News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas Dalam Musrenbang Kelurahan Tanah Garam Kota Solok

Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas Dalam Musrenbang Kelurahan Tanah Garam Kota Solok

SOLOK - Pemulihan ekonomi pasca pandemi virus corona (Covid-19) menjadi prioritas dalam Musyawarah Petencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2022 di Kantor Lurah Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Rabu (3/1). Kegiatan itu dihadiri Anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh, Rusnaldi,Taufiq Nizam dan Wazadly. Turut hadir, Camat Lubuk Sikarah Novri Aprilizen, S.STP, Msi Sekretaris Bappeda Hendrizal, SH, Ketua LPMK Jasrizal Syarief Dt Malano Sati  dan Tokoh masyarakat serta RT dan RW.

Musrenbang di Kelurahan Tanah Garam mengambil tema; "Melalui Musrenbang Kelurahan kita tingkatkan partisipasi masyarakat dalam Pembangunan di segala bidang".

Ketua LPMK Tanah Garam Jasrizal Syarief dalam sambutannya menyampaikan dalam Musrenbang ini diprioritaskan untuk memulihkan ekonomi yang semakin merosot semenjak Covid-19. 

"Prioritaskan saat ini adalah memaksimalkan usaha kecil dan menengah. Untuk pemulihan ekonomi secara bersama-sama kedepannya," ujarnya.

Camat Lubuk Sikarah Novri Aprilizen dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengisi aplikasi usulan perencanaan. Menurutnya, untuk saat ini pihaknya memang mengutamakan usulan di bidang ekonomi agar roda ekonomi dapat berjalan normal kembali karena dilanda pandemi Covid-19. Novri menyatakan saat ini ada dana kelurahan untuk sarana dan prasarana namun itu belum lagi maksimal. 

"Mudah-mudahan ditahun depan ada lagi dana Goro badunsanak untuk masing-masing kelurahan, karena cukup memiliki dampak yang besar terhadap kelurahan. Semoga melalui Musrenbang ini dapat di susun rencana program dan kegiatan yang betul-betul prioritas dan strategis. Sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Novri.

Anggota DPRD Rusdi Saleh menjelaskan agar segala elemen untuk bisa memberikan usulan prioritas untuk pembangunan, terutama bidang ekonomi. Rusdi Saleh juga mengajak seluruh elemen masyarakat untum sama-sama mengawal usulan itu, agar bisa difasilitasi dengan. Menurut Anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional itu, Musrenbang merupakan sebuah tempat untuk menampung aspirasi masyarakat secara riil.

"Kami berharap dengan APBD kita yang sangat kecil ini hendaknya betul-betul kebutuhan mendesak dulu yang kita prioritaskan. Proses untuk saat sekarang merupakan perencanaan untuk tahun 2022. Kami meminta kepada camat untuk transparan mana yang akan kita fokuskan kebutuhan masyarakat pada hari ini," ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota DPRD dari Partai Hanura, Rusnaldi. Dikatakannya agar Musrenbang kali ini tidak fokus hanya pada masalah pembangunan saja, namun juga kesejahteraan masyarakat. Musrenbang diharapkan dapat melahirkan terobosan serta ide perencanaan yang dapat membantu percepatan pemulihan seperti meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui ekonomi kreatif.

"Saat kita berbicara pembanguan berkualitas maka kita berbicara bagaimana kita mengembalikan, memulihkan agar dampak kontraksi perekonomian yang besar ini akan bisa terselesaikan. Kita berharap pemulihan yang nantinya kita bisa dorong adalah pemulihan yang memberi kesempatan berkembang bagi masyarakat," terangnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment