalui masukan dari masyarakat akan menjadi bahan perbaikan Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu kedepan," katanya.

Bukan hanya itu, sosialisasasi yang digelar digedung pertemuan Hotel Umega Gunung Medan itu, sekaligus mengemukakan kepada masyarakat apa saja tugas dan tanggungjawab Bawaslu.

"Hal ini agar, masyarakat proaktif dalam melakukan pengawasan dan memahami haknya, pada saat pemilu dilaksanakan," imbuhnya.

Dikatakan Laila, Bawaslu bertindak bikan semata sebagai pengawas saja, lebih dari itu kewenangannya bisa juga sebagai hakim atau eksekutor penyelesaian masalah Pemilu. Menurutnya, peran utama Badan Pengawas Pemilu adalah melakukan pencegahan sebelum melakukan tindakan.

"Kita tentu saja lebih mengedepankan pencegahan dari pada melakukan tindakan, agar bentuk pelanggaran dapat diminimalisir," katanya.

Diungkapkannya, pada Pilkada yang lalu memang masih ditemukan pelanggaran-pelanggaran, akan tetapi semuanya dapat diselesikan oleh pihak Bawaslu.

"Memang pada pemilu terakhir kemaren masih didapati pelangaran, dan semuanya bisa kita selesaikan secara bersama-sama sesuai dengan regulasi yang ada," pungkasnya.

Hadir dalam sosialisasasi itu, sejumlah Ormas, sperti KNPI, Pemuda Muhammadiyah, Aisyah, NU, Muhammadiyah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ibu-ibu Persi serta organisasi kepemudaan lainya. (PN-019)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment