News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dodi Hendra Dilantik Menjadi Ketua DPRD Kabupaten Solok 2021-2024

Dodi Hendra Dilantik Menjadi Ketua DPRD Kabupaten Solok 2021-2024

SOLOK - Anggota DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra, dikukuhkan menjadi Ketua Definitif DPRD Kabupaten Solok, menggantikan Jon Firman Pandu, Rabu sore (13/1/2021). Jon Firman Pandu sebelumnya mundur dari Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Solok karena maju pada Pilkada menjadi Calon Wakil Bupati Solok mendampingi Epyardi Asda. Acara pengukuhan digelar di Ruang sidang utama kantor DPRD Kabupaten Solok, melalui sidang Paripurna Istimewa yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Lucki Effendi. 

Tampak hadir Bupati Solok Gusmal, SE. MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Renaldo Gusmal dan Lucki Efendi, Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Solok, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD di Lingkup Pemkab Solok, Ketua PA Koto Baru, Muhammad Ismet, S.Ag, MA, Ketua PN Koto Baru, Purnomo Hadiyanto, SH, Forkopimda, beberapa Ketua DPRD dan Anggota DPRD Kab/Kota tetangga serta pimpinan instansi vertikal terkait beserta Jon Firman Pandu sendiri.

Usai pembacaan sumpah jabatan yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Solok dan sekaligus penyerahan palu sidang oleh pimpinan sidang kepada Dodi Hendra.

Bupati Solok Gusmal dalam amanatnya menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Solok menyampaikan ucapan selamat kepada Sdr Dodi Hendra sebagai Ketua DPRD Kabupaten Solok Pengganti Antar Waktu.

"Ini merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi  kelengkapan Pimpinan DPRD.  Dengan telah diambilnya sumpah Ketua DPRD Sisa Masa Jabatan 2019-2024. Kita berharap fungsi legislasi, anggaran (budgeting) dan juga pengawasan yang dimiliki DPRD dapat berjalan lebih optimal dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya terhadap kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Gusmal juga berharap lembaga DPRD sebagai mitra kerja dan berkedudukan sejajar dengan Pemerintah Kabupaten Solok dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah, bisa bekerja berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan. 

"Hubungan kerja yang harmonis antara legislatif dan eksekutif yang telah kita bina selama ini, sebagai pemegang dan pelaksana amanat masyarakat, untuk dapat terus kita pertahankan dan tingkatkan di masa yang akan datang. Hal ini penting untuk terselenggaranya pemerintahan yang baik, bersih dan sesuai dengan peraturan-koridor hukum dan peraturan perundang-undangan. Masih banyak program yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, sehingga DPRD dan stake holder dapat mencapai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Solok," ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai Ketua DPRD yang baru, dari lubuk hati yang paling dalam kami berharap dukungan penuh, terutama seluruh Anggota DPRD Kabupaten Solok. Sebagai yang diberi amanah Ketua DPRD Kabupaten Solok menggantikan Jon Firman Pandu, berjanji akan membangun komunikasi dengan baik dengan seluruh stakeholder yang ada termasuk dengan rekan sesama anggota dewan dari Gerindra. 

"Intinya adalah komunikasi dan kita akan bersinergisitas dengan semua unsur dan lembaga eksekutif dan lembaga legislatif juga terus dapat berjalan dengan baik dengan tujuan yang sama, yakni membangun Kabupaten Solok secara bersama-sama," sebut Dodi Hendra.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra Dt Pandeka Sati diamanahkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menjadi Ketua DPRD Kabupaten Solok masa bakti 2020-2024. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) DPP Partai Gerindra Nomor 10-0176/Kota/DPP-GERINDRA/2020, tertanggal 12 Oktober 2020. SK ini, ditandatangani langsung oleh Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani

SK dari DPP Partai Gerindra tersebut, secara otomatis mencabut SK DPP Gerindra Nomor 08-0084/Kpts/DPP-GERINDRA/2019 tanggal 5 Agustus 2019 tentang Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi Partai Gerindra Kabupaten Solok 2019-2024. Selain menetapkan Pimpinan DPRD Dodi Hendra, SK tersebut juga mengukuhkan Hafni Hafis sebagai Ketua Fraksi Gerindra Kabupaten Solok 2020-2024. 

SK dari DPP Gerindra tersebut, sebelumnya telah melalui rangkaian proses yang sangat panjang. Di antaranya, terbitnya Surat dari DPD Gerindra Sumbar nomor 35/DPD-GERINDRA/SUMBAR/X/2020 dan Surat dari DPD Gerindra Sumbar nomor 36/DPD-GERINDRA/SUMBAR/X/2020 tanggal 2 Oktober 2020 tentang pergantian pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi Partai Gerindra. Kemudian, Rekomendasi Tim Seleksi Penetapan Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi Gerindra Nomor 10-0441/TSDPRD/DPP-GERINDRA/2020 tanggal 12 Oktober 2020 tentang pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi Partai Gerindra Kabupaten Solok.

Lau, Keputusan Rapat Ketua Dewan Pembina dengan Tim Seleksi Penetapan Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi Partai Gerindra tanggal 4 Agustus 2020.

Perpolitikan di Kabupaten Solok saat ini benar-benar dikuasai oleh Partai Gerindra. Terbukti, saat ini partai berlambang Kepala Garuda tersebut, berhasil menjadi pemenang di Pileg 2019 dengan menempatkan 6 kadernya di DPRD Kabupaten Solok. Hal itu berlanjut di Pilkada Kabupaten Solok 9 April 2020 lalu. Dimana Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok, sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu Gerindra di Eksekutif, Jon Firman Pandu maju sebagai Calon Wakil Bupati Solok mendampingi Capt. Epyardi Asda. Dari hasil rekpitulasi KPU, Asda-Pandu dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak.

Pada Pileg 2019 lalu, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memimpin daftar suara terbanyak di Pileg DPRD Kabupaten Solok periode 2019-2024. Partai berlambang kepala garuda, memperoleh 29.596 suara masyarakat Kabupaten Solok. Partai besutan Prabowo Subianto itu juga sukses mengantarkan enam wakilnya ke "Rumah Bagonjong". Yakni, Dodi Hendra dan Iskan Nofis dari daerah pemilihan (Dapil) I Kecamatan Kubung, Gunung Talang dan IX Koto Sungai Lasi. Septrismen dari Dapil II yang meliputi Kecamatan X Koto Singkarak, X Koto Diateh dan Junjung Sirih. Jon Firman Pandu dari Dapil III Bukit Sundi, Payung Sekaki, Lembang Jaya, Danau Kembar dan Tigo Lurah. Serta, Arlon Sutan Sati dan Hafni Hafis dari Dapil IV Lembah Gumanti, Hiliran Gumanti dan Pantai Cermin. 

Hasil ini membuat Gerindra berhak atas jabatan Ketua DPRD Kabupaten Solok periode 2019-2024 atau BA 3 H. Posisi tersebut kemudian diamanahkan ke Jon Firman Pandu, yang merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok. Dalam Pilkada Kabupaten Solok 9 Desember lalu, Jon Firman Pandu maju di eskalasi dengan menjadi Cawabup Solok bersama Capt. Epyardi Asda. Posisi JFP sebagai Anggota DPRD, kemudian digantikan oleh Madra Indriawan. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment