News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Geliatkan UMKM, Pemko Sawahlunto Serahkan Bantuan Gerobak, Payung Set dan Packaging

Geliatkan UMKM, Pemko Sawahlunto Serahkan Bantuan Gerobak, Payung Set dan Packaging

SAWAHLUNTO - Pemko Sawahlunto, Sumatera Barat, menyerahkan bantuan perlengkapan penunjang kegiatan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di Pasar Sawahlunto, Kamis (24/12/2020). Bantuan yang terdiri dari gerobak, payung set, packaging (bungkus/kemasan produk) dan westafel serta masker itu diserahkan langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH bersama Wakil Walikota Zohirin Sayuti, serta Sekretaris Daerah Dr. dr. Ambun Kadri.  

Wako Deri Asta menyatakan bahwa bantuan ini merupakan wujud komitmen Pemko Sawahlunto dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas kegiatan UMKM.

"Dengan adanya bantuan alat-alat dan perlengkapan penunjang kegiatan bagi pelaku UMKM ini, diharapkan nilai jual produk UMKM juga ikut meningkat. Sehingga, tidak hanya untuk meningkatkan kebersihan dan kerapian dari produk yang dijual. Muaranya adalah untuk menumbuhkan iklim perekonomian Kota Sawahlunto secara luas," ujarnya. 

Deri Asta juga menjelaskan, penerima bantuan adalah para pelaku UMKM yang telah terbukti ada usahanya dan telah mendapatkan rekomendasi dan surat keterangan dari Desa atau Kelurahan masing-masing.

"Tentu dari sekian banyak yang mendaftar, belum semua yang lolos menerima sekarang. Karena kita pun ada keterbatasan anggaran, sehingga jumlah bantuan yang bisa kita berikan itu terbatas jadi ada seleksi terlebih dahulu. Namun bagi yang saat ini belum lolos, jangan berputus asa. Silakan kembali mendaftarkan diri di tahun 2021 mendatang," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Sawahlunto, Marwan, melaporkan bantuan berupa gerobak diberikan sebanyak 20 unit. Kemudian payung set (lengkap dengan kursi) sebanyak 38 unit. Lalu, peralatan packaging (pengemasan) untuk 11 UMKM dengan rincian setiap UMKM memperoleh 1.000 sampai 3.000 pieces.

"Bagi pengelola pasar, kita juga memperoleh bantuan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat berupa westafel dan masker. Westafel ada 6 unit, masker 600 buah," kata Marwan.

Marwan juga menambahkan, para pedagang kaki lima (PKL) di Sawahlunto, selain bantuan gerobak sejumlah 20 unit dari Pemko Sawahlunto, juga ditambah dengan gerobak bantuan dari Kementerian Perdagangan RI. (*/PN-001)

Sumber: Humas Pemko Sawahlunto

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment