News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Satgas TMMD Kodim 0307 Tanah Datar Lakukan Penyuluhan Hortikultura ke Petani Panyalaian

Satgas TMMD Kodim 0307 Tanah Datar Lakukan Penyuluhan Hortikultura ke Petani Panyalaian

TANAH DATAR - Memasuki hari ke-14 kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0307 Tanah Datar, Satuan Tugas (Satgas) menggelar kegiatan penyuluhan pertanian bagi petani di Kantor Walinagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Tanah Datar, Selasa (14/7/2020). Materi penyuluhan diberikan oleh Kasi Hortikultura Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Tanah Datar, Syaiful, SP, dan dihadiri personel Kodim 0307 Tanah Datar dan masyarakat setempat.

Dalam paparannya, Syaiful, SP, menyatakan Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Tanah Datar merupakan kawasan sentra hortikultura di Sumbar. Menurutnya, kondisi tersebut harus didukung dengan perubahan pola pikir petani setempat. Syaiful menyebutkan, selama ini petani Nagari Panyalaian bertanam hortikultura hanya untuk pemenuhan kebutuhan hidup, padahal sebenarnya hortikultura merupakan komuniti eksport yang menjanjikan.

"Untuk menuju sentra holtikultura, petani X Koto harus memetakan produk unggulan lokal, tanpa ikut-ikutan tren petani dari daerah lain. Misalnya, pilih sayur unggulan dari Nagari Panyalaian. Tentunya hal akan meningkatkan nilai jual hasil produksi pertanian," kata Syaiful.

Untuk menuju sentra hortikultura, Syaiful mengtakan petani harus didukung 3 indikator. Yakni sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), dan sumber daya finansial (SDF). Menurutnya, sumber daya alam adalah sesuatu yang ada di alam yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia dan memberikan keuntungan bagi manusia, seperti iklim, tanah dan air

"Berdasarkan penelitian sumber daya alam, Nagari Panyalaian sangat bagus untuk ditanami holtikultura. Ini merupakan modal utama yang sangat berharga," ungkapnya.

Sementara, sumber daya manusia adalah potensi anggota yang dimiliki kelompok tani dan penyuluh yang dikembangkan menjadi suatu kekuatan. Sedangkan sumber daya finansial, merupakan pendorong dalam pendanaan dan pemodalan. Termasuk dalam bantuan olah tanah, bantuan bibit, bantuan pupuk dan peralatan pertanian.

"Seperti kita ketahui Kecamatan X Koto penghasil holtikultura sayur-sayuran. Seperti tomat, cabe besar, cabe kecil, kacang buncis, kubis, sawi, dan terung. Jenis sayur-sayuran itu merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat dan jumlah permintaannya cenderung terus meningkat di pasaran. Karena itu, kita sangat bersyukur, di sela-sela TMMD oleh Kodim 0307 Tanah Datar ini, ada penyuluhan yang dilakukan. Sehingga, niat TNI mewujudkan ketahanan pangan secara nasional, regional dan lokal bisa berjalan dengan maksimal," tegasnya. (PN-019)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment