News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bertambah 7 Orang, Warga Kota Solok Positif Covid-19 Menjadi 55 Orang

Bertambah 7 Orang, Warga Kota Solok Positif Covid-19 Menjadi 55 Orang

SOLOK - Sebanyak tujuh warga Kota Solok, terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19), Kamis (13/8). Penambahan tujuh pasien tersebut diperoleh dari hasil pemeriksaan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang terhadap 139 sampel swab tes dikirim pada hari Senin tanggal 10 Agustus 2020 terkait kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya. Sebanyak satu orang merupakan hasil sampel konversi pasien 26.

Sebanyak 6 orang terkonfirmasi positif baru tersebut, adalah Ny. RSR usia 28 tahun warga Komplek Jondul IV Blok HH/II RT 02 RW, Pekerjaan Pegawai Kontrak PSC Banda Panduang, sehari-hari berdomisili di Kelurahan IX Korong, pasien 50. RSR merupakan kontak erat pasien 33. Kemudian, Tn. FI usia 33 tahun Warga Gelanggang Betung 02/04 Kelurahan Nan Balimo, Pekerjaan Swasta, pasien 51. Merupakan kontak erat pasien 33. Lalu, Tn. A usia 52 tahun warga Gelanggang Betung 02/04 Kelurahan Nan Balimo, pasien 52. Merupakan kontak erat pasien 33.

Selanjutnya, Ny. M usia 47 tahun warga Gelanggang Betung 02/04 Kelurahan Nan Balimo, Pekerjaan Berdagang, pasien 53. Merupakan kontak erat pasien 33. Kemudian, Ny. LA usia 35 tahun warga Jalan Manunggal Air Mati Kelurahan PPA, Pekerjaan ASN/ Guru SD 16 Koto baru Kab solok, pasien 54. Merupakan kontak erat pasien 32. Terkahir, Anak Perempuan AAN usia 6 tahun warga Jalan Manunggal Air Mati Kelurahan PPA, pasien 55. Merupakan kontak erat pasien 32.

Dengan adanya tambahan 6 kasus positif ini, kembali menambah deretan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Solok yakni menjadi 55 orang. Dengan jumlah yang sembuh sementara masih 10 orang.

Untuk wilayah Kecamatan Lubuk Sikarah yang sebelumnya 25 orang menjadi 26
orang kasus, hari ini bertambah 1 orang di Kelurahan IX Korong. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Tanjung Harapan yang sebelumnya 24 orang menjadi  29 orang dengan penambahan 5 orang yang tersebar pada Kelurahan Nan Balimo sebanyak 3 orang dan Kelurahan PPA sebanyak 2 orang.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solok, Syaiful Rustam, dalam keterangan persnya, menyatakan seiring dengan adanya penambahan kasus terkonfirmasi, pihaknya mengajak semua warga Kota Solok untuk senantiasa berdoa semoga semua pasien yang terkonfirmasi segera diberikan kesembuhan. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solok tersebut juga mengharapkan kebersamaan kita dalam keikutsertaan memberikan dukungan dan motivasi kepada warga yang saat ini terkonfirmasi, terutama dukungan keluarga, kerabat dan lingkungan sekitar.

"Bagaimanapun juga terkonfirmasi positif Covid-19 bukanlah sebuah aib sehingga harus dimusuhi apalagi dikucilkan. Akan tetapi sebaliknya, dukungan dan peran serta kita semua, ikut membantu percepatan pemulihan kondisi setiap pasien terkonfirmasi. Terutama yang menjalani isolasi mandiri. Proses pemulihan akan semakin cepat jika psikologis pasien baik, sehingga membantu meningkatkan daya imunitasnya yang sangat diperlukan dalam melawan virus. Untuk itu mari kita beri dukungan baik langsung maupun tidak langsung. Semoga makin hari makin bertambah tingkat kesembuhan saudara-saudara kita yang terkonfirmasi positif tersebut," ungkapnya.

Melihat kondisi ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solok meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan covid-19.

"Senantiasa pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang ke rumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi. Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara didepan makanan, walaupun pakai masker. Tetaplah jaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui penerapan pola hidup sehat dan perilaku hidup bersih. Marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Mari kita semua dapat menjalani adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif aman Covid-19 dengan saling mengingatkan. Lindungi diri kita karena dengan melindungi diri kita dengan sendirinya kita telah melindungi orang lain," ujarnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment