News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ingin Jadikan Kota Solok Sebagai Kota Pendidikan, Pemko Solok Harus Miliki Political Will

Ingin Jadikan Kota Solok Sebagai Kota Pendidikan, Pemko Solok Harus Miliki Political Will

SOLOK - Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng meminta Pemko Solok untuk memberi perhatian lebih terhadap kondisi perguruan tinggi yang ada di Kota Solok. Saat ini, menurut Coneng, ada setidaknya tiga perguruan tinggi yang eksis dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Solok dan sekitarnya. Yakni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY), Sekolah Tinggi Agama Islam Solok Nan Indah (STAI SNI), dan Akademi Keperawatan Yayasan Pendidikan Tenaga Kesehatan (Akper YPTK). Hal ini menurutnya sangat penting sebagai salah satu visi unggulan Walikota-Wakil Walikota Solok, Zul Elfian-Ramadhani Kirana Putra, yakni menjadikan Kota Solok sebagai Kota Pendidikan.

"Salah satu visi unggulan Zul Elfian-Ramadhani adalah ingin menjadikan Kota Solok sebagai kota pendidikan. Kota Solok memiliki tiga perguruan tinggi yang eksis dan telah melahirkan lukusan yang berkarier di berbagai bidang. Tapi perguruan tinggi tersebut, harus mendapat dorongan dan dukungan penuh dari Pemko Solok," jelas Efriyon Coneng, Minggu (28/2/21).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menerangkan bahwa adanya Kampus di kota Solok akan mendatangkan manfaat yang banyak bagi Kota Solok. Menurut Coneng, selain meningkatkan kualitas SDM, perguruan tinggi juga bisa membantu geliat ekonomi di Kota Solok. Semisal usaha rumah kost, warung makan, toko alat tulis, toko pakaian dan lain-lain. 

"Keberadaan perguruan tinggi akan mendongkrak perekonomian masyarakat. Terutama di sektor kuliner, perdagangan dan jasa. Misalnya, ada STAI SNI yabg dulu menjadi kampus favorit di Kota Solok. Untuk itu, Pemko Solok harus mampu mendorong kualitas kampus menjadi lebih baik Ke depannya. Sehingga akan menarik minat para pelajar di Kota Solok dan Sumbar," ungkapnya. 

Tanpa adanya dorongan dan bantuan dari Pemko Solok, Coneng yakin kampus-kampus di Kota Solok sulit untuk maju. Coneng pun meyakini bahwa baiknya kualitas pendidikan di Kota Solok akan sangat berguna bagi putra putri Solok yang tak punya kesempatan untuk merantau.

"Harus ada political will dari Pemkot. Disamping harus ada komunikasi yang baik juga dari kampus kepada semua pihak terkait. Perlu diingat, tidak semua anak Solok berkesempatan merantau untuk sekolah. Jadi bagi mereka yang tak merantau pun harus ada pilihan tempat menimba ilmu yang layak di Kota Solok," ungkapnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment